Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu dan Garam Paling Ampuh

Sponsors Link

Menghilangkan jerawat dengan bahan kimia memang bisa mendatangkan hasil yang cepat. Namun tidak jarang dampaknya sangat buruk bagi kulit Anda. Saat Anda menghentikan perawatan, jerawat akan muncul dengan lebih parah. Perawatan yang alami kini menjadi pilihan bagi sebagian besar wanita karena tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Perpaduan madu dengan garam akan menjadi senjata yang sangat ampuh untuk melawan jerawat.

Sponsors Link

Berikut manfaat madu dan garam untuk menghilangkan jerawat:

  • Madu dipercaya mampu menjadi anti bakteri yang ampuh bagi jerawat. Madu akan membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat. Nutrisi yang terkandung di dalam madu akan menghaluskan kulit dan memudarkan bekas jerawat.
  • Garam bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat sembuhnya jerawat. Garam juga dapat memerangi tanda penuaan dini seperti menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan madu dan garam dapat dilakukan dengan mudah dan bahan yang diperlukan cukup sederhana. Untuk melipat gandakan khasiatnya, Anda bisa mencampur kedua bahan ini dengan bahan alami lainnya. Ini dia cara menghilangkan jerawat dengan madu dan garam yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Scrub madu dan garam

Membuat scrub madu dan garam cukup mudah. Siapkan 1 sdt garam dan 1 sdm madu. Campur kedua bahan ini hingga membentuk pasta yang kasar. Cuci dulu wajah Anda hingga bersih, jangan dikeringkan airnya. Oleskan scrub secara merata ke seluruh wajah, pijat dengan gerakan memutar yang halus. Pastikan scrub tidak melukai jerawat Anda. Lakukan perawatan ini maksimal sekali dalam seminggu.

Baca juga:

2. Masker madu dan garam

Masker madu dan garam sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Begini cara mudah membuat masker dari madu dan garam:

  • Ambil 1 sdt garam, larutkan dengan 1 sdm air hangat.
  • Tambahkan 2 sdm madu lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan secara merata ke seluruh wajah, tambahkan ketebalannya di area jerawat.
  • Diamkan hingga 15 menit, lalu bersihkan dengan handuk bersih yang dicelup air hangat.
  • Setelah itu bilas dengan air dingin hingga sisa masker menghilang dari wajah.

Baca juga:

3. Madu, garam, dan jus lemon

Lemon adalah bahan utama yang telah terbukti mampu memerangi jerawat. Lemon akan dengan mudah memudarkan bekas jerawat dan mengembalikan cerah alami wajah. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Siapkan 1/4 buah lemon, peras jusnya.
  • Larutkan 1 sdt garam dalam air secukupnya hingga membentuk pasta dan tekstur garam menjadi halus.
  • Ambil 1 sdm madu, lalu campurkan dengan kedua bahan di atas.
  • Oleskan masker ke area yang berjerawat. Lemon mungkin akan membuat jerawat terasa sedikit perih.
  • Tunggu hingga 15 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.
Sponsors Link

Baca juga:

4. Es batu dari madu dan garam

Es batu telah terkenal khasiatnya mampu menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Suhu yang dingin dari es batu dapat menenangkan jerawat Anda dan mengembalikan kesegaran wajah yang terlihat kusam. Menggunakan es batu akan membersihkan kulit hingga ke pori-pori yang terdalam sehingga jerawat akan sembuh dengan cepat. Kulit Anda juga akan memiliki tekstur yang halus, lembut, serta tidak berparut. Pertumbuhan bakteri penyebab jerawat juga dapat dihentikan oleh es batu. Cara ini sangat efektif untuk mencegah jerawat muncul kembali.

