Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis dan Putih Telur Super Ampuh

Sponsors Link

Berasal dari jenis jeruk, jeruk nipis mengandung vitamin C yang sama tingginya dengan jeruk lemon. Jeruk nipis sendiri sangat baik untuk menguatkan daya tahan tubuh. Selain baik buat tubuh Anda, jeruk nipis juga sangat ampuh untuk membasmi jerawat. Berbagai macam produk kecantikan kulit khususnya bagi kulit berjerawat, menggunakan ekstrak jeruk nipis sebagai kandungannya. Namun produk kecantikan yang dijual di pasaran tentu sudah mengandung banyak campuran bahan kimia. Jika Anda menginginkan perawatan alami, gunakan saja buah jeruk nipis yang segar.

Sponsors Link

Baca juga:

Selain jeruk nipis, satu lagi bahan alami yang baik untuk menghilangkan jerawat, yaitu putih telur. Kandungan di dalam putih telur sangat baik untuk merawat kulit berjerawat Anda. Asam amino dan protein yang ada dalam putih telur sangat baik untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Putih telur juga kaya akan vitamin E yang akan mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Mencampurkan kedua bahan ini sebagai perawatan untuk jerawat Anda tentu akan memberikan hasil yang maksimal. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut!

1. Mencampur jus jeruk nipis dengan putih telur

Cara yang paling sederhana tentu adalah mencampur ke dua bahan ini menjadi masker untuk jerawat Anda. Yang perlu Anda siapkan adalah satu buah jeruk nipis segar dan satu butir putih telur. Dalam memilih jeruk nipis, perhatikan juga tingkat kematangannya. Pilihlah yang tingkat kematangannya sedang, karena kandungan vitamin C yang dimiliki lebih banyak sehingga lebih ampuh menghilangkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan putih telur:

  • Ambil satu buah jeruk nipis, belah menjadi 2 bagian. Gunakan setengahnya saja.
  • Peras jeruk nipis hingga habis jusnya, sisihkan.
  • Ambil 1 buah telur ayam yang sudah Anda siapkan, pisahkan putih telur dari kuningnya.
  • Taruh putih telur ke dalam mangkuk, lalu campurkan dengan jus jeruk nipis.
  • Kocok terus hingga mengembang.
  • Oleskan ke wajah Anda secara merata, diamkan hingga 20 menit.
  • Bilas wajah Anda dengan air hingga bersih.

Untuk wajah yang berjerawat, menggunakan masker ini akan terasa perih terlebih jika jerawat sedang meradang. Jangan khawatir karena rasa perih ini berasal dari vitamin C jeruk nipis yang sedang bekerja untuk menyembuhkan jerawat Anda.

Baca juga:

Sponsors Link

2. Menggunakan jeruk nipis, putih telur dan madu

Jeruk nipis yang dicampur dengan jeruk nipis memang menjadi senjata yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Tingkatkan khasiat dari jeruk nipis dan putih telur dengan mencampur kedua bahan aktif ini dengan madu. Madu dikenal sebagai obat untuk berbagai penyakit. Kandungan antioksidan dalam madu memang sangat tinggi. Bersama dengan jeruk nipis, madu dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Madu memiliki fungsi menyembuhkan peradangan pada jerawat dengan cepat. Madu juga bisa menghaluskan kulit yang kasar akibat jerawat. Caranya sangat mudah. Tinggal tambahkan saja madu sebanyak 1 sendok teh ke dalam campuran masker jeruk nipis dan putih telur Anda. Lakukan perawatan ini secara rutin agar jerawat menjauh dari kulit Anda.

Baca juga:

3. Mencampur jeruk nipis dan putih telur dengan mentimun

Mentimun adalah salah satu bahan alami yang sangat berkhasiat untuk jerawat. Mentimun telah banyak digunakan sebagai bahan aktif untuk produk perawatan kulit, terutama untuk kulit berjerawat. Wajah yang berjerawat sangat baik diberi mentimun karena khasiatnya sebagai astringent alami yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Mentimun juga mampu menenangkan kulit berjerawat serta menyegarkannya agar tidak terlihat kusam.

ads

Baca juga:

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker ini juga sangat mudah ditemukan di dapur Anda. Siapkan 1 buah mentimun segar, 1/2 buah jeruk nipis, dan putih telur dari 1 butir telur. Begini cara membuatnya:

  • Potong mentimun menjadi 3 bagian, gunakan 1/3 nya saja. Lalu blender hingga halus.
  • Tuangkan mentimun ke dalam mangkuk, lalu tambahkan perasan jeruk nipis.
  • Kocok putih telur hingga mengembang.
  • Kemudian campurkan putih telur ke dalam adonan jeruk nipis dan mentimun.
  • Aplikasikan masker ke wajah Anda secara merata.
  • Diamkan dalam waktu sedikit lama, yakni 30 hingga 45 menit agar masker benar-benar bekerja melawan jerawat.
  • Bilas masker dengan air dingin hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin hingga jerawat sembuh.

4. Mencampur jeruk nipis dan putih telur dengan garam

Bumbu dapur yang satu ini memiliki khasiat yang sangat tinggi untuk menyembuhkan jerawat. Garam adalah senyawa sodium klorida yang jika dilarutkan ke dalam air mampu bersifat sebagai larutan ionik dengan kandungan belerang dan kalium untuk menjaga keseimbangan kadar air pada kulit. Air garam juga sangat baik untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori terdalam dan dapat menghilangkan jerawat dengan cepat.

Caranya pun sangat mudah, larutkan sejumput garam dalam dua sendok makan. Campuran ke dalam masker jeruk nipis dan putih telur seperti di atas. Aduk hingga tercampur rata. Oleskan masker ke seluruh permukaan wajah Anda. Diamkan hingga 15 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil terbaik.

Baca juga:

5. Menambahkan baking soda dengan jeruk nipis dan putih telur

Baking soda bukan sekedar bahan pembuat kue saja. Bahan ini sudah terkenal di bidang kosmetika dan kecantikan sebagai salah satu agen untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk jerawat. Baking soda akan mendukung fungsi dari putih telur sebagai eksfolian alami kulit yang dapat membersihkan sisa minyak di wajah, debu, kotoran, dan sel kulit mati. Proses penyembuhan jerawat Anda akan berlangsung lebih cepat. Fungsi lain dari baking soda adalah meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen dapat menghaluskan kulit dan menumbuhkan sel kulit yang baru sehingga bekas jerawat di wajah dapat segera menghilang.

Baca juga:

Sponsors Link

Tips dalam Menggunakan Jeruk Nipis untuk Jerawat

  • Menggunakan jeruk nipis sebagai masker akan membuat kulit Anda sangat sensitif dengan sinar matahari. Oleh karena itu jangan gunakan masker jeruk nipis di pagi atau siang hari ketika aktivitas sedang padat. Gunakan masker jeruk nipis di malam hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.
  • Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang tinggi dari vitamin C. Anda yang mempunyai kulit sensitif sebaiknya meminimalisir jumlah jeruk nipis agar tidak muncul iritasi pada kulit Anda. Jika kulit terasa perih dan merah setelah menggunakan jeruk nipis, maka segera hentikan penggunaan jeruk nipis.
  • Jangan menggunakan jeruk nipis jika Anda mempunyai luka terbuka pada wajah. Luka ini biasanya disebabkan jerawat yang sudah sembuh dan pecah. Jeruk nipis akan membuat luka Anda menjadi sangat perih dan sakit.
  • Segera hentikan pemakaian jeruk nipis jika muncul tanda-tanda iritasi seperti perih, muka memerah, kulit terasa panas dan gatal. Tenangkan kulit Anda dengan menggunakan lidah buaya alami.

Itulah cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan putih telur yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk meminum banyak air putih dan perbanyak konsumsi buah dan sayur agar kulit tetap sehat dan jauh dari jerawat. Selamat mencoba!

Baca juga:

Share jika bermanfaat ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 19th, August 2017 / 16:11 Oleh :
Kategori : Pengobatan