Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Jerawat di Bibir Secara Alami

Sponsors Link

Jika membahas tentang segala sesuatu tentang jerawat memang tidak ada habisnya. Permasalahan ini selalu menarik untuk dibahas, mengingat hampir semua orang pernah berurusan dengan jerawat. Belum lagi dengan dampak psikologis akibat jerawat yang mungkin muncul.

Sponsors Link

Jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah, tetapi juga bagian tubuh lain yang tidak terduga bahkan tersembunyi. Seperti punggung, pantat, leher, dan kepala. Jerawat bahkan bisa tumbuh di bibir. Kalau yang satu ini pasti meresahkan karena bisa mengganggu aktivitas lain seperti makan dan berbicara.

Munculnya jerawat di bibir harus segera diobati dan dihilangkan. Ada banyak cara menghilangkan jerawat di bibir yang bisa dilakukan seperti di bawah ini:

1. Scrub Gula

Tidak hanya kulit wajah saja, kulit bibir juga bisa berganti. Jika terjadi penumpukan sel kulit mati di bibir, maka dampak yang mungkin muncul adalah warna bibir menghitam atau muncul jerawat di bibir. Buatlah scrub alami dari gula pasir halus, lemon, dan madu untuk mengangkat sel kulit mati tersebut. Lakukan scrub ini sebanyak 2 kali seminggu, bahkan setelah bibir tidak berjerawat.

2. Teh Hijau

Teh adalah bahan alami yang kaya akan kandungan anti bakteri dan anti oksidan yang baik untuk jerawat. Tidak heran teh hijau menjadi cara menghilangkan jerawat kecil kecil menumpuk di bibir yang sangat mengganggu. Caranya mudah, gunakan kantong teh hijau bekas, lalu basahi sedikit dengan air. Tempelkan kantong teh hijau ke jerawat yang ada di bibir, biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.

3. Es Batu

Khasiat es batu untuk menghilangkan jerawat memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan es batu banyak dicampur dengan bahan lain seperti pada cara menghilangkan jerawat dengan es batu dan pasta gigi. Suhu beku es batu sangat efektif untuk membunuh bakteri yang ada pada jerawat. Ambil 1 cube es batu lalu bungkus dengan kain tipis yang bersih. Kompreskan ke area jerawat yang ada di bibir sampai es batu mencair. Ulangi proses ini hingga 2 kali sehari.

4. Air Lemon

Lemon juga menjadi salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Kandungan asam di dalam lemon yang sangat tinggi membuat buah yang satu ini efektif untuk membunuh bakteri pada jerawat. Cara memakai lemon untuk jerawat yang ada di bibir adalah dengan cara memeras air lemon, kemudian campurkan dengan sedikit air. Celupkan kapas bersih ke dalamnya, lalu tempelkan kapas tersebut ke jerawat yang ada di bibir.

5. Pasta Gigi

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi di bibir sedikit berbeda dengan cara menghilangkan jerawat biasa. Munculnya jerawat di bibir bisa jadi dipengaruhi oleh kandungan bahan kimia dalam pasta gigi yang digunakan. Ganti pasta gigi dengan kandungan yang netral, tanpa deterjen dan minim bahan kimia. Penggunaan pasta gigi dengan zat yang terlalu keras juga bisa berakibat lain seperti warna bibir menjadi lebih gelap.

6. Kentang

Manfaat kentang untuk jerawat pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Kentang memang mengandung bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Selain bisa membantu menghilangkan jerawat, kentang juga bisa mencerahkan wajah secara alami, menghilangkan komedo, serta mengecilkan pori pori kulit wajah. Siapkan kentang segar, lalu iris tipis. Tempelkan irisan kentang pada jerawat yang ada di bibir, kemudian diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.

Sponsors Link

Cara Menghilangkan Jerawat di Bibir dengan Bahan Alami Lainnya

  1. Menggunakan Mouthwash. Mouthwash dapat membantu membunuh bakteri yang ada di sekitar mulut penyebab jerawat. Gunakan mouthwash secara teratur setelah sikat gigi atau makan.
  2. Lidah Buaya. Gel lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat di bibir sekaligus mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat. Oleskan gel lidah buaya kemudian diamkan selama semalaman. Bilas dengan air hingga bersih keesokan harinya.
  3. Masker Tomat. Tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik untuk menghilangkan jerawat di bibir. Iris tomat segar lalu tempelkan ke bibir yang berjerawat. Lakukan cara ini setiap hari sampai jerawat di bibir hilang.
  4. Madu. Manfaat madu untuk jerawat tidak perlu diragukan lagi. Madu memiliki kandungan anti bakteri alami sehingga mampu melawan bakteri penyebab jerawat di bibir. Oleskan madu alami ke jerawat yang ada di bibir lalu diamkan selama semalaman sebelum dibilas keesokan harinya.
Sponsors Link

 

 

Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir

Munculnya jerawat di bibir tentu tidak terjadi begitu saja. Mengingat ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, jerawat di bibir bisa tumbuh karena beberapa hal, seperti yang berikut ini:

1. Stress

Kondisi psikologis bisa menjadi penyebab jerawat berlebihan hingga tumbuh di bibir. Stress bisa memunculkan hormon penyebab jerawat di dalam tubuh sehingga membuat kondisi kesehatan kulit memburuk. Hindari stress berlebihan agar jerawat tidak mudah muncul.

2. Hormon Tidak Seimbang

Ada banyak kondisi yang menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Selain stress, kebiasaan buruk seperti begadang juga bisa memicu munculnya jerawat. Saat seseorang sedang stress, tidur larut malam, menstruasi, atau mengonsumsi pil kb, berbagai jenis hormon penyebab jerawat yang sebelumnya tidak ada akan muncul.

3. Penggunaan Lipstik

Lipstik sudah menjadi kebutuhan sehari hari kaum wanita karena bisa meningkatkan penampilan mereka. Penggunaan lipstik yang berlebihan bisa memicu jerawat di bibir. Perlu diingat bahwa lipstik mengandung banyak bahan kimia yang bisa menimbulkan dampak negatif untuk kulit bibir.

4. Masker yang Kotor

Saat beraktivitas di luar ruangan, penggunaan masker sangat diperlukan untuk melindungi wajah dari debu dan kotoran. Namun bukan berarti masker juga tidak bisa kotor, kan? Ganti masker setiap hari setelah dipakai agar kotoran di masker yang lama tidak ikut menempel di bibir atau bagian wajah lainnya.

5. Alergi

Alergi bisa disebabkan oleh berbagai macam hal seperti makanan, cuaca, atau kosmetik. Munculnya jerawat di bibir bisa jadi adalah akibat dari alergi dari salah satu hal tersebut. Kenali alergi yang dimiliki agar bisa mencegah munculnya jerawat. Jerawat memang bisa menjadi reaksi alergi yang tidak terduga.

Itulah cara cara menghilangkan jerawat di bibir yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan alami. Bibir termasuk ke dalam area sensitif wajah seperti halnya mata, sehingga menghilangkan jerawat yang ada di bibir tidak bisa dilakukan sembarangan. Jangan lupa pula untuk mencegah tumbuhnya jerawat di bibir dengan cara menghindari semua hal yang bisa memicu jerawat tersebut.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan