Sponsors Link

7 Cara Paling Efektif Menghilangkan Jerawat di Bawah Bibir

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang sangat meresahkan, terlebih lagi mengenai jerawat yang dapat muncul dimana saja termasuk di bawah bibir yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Berbagai macam penyebab jerawat muncul di bawah bibir sama saja dengan penyebab jerawat terus bermunculan di wajah secara umum, seperti tidak stabil nya hormon, kebersihan yang tidak dijaga, pola makan yang salah, penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Walaupun penyebab munculnya jerawat sangat beragam, namun saat ini banyak pula cara-cara pengobatan jerawat yang terbukti ampuh dalam menghilangkan jerawat. Terlebih lagi banyak orang yang mulai bertanya mengenai jerawat di bibir pertanda apa, oleh sebab itu perlu diketahui cara-cara menghilangkan jerawat di bawah bibir yang paling efektif bagi kulit wajah berjerawat anda. Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat di bawah bibir yang dapat kalian praktek kan dirumah dengan mudah:

1. Benzoil Peroksida

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan benzoil peroksida yang dipercaya paling efektif untuk mengobati jerawat, termasuk jerawat di bawah bibir. Benzoil peroksida dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan jerawat dengan cepat. Untuk mendapatkan benzoil peroksida juga cukup mudah karena tidak diperlukan resep dokter dan banyak tersedia di apotek. Cara penggunaannya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskannya pada jerawat di bawah bibir secukupnya secara rutin. Namun perlu diperhatikan disini, bahwa penggunaan produk benzoil peroksida pada sekitar mulut termasuk bibir perlu kehati-hatian yang tinggi jangan sampai tertelan atau terasa lidah, karena produk ini mengandung bahan kimia yang bukan untuk dikonsumsi atau bukan termasuk obat kimia perawat jerawat dari dalam.

2. Hentikan Penggunaan Lip Balm atau Pengilap Bibir

Untuk mengatasi jerawat di bawah bibir juga dapat dilakukan dengan menghentikan penggunaan lip balm atau pengilap bibir untuk sementara waktu, karena biasanya lip balm mengandung kandungan seperti lilin dan lainnya yang dapat menyumbat pori-pori, meningkatkan produksi minyak, dan mempercepat penyebaran bakteri. Yang mana kondisi tersebut dapat memperparah jerawat di bawah bibir, oleh sebab itu lebih baik hindari dulu penggunaan lip balm atau pengilap bibir lainnya.

3. Gunakan Pasta Gigi Tanpa Rasa

Sama seperti pengilap bibir, usahakan untuk menggunakan pasta gigi tanpa rasa dan tanpa kandungan wewangian. Karena bahan kimia penambah rasa tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit, bahkan dapat meningkatkan produksi sebum atau minyak pada kulit. Oleh sebab itu untuk menghilangkan jerawat di bawah bibir dengan efektif, gunakanlah pasta gigi tanpa kandungan tambahan pewangi atau perasa. Karena bagaimanapun pasta gigi merupakan produk yang sering dan banyak digunakan setiap harinya.

4. Jaga Kebersihan Bibir dan Mulut

Cara utama dalam menghilangkan jerawat di bawah bibir adalah dengan menjaga kebersihan bibir dan mulut, sehingga dapat terhindar dari bakteri-bakteri penyebab jerawat. Cara yang paling mudah adalah dengan biasakan menyeka mulut setelah makan dan minum, atau mencuci dan mengelap bibir setelah makan dan minum, sehingga kebersihan bibir dan mulut akan tetap terjaga.

Selain beberapa cara diatas, anda juga dapat menghilangkan jerawat di bawah bibir dengan menggunakan beberapa macam bahan alami yang juga mudah didapatkan atau disiapkan sendiri, berikut beberapa cara diantaranya:

5. Jus Lemon

Lemon mengandung kandungan yang tidak jauh beda dengan jeruk nipis, jadi manfaat lemon juga sama dengan manfaat jeruk nipis untuk jerawat salah satunya adalah mampu membunuh bakteri serta mengeringkan jerawat dengan cepat. Berikut caranya:

  • Siapkan jus lemon yang benar-benar baru diperas, agar masih fresh dan kandungannya masih sempurna.
  • Celupkan kapas steril kedalam jus lemon secukupnya.
  • Oleskan kapas tersebut pada jerawat di bawah bibir secara merata sebelum tidur.
  • Anda dapat membiarkan nya semalaman, dan bilas pada keesok harinya dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini setiap malam agar jerawat di bawah bibir cepat mengering dan hilang.

6. Es Batu

Es batu juga dapat secara efektif menghilangkan jerawat di bawah bibir karena es batu mampu melawan peradangan pada jerawat. Selain itu, es batu juga dapat menyempitkan pembuluh darah yang bermanfaat dalam keluarnya minyak dan bakteri yang menyumbat pori-pori penyebab jerawat, serta dapat mempercepat pemulihan. Berikut caranya:

  • Bungkus es batu dengan handuk bersih atau kain tipis.
  • Tempelkan es batu yang dibungkus tersebut pada jerawat di bawah bibir dalam beberapa saat.
  • Lepaskan dan tunggu beberapa menit lalu tempelkan es batu kembali.
  • Lakukan cara tersebut selama 15 hingga 20 menit untuk hasil yang maksimal, dan lakukan secara rutin setiap harinya agar jerawat lebih cepat hilang.

7. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk jerawat juga sudah tidak diragukan lagi, berikut cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya di bawah bibir:

  • Siapkan lidah buaya, dan potong menjadi bagian secukupnya untuk diambil gel nya.
  • Oleskan gel lidah buaya pada jerawat di bawah bibir.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.
  • Selain itu anda juga dapat membiarkan olesan tersebut tanpa di bilas, karena olesan tersebut akan mengering sendiri dan tidak memberikan efek samping apapun.
  • Gunakan gel lidah buaya tersebut pada jerawat di bawah bibir secara rutin setiap harinya.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan jerawat di bawah bibir, semoga bermanfaat.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan