Sponsors Link

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Lemon dan Madu

Sponsors Link

Jerawat memang suka muncul sesuka hati yang kadang bisa muncul di wajah hanya satu atau dua tapi juga kadang bisa banyak. Namun tidak usah khawatir dan bingung mencari krim jerawat apa yang perlu dibeli atau klinik perawatan kulit wajah mana yang perlu didatangi. Cara menghilangkan jerawat dengan lemon dan madu bisa dicoba di rumah sebab ini lebih sederhana dan aman tanpa efek samping. Bagaimana cara menggunakannya dan seberapa efektif campuran dari kedua bahan ini bakal dibahas kali ini.

Sponsors Link

Lemon dan Madu untuk Pengobatan Jerawat dari Luar dan Dalam

Asalkan sudah siap dengan kedua bahan alami tersebut, yaitu lemon dan madu, Anda bisa memilih untuk mengobati jerawat yang timbul di kulit wajah dari luar atau dari dalam. Dengan khasiat luar biasa yang terkandung di dalam kedua bahan, maka Anda akan mendapatkan hasil yang terbaik.

1. Penggunaan dari Luar

Jika memilih pengobatan jerawat dari luar tentu yang paling afdol adalah dengan membuat masker wajah dari kedua bahan yang direkomendasikan di atas.

  • Cara 1

Hal pertama yang perlu dilakukan tentu adalah menyiapkan bahannya, air perasan lemon 1 sendok makan saja serta madu 2 sendok makan. Kedua bahan lalu dapat dicapur di sebuah wadah sampai ramuan benar-benar rata. Setelah selesai mencampurnya, racikan lemon dan madu bisa langsung diaplikasikan ke wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan, tapi dalam pengolesannya jangan sampai kena mata dan mulut sebab area kedua indera tersebut sangat sensitif.

Selanjutnya tunggu kurang lebih 20 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air suam-suam kuku dan diakhiri dengan menggunakan air dingin untuk membilas. Langkah terakhir, wajah bisa dikeringkan memakai handuk yang bersih dan lembut.

  • Cara 2

Siapkan madu 1 sendok makan beserta jeruk lemon 1 buah. Sesudah itu, sari jeruk lemon tadi bisa dicampurkan dengan madu. Oleskan campurkan tersebut ke kulit wajah secara merata dengan menghindari area mulut dan mata sambil memijat-mijatnya. Tunggulah hingga 15 menit dan biarkan segala nutrisi dari kedua bahan bisa meresap ke dalam kulit. Terakhir, gunakan air hangat lalu air dingin untuk membilas sampai bersih. Pastikan sebelum memakai ramuannya di wajah, Anda sudah mencuci wajah.

Kedua tips perawatan kulit wajah dari luar tersebut bisa dilakukan secara rutin paling tidak seminggu dua kali karena terlalu sering pun tidak akan baik bagi kulit.

Sponsors Link

Catatan penting !

Hal yang perlu diingat dan diperhatikan adalah bahwa buah lemon tidak selalu cocok dengan segala tipe kulit, maka apabila terjadi reaksi alergi pada kulit, jangan ragu untuk menghentikan penggunaan.

2. Penggunaan dari Dalam

Bahkan untuk mencerahkan wajah dan membebaskannya dari jerawat, Anda pun bisa menggunakan lemon dan madu dari dalam. Caranya sangat sederhana karena hanya tinggal menyiapkan sari lemon yang dipotong dan diperas ke dalam sebuah gelas. Tambahkan madu secukupnya atau sedikit saja sebelum diseduh menggunakan air hangat. Minuman sudah jadi dan bisa langsung diminum.

Paling tidak, konsumsilah minuman ini dua atau tiga kali dalam seminggu dan jangan terlalu sering sebab ada sifat asam di dalam lemon yang mampu membuat enamel gigi rusak. Dengan penggunaan yang tidak terlalu sering tapi cukup rutin, kulit akan lebih tercerahkan dan tentu jerawat pun sedikit-sedikit akan memudar.

Kandungan dan Manfaat Lemon dan Madu

Mungkin beberapa dari anda mempertanyakan akan efektifitas dari kedua bahan alami yang disarankan di sini untuk menghilangkan jerawat. Lemon maupun madu sangat efektif, apalagi kalau dua-duanya dicampur, ini dikarenakan masing-masing bahan mengandung zat-zat yang baik bagi kulit.

Sponsors Link

  • Lemon

Buah satu ini mengandung vitamin C yang kadarnya tinggi, masih ada juga kalsium dan asam sitrat. Untuk keperluan pengobatan, lemon diketahui sangat menguntungkan karena adanya antioksidan dan vitamin C sehingga sangat baik digunakan untuk merawat kulit sebab proses penuaan dapat diperlambat oleh kedua kandungan itu. Sedangkan manfaat untuk menghilangkan jerawat bisa didapat dari asam sitrat.

Tidak hanya masalah kulit seperti jerawat yang dapat dipudarkan dengan zat asam sitrat tersebut, tapi juga noda atau flek-flek hitam pun akan tersamarkan seiring dengan pemakaian atau konsumsi yang tepat. Hanya memang buah lemon tidak selalu cocok dengan semua jenis kulit sehingga pemakaian harus cepat dihentikan bila ada reaksi alergi pada kulit.

  • Madu

Untuk hasil yang maksimal, madu yang digunakan bukan madu olahan melainkan madu asli. Bila kita hendak membeli madu di supermarket, kebanyakan produk adalah sudah melalui proses pengolahan, jadi tidak heran kalau kualitas antimikrobanya telah hilang. Madu Manuka adalah madu yang disebut-sebut sangat baik dalam membuat sel-sel kulit teremajakan dengan baik serta membunuh bakteri-bakteri jahat.

Ingat bahwa tidak semua madu akan mampu dimanfaatkan sebagai obat. Sebaiknya tidak memilih madu yang sudah jelas diolah dan dicampur bahan lainnya. Dengan madu asli, bahan ini menjadi bahan yang sangat tepat untuk mengobati serta menghilangkan jerawat serta bekas-bekas yang ditimbulkannya. Kulit bebas jerawat dan jauh dari kusam bisa didapat secara alami dengan pemanfaatan lemon dan madu.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal