Sponsors Link

4 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Garam Dapur

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu luka pada wajah, atau bisa dianggap sebagai penyakit di wajah yang kerap kali muncul pada saat-saat tertentu seperti saat wajah kotor, berminyak, maupun karena pengaruh hormon tubuh. Segala sesuatu tentang jerawat membuat kita gemas karena seringkali jerawat muncul di saat yang tidak tepat. Penyebab jerawat ada bermacam-macam, seperti misalnya debu menyebabkan jerawatjenis hormon penyebab jerawat, maupun makanan penyebab jerawat.

Sponsors Link

Berbagai cara telah ditempuh untuk mengatasi permasalahan tentang jerawat, dimulai dari bahan kimia yang ada di apotik, maupun dengan bahan-bahan herbal. Saat ini, ternyata terdapat cara yang cukup sederhana dan mudah diperoleh untuk menghilangkan jerawat, yakni dengan menggunakan garam.

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan sehari-hari untuk menambah cita rasa makanan supaya lebih sedap. Nah, ternyata bumbu masakan dapur yang terbuat dari senyawa NaCl ini memiliki manfaat untuk kesehatan kulit wajah, terutama sebagai cara menghilangkan jerawat.

Apa saja manfaat garam untuk kulit berjerawat dan bagaimana garam dapat menghilangkan jerawat? Simaklah artikel berikut ini!

Garam merupakan senyawa natrium klorida atau sodium klorida. Air garam merupakan garam yang dilarutkan di dalam air, dimana bersifat sebagai larutan fisiologis atau ionik yang mengandung belerang dan kalium untuk menjaga keseimbangan air pada kulit. Air garam ternyata juga memiliki khasiat untuk menghilangkan kotoran dan menyingkirkan jerawat. Berikut ini ialah Selain itu air garam juga baik sekali untuk menghilangkan kotoran serta menyingkarkan jerawat. Nah berikut ialah beberapa cara yang dapat anda lakukan beserta manfaatnya.

1. Cara Uap Air Garam

Garam dapat mengatasi jerawat yang sudah muncul di wajah, baik jerawat batu, jerawat bernanah, jerawat bengkak, hingga jenis jerawat lainnya. Penyembuhan jerawat dengan cara menghilangkan jerawat dengan garam akan membantu sehingga jumlahnya akan berkurang. Kemampuan garam ini didukung oleh adanya kandungan kalium dan belerang yang dapat menyeimbangkan konsentrasi air di kulit wajah. Selain itu, kedua kandungan ini mampu menghilangkan kotoran yang dapat menghambat proses penyembuhan jerawat.

Cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi jerawat dengan garam tidak sulit. Berikut ini ialah langkah-langkahnya:

Sponsors Link

  • Sebanyak dua hingga tiga sendok makan garam dapur disiapkan terlebih dahulu.
  • Sebanyak 150 mililiter air ditambahkan ke dalam garam, kemudian diaduk dan dipanaskan (bisa di atas kompor dengan panci).
  • Selanjutnya, bersihkan terlebih dahulu muka anda, kemudian jepitlah rambut anda agar tidak menghalangi wajah. Anda dapat menggunakan sehelai handuk untuk diikat di kepala pada bagian kening agar poni tidak jatuh.
  • Setelah itu, dekatkan muka anda ke atas panci yang berisi air garam panas tersebut. Dekatkan hingga uap air garam mengenai kulit wajah seluruhnya dan menempel di wajah. Lakukan selama 15 hingga 20 menit.
  • Untuk pengguna lensa kontak atau softlens, ada baiknya agar dilepas terlebih dahulu karena panas dapat melelehkan lensa kontak.
  • Perlu diingat bahwa pengguna lensa kontak sebaiknya  dilepas terlebih dahulu sebelum mengikuti perawatan ini.

2. Air Garam dan Minyak Zaitun

Bekas bopeng akibat jerawat memang sangat mengganggu penampilan sehari-hari, sehingga seringkali menjadi dampak psikologis akibat jerawat. Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami ternyata mudah dan sederhana, yakni dapat menggunakan garam sehingga anda tidak perlu repot-repot menggunakan laser ataupun operasi yang harganya sangat mahal.

Bagaimana garam dapat menghilangkan jerawat di kulit? Garam memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga mampu memperbaiki kerusakan jaringan kulit yang akan membuat bekas bopeng di wajah menghilang. Air garam juga mampu mempertahankan elastisitas kulit wajah. Berikut ini ialah langkah-langkah menggunakan air garam untuk menghilangkan bekas bopeng di wajah:

  • Sebanyak dua hingga tiga sendok makan garam dapur disiapkan terlebih dahulu.
  • Sebanyak 150 mililiter air ditambahkan ke dalam garam, kemudian diaduk dan dipanaskan beberapa saat, jangan sampai mendidih (bisa di atas kompor dengan panci).
  • Bersihkan kulit wajah anda hingga bersih.
  • Siapkan handuk bersih seukuran wajah, kemudian celupkan ke dalam air garam panas tersebut.
  • Tutupi kulit wajah dengan menggunakan handuk yang telah dicelupkan air garam tersebut, lakukan selama 10 hingga 15 menit.
  • Jika sudah selesai, bilas wajah dengan menggunakan air dingin.
  • Selanjutnya, pijat-pijat wajah anda dengan menggunakan air garam dengan beberapa tetes minyak zaitun. Lakukan secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat melakukan perawatan ini sebanyak dua kali seminggu sehingga bekas bopeng di wajah akan berkurang dan menghilang.

Selain garam, anda juga dapat menggunakan cara lainnya yaitu :

Sponsors Link

3. Mencuci dengan Air Garam untuk Mengontrol Wajah Berminyak

Garam juga memiliki manfaat untuk mengontrol minyak di wajah. Minyak di wajah dapat menjadi sumber penyebab jerawat. Kandungan kalium dan belerang yang ada pada gatam dapat membantu manfaat ini. Cara mengontrol minyak dengan menggunakan air garam sangatlah mudah untuk anda lakukan.

Pertama, anda dapat melakukan dengan cara uap air garam seperti yang telah disebutkan diatas. Dengan cara ini, anda dapat melakukannya setiap hari pada waktu malam sebelum tidur.

Kedua, anda dapat melakukan cara mencuci wajah dengan menggunakan air garam, setiap hari saat waktu anda mandi atau saat anda merasa kulit wajah berminyak.

Hasil yang didapatkan ialah kulit wajah yang tidak berminyak sehingga anda akan lebih percaya diri. Untuk hasil maksimal, anda juga dapat menggunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak.

4. Membasuh Muka Dengan Air Garam untuk Menghilangkan Noda Hitam

Garam ternyata juga mampu bekerja sebagai detoks di wajah, yaitu salah satunya sebagai  cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat. Cara yang perlu dilakukan sederhana, berikut ini ialah langkah-langkahnya:

  • Siapkan dua hingga tiga sendok makan garam dapur, selain itu juga siapkan air sebanyak 150 mililiter.
  • Campurkan garam tersebut ke air sambil dipanaskan hingga hangat dan larut.
  • Basuhlah kulit wajah dengan menggunakan air garam tersebut selama kurang lebih 10 menit.
  • Hasilnya, wajah akan terasa lebih bersih karena kotoran dan noda hitam menghilang dan zat-zat racun yang mengkontaminasi wajah juga menghilang. Perawatan ini dapat dilakukan setiap dua hari sekali untuk mendapatkan wajah yang lebih kencang, bersih, halus, dan bersinar. Melalui cara ini, wajah akan terhindar dari jerawat karena dilakukan pembersihan secara mendalam.

Nah, cara-cara di atas ini dapat anda lakukan dengan mudah sehari-hari. Garam merupakan bahan yang sangat mudah untuk anda dapatkan dan murah, sehingga tidak sulit bagi anda untuk memperolehnya.

Nah, setelah anda membaca artikel ini, semoga menambah pengetahuan anda bahwa ternyata garam tidak hanya bermanfaat untuk bumbu penyedap, tetapi juga untuk kesehatan dan kecantikan kulit, terutama untuk menghilangkan jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 09th, July 2016 / 14:52 Oleh :
Kategori : Pengobatan