Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis dan Garam Paling Ampuh

Sponsors Link

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit paling klasik, baik bagi pria maupun wanita. Jerawat bisa disebut sebagai luka atau infeksi yang ada di wajah, disebabkan oleh berbagai faktor. Di antara penyebab jerawat adalah kotoran dan debu yang menumpuk di wajah, produksi minyak berlebih, pengaruh hormon, serta komedo yang menumpuk di kulit. Jerawat harus segera dihilangkan karena jika tidak akan meninggalkan bekas yang sulit hilang.

Sponsors Link

Berbagai cara alami dan medis biasanya dilakukan wanita untuk bisa menghilangkan jerawat dengan cepat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan garam. Jeruk nipis yang mengandung banyak vitamin C berperan sebagai antioksidan yang membunuh bakteri pada jerawat sehingga dapat menghilangkannya dengan cepat.

Baca juga:

Sementara itu, garam adalah senyawa sodium klorida. Jika dilarutkan ke dalam air, garam akan menjadi larutan ionik yang mengandung belerang dan kalium. Kedua zat ini akan menjaga keseimbangan kadar air pada kulit. Garam sangat baik untuk menghilangkan kotoran dan jerawat pada kulit. Jika kedua bahan itu dicampur, tentu akan menjadi senjata ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda dengan sangat cepat.

Berikut cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan garam paling mudah :

1. Mengoleskan jeruk nipis dan garam secara langsung

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan garam yang paling sederhana untuk adalah menggunakannya secara langsung. Bahan yang harus disiapkan juga sangat mudah. Cukup sediakan satu buah jeruk nipis yang segar, kemudian belah menjadi dua bagian. Siapkan 1 sendok makan garam dalam mangkuk kecil. Celupkan irisan jeruk nipis ke dalam garam hingga daging jeruk nipis dipenuhi dengan garam. Oleskan langsung ke bagian yang berjerawat. Agar kulit tidak terluka, pilih garam yang lembut dan halus. Putar-putarkan di area yang berjerawat selama kurang lebih 3 menit, lalu segera bilas dengan air dingin hingga bersih.

Baca juga:

2. Membuat es batu dari jeruk nipis, garam, dan air

Es batu sangat membantu untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Rasa dingin dari es batu dapat menyegarkan dan menenangkan bekas jerawat. Es batu dapat membersihkan pori-pori kulit secara menyeluruh sehingga jerawat akan segera hilang dan kulit yang berjerawat akan memiliki tekstur yang halus, lembut, tidak kasar. Suhu dingin pada es batu akan menghambat pertumbuhan bakteri pada jerawat dengan sangat efektif dan mencegah jerawat untuk kembali lagi.

Agar khasiat es batu dapat berlipat ganda, tambahkan larutan garam dan jus jeruk nipis ke dalam air yang akan dibekukan menjadi es batu. Begini cara membuatnya:

  • Siapkan air putih dalam gelas ukuran 200 ml.
  • Ambil 1 buah jeruk nipis, peras sarinya hingga habis.
  • Larutkan 1 sdt garam ke dalam 1 sdm air.
  • Masukkan jus jeruk nipis dan larutan garam ke dalam air, lalu tuangkan ke dalam cetakan es batu hingga membeku.
Sponsors Link

Anda bisa menggunakan es batu di wajah Anda 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari. Oleskan di bagian yang berjerawat saja, atau merata ke seluruh wajah. Lapisi es batu dengan kapas atau kain yang tipis, jangan langsung dioleskan ke wajah. Suhu dingin es batu akan merusak jaringan kapiler yang ada di kulit wajah.

Baca juga:

3. Uap air garam dan masker jeruk nipis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, larutan air garam mengandung kalium dan belerang yang akan menyeimbangkan kadar air pada wajah Anda. Kedua senyawa tersebut akan menghilangkan kotoran secara menyeluruh hingga ke dalam pori-pori kulit. Jerawat pun akan lebih cepat sembuh dan hilang. Garam dapat menyembuhkan berbagai jenis jerawat yang muncul di wajah, mulai dari jerawat batu, jerawat meradang, jerawat merah, dan jerawat lainnya.

ads

Panaskan air garam, lalu gunakan uapnya untuk membuka pori-pori Anda dan membersihkannya. Caranya, siapkan 200 ml air dan 3 sendok makan garam, campur kedua bahan tersebut. Nyalakan kompor dan masak air tersebut hingga suhunya meninggi. Angkat dari kompor dan posisikan wajah Anda 30 cm dari bibir panci. Biarkan uap air garam mengenai seluruh permukaan kulit wajah, termasuk bagian yang tidak berjerawat. Lakukan selama 3 menit.

Perawatan bagian kedua yang harus Anda lakukan adalah menggunakan masker jeruk nipis. Siapkan 1/2 bagian buah jeruk nipis, lalu oleskan sari jeruk nipis ke wajah Anda segera setelah diuap. Jika penguapan mampu membuka pori-pori kulit dan membersihkannya, maka jeruk nipis berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat secara aktif dan mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Diamkan jeruk nipis selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Baca juga:

4. Menggunakan jeruk nipis, garam, dan lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang tidak hanya bermanfaat jika digunakan untuk rambut saja. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit juga. Menggunakan lidah buaya secara teratur akan menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit wajah. Lidah buaya dapat berperan sebagai zat anti inflamasi yang dapat mengurangi iritasi, mengurangi kemerahan, dan mencegah terjadinya iritasi pada jerawat Anda. Bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat masker ini adalah jus dari 1/2 buah jeruk nipis, 1/2 sdt garam, dan gel lidah buaya secukupnya. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Campur ketiga bahan yang telah disiapkan ke dalam sebuah wadah, aduk hingga merata.
  • Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah Anda. Agar air dari masker tidak menetes, lapisi dengan tisu atau kapas.
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan perawatan ini selama 3 kali dalam seminggu.

Baca juga:

5. Toner jeruk nipis, garam, dan air mawar

Selain dapat digunakan sebagai masker, Anda juga bisa memanfaatkan jeruk nipis dan garam. Bahan yang perlu disiapkan juga sederhana, jus dari 1 buah jeruk nipis segar, 1 sdm garam yang dilarutkan ke dalam 50 ml air, dan 100 ml air mawar. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Campur ketiga bahan secara merata, lalu tuangkan ke dalam sebuah botol.
  • Gunakan toner ini 2 kali sehari setiap setelah mandi. Toner ini akan menyeimbangkan pH dalam kulit Anda dan mengeringkan jerawat dengan cepat.

Baca juga:

Jika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda alergi, kemerahan, atau iritasi, maka segera hentikan pemakaian jeruk nipis. Tingginya kadar asam dalam jeruk nipis biasanya tidak bersahabat dengan kulit sensitif.

Baca juga:

Share jika bermanfaat ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 20th, August 2017 / 05:31 Oleh :
Kategori : Pengobatan