Baca juga:

ads

Bagaimana cara membuat es batu dari madu dan garam? Berikut langkah mudah yang bisa Anda lakukan:

  • Siapkan 100 ml air putih di dalam gelas.
  • Larutkan 1 sdm garam di dalamnya.
  • Aduk-aduk terus hingga garam telah benar-benar tercampur dengan air.
  • Tambahkan 3 sdm madu alami ke dalam air.
  • Aduk hingga madu tercampur sempurna ke dalam air.
  • Tuangkan cairan madu dan garam ke dalam cetakan es batu.

Oleskan es batu ini ke area wajah yang berjerawat 2 kali sehari di pagi dan malam menjelang tidur. Bungkus es batu dengan kain tipis bersih atau kapas. Mengoleskan es batu secara langsung pada wajah akan dapat merusak jaringan kapiler alaminya.

4. Uap madu dan garam

Garam yang dilarutkan ke dalam air akan memiliki kandungan kalium dan belerang. Kedua senyawa ini akan menyeimbangkan dan mencukupi kadar air pada wajah. Kalium dan belerang dapat membersihkan kotoran hingga ke dalam pori-pori kulit secara menyeluruh. Kulit Anda yang berjerawat akan segera sembuh dan wajah akan bersih kembali. Berbagai jenis jerawat dapat disembuhkan oleh air garam, termasuk jerawat batu sekalipun.

Cara yang perlu dilakukan sangat mudah. Panaskan 500 ml air dan biarkan mendidih. Angkat air setelah mendidih, lalu larutkan 3 sdm garam ke dalamnya. Aduk hingga garam benar-benar larut. Kemudian tuangkan 5 sdm madu murni ke dalam air panas lalu aduk lagi hingga merata. Posisikan wajah Anda 30 cm dari air panas. Biarkan uap mengenai wajah Anda, utamakan pada bagian yang berjerawat. Lakukan penguapan ini selama 3 menit.

Baca juga:

Setelah penguapan, biarkan suhu wajah Anda kembali ke normal, baru bilas dengan air dingin hingga bersih. Jangan terburu-buru mencuci muka setelah penguapan karena akan membuat kulit Anda memerah.

Lakukan penguapan ini maksimal sekali dalam seminggu. Terlalu sering menguap wajah Anda akan menimbulkan efek yang tidak baik karena pori-pori akan menjadi lebar dan besar. Pastikan Anda membilas wajah dengan air dingin hingga bersih untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.

5. Madu, garam, dan lidah buaya

Dalam dunia kecantikan, khasiat lidah buaya sudah sangat terkenal. Lidah buaya mampu mengatasi berbagai permasalahan wanita mulai dari rambut yang rontok hingga jerawat di wajah. Meski Anda sedang tidak berjerawat, gunakan perawatan dengan lidah buaya secara teratur untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut.

Baca juga:

Bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat masker jerawat dari madu, garam dan lidah buaya sangat mudah. Siapkan 1 sdm air, 1 sdt garam halus, 1 1/2 sdm madu, dan gel lidah buaya secukupnya. Cara membuatnya pun sangat mudah, yakni sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Larutkan garam ke dalam air. Usahakan jangan terlalu cair, tapi cukup seperti pasta saja.
  • Campurkan semua bahan dan aduk hingga tercampur dengan rata.
  • Oleskan masker ke seluruh permukaan wajah untuk hasil terbaik.
  • Lapisi wajah dengan tisu agar masker tidak menetes ke leher dan tubuh Anda.
  • Diamkan masker selama 15 menit, dan Anda akan merasakan tisu mengering. Ini adalah pertanda bahwa masker telah meresap ke dalam kulit.
  • Bilas wajah dengan air dingin hingga benar-benar bersih dan tidak ada lagi sisa masker.

Itulah dia cara menghilangkan jerawat dengan madu dan garam yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Perawatan dengan menggunakan bahan yang alami adalah cara terbaik yang bisa Anda gunakan karena tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Selamat mencoba ladies!

Baca juga:

 

Share jika bermanfaat ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 27th, August 2017 / 04:57 Oleh :
Kategori : Pengobatan