Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat memanglah sangat menyebalkan. Jerawat yang timbul di wajah, terutama jerawat yang muncul di dahi, akan menyebabkan anda mengalami dampak psikologis akibat jerawat, seperti kepercayaan diri yang menurun dan merasa minder saat bertemu dnegan orang lain.

Sponsors Link

Nah, ada banyak penyebab timbulnya jerawat di wajah dan penyebab jerawat kecil-kecil di jidat, sehingga resiko munculnya jerawat di wajah dan dahi akan tinggi. Nah, jika jerawat di dahi sudah terlanjur muncul, maka tenang saja karena ada beberapa cara ampuh yang dapat menghilangkan jerawat di dahi dengan cepat. Penasaran bagaimanakah caranya? Simak artikel di bawah ini.

Penyebab Timbulnya Jerawat di Dahi

Sebelum anda mengetahui berbagai cara untuk megatasi jerawat di dahi, maka ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa saja hal-hal yang menyebabkan timbulnya jerawat di dahi. Berikut ini merupakan beberapa penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal yang menyebabkan timbulnya jerawat di dahi.

  • Faktor Genetik. Salah satu faktor yang menyebabkan jerawat di dahi apalagi jika bukan faktor genetik. Ketika anda memiliki orang tua atau nenek atau kakek yang memiliki kulit yang berminyak, maka sudah dapat dipastikan bahwa kemungkinan anda memiliki kulit yang berminyak akan semakin besar. Adanya minyak berlebih pada area T, termasuk dahi, dapat menimbulkan jerawat di dahi.
  • Minyak Berlebih. Seperti yang telah dijelaskan diatas, area T pada wajah, yaitu dahi, hidung, dan dagu sangat rawan terkena jerawat karena produksi minyak pada wajah yang berlebihan. Khusus pada dahi, minyak berlebih yang berinteraksi dengan kotoran yang menempel pada rambut akan menimbulkan peradangan yang akan memunculkan jerawat di kulit dahi anda. Jika sudah begitu, lakukan langkah cara mengatasi jerawat meradang.
  • Faktor Hormon. Faktor ketidakseimbangan hormon merupakan salah satu faktor utama mengapa jerawat di dahi bisa muncul. Nah, hal-hal apa saja yang dpaat memicu ketidakseimbangan hormon? Stress dan depresi akan dengan mudah menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, yang akan membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak yang dapat menimbulkan jerawat di dahi. Selain itu, menstruasi pada wanita akan menimbulkan ciri-ciri jerawat haid karena faktor ketidakseimbangan jenis-jenis hormon penyebab jerawat seperti hormon estrogen.
  • Kurang Menjaga Kebersihan. Nah, ini merupakan penyebab umum mengapa jerawat di dahi dapat menghampiri anda. Kurangnya anda memperhatikan kulit wajah dapat menimbulkan jerawat di dahi. Mengapa demikian? Ketika anda beraktivitas, maka tak dapat dihindari jika kulit anda akan ditempeli debu menyebabkan jerawat, kotoran, dan polusi yang jika tidak dibersihkan, maka kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori dan berinteraksi dengan minyak yang diproduksi kulit wajah. Hasilnya, jerawat akan dengan cepat hadir di dahi anda.

Nah, setelah anda mengetahui berbagai faktor penyebab jerawat di dahi, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai cara mengatasi jerawat di dahi, baik menggunakan bahan herbal hingga pengobatan medis.

1. Lemon

Jika berbicara mengenai bahan herbal apakah yang ampuh untuk mengatasi berbagai jenis jerawat di wajah, maka lemon merupakan salah satu jawabannya. Lemon memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat diperlukan kulit untuk mengatasi berbagai macam jenis jerawat, termasuk jerawat di dahi. Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat lemon untuk jerawat di dahi.

  • Lemon merupakan bahan herbal anti-bakteri dan anti-mikroba yang snagat ampuh dalam membunuh berbagai bakteri serta kuman yang dapat menyebabkan jerawat di dahi.
  • Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi jerawat anda. Asam sitrat pada lemon sangat bermanfaat sebagai peeling alami yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru dan mengelupaskan sel-sel kulit mati. Selain itu, asam sitrat juga dapat menyingkirkan minyak berlebih yang merupakan salah satu faktor utama mengapa jerawat di dahi dapat muncul.
ads

Cara menghilangkan jerawat di dahi dengan menggunakan buah lemon

  • Pertama, siapkan 1 buah lemon dan juga sedikit air bersih. Nah, kemudian campurkan air perasan lemon ke dalam air bersih tersebut, kemudian aduk hingga campuran tersebut merata.
  • Setelah itu, oleskan campuran air perasan lemon dan air ke area dahi anda yang terdapat jerawat secara lembu. Ingat, jangan menggosok jerawat secara kasar.
  • Biarkan campuran air lemon tersebut meresap di kulit dahi anda hingga mengering.
  • Setelah mengering, cuci kulit wajah anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan air perasan lemon ini sehari sekali secara rutin hingga jerawat di dahi mengempis.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Bekas Jerawat

2. Daun Cendana

Nah, mungkin anda masih kurang familiar terhadap daun yang satu ini. Tanaman cendana telah lama dikenal sebagai tanaman penghasil kayu dan minyak. Yang menarik, ternyata bagian daun dari tanaman cendana memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan kulit anda, salah satunya dapat mengobati berbagai jenis jerawat di dahi. Tidak percaya? Berikut ini beberapa manfaat daun cendana untuk jerawat di dahi anda.

  • Daun cendana merupakan cleansing agent yang akan menyingkirkan segala kotoran dan debu yang menempel di dahi anda, sehingga akan menghindarkan anda dari jerawat pada dahi di kemudian hari.
  • Daun cendana merupakan antiseptik alami yang bermanfaat untuk menyingkirkan jerawat, bekas jerawat, komedo, dan bintik hitam di wajah dan dahi, sehingga tidak heran jika daun cendana dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dan cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat.
  • Daun cendama merupakan astringent alami yang akan melindungi kulit anda dari segala jenis jerawat, luka, kulit kemerahan, dan segala jenis tanda-tanda alergi pada kulit.

Cara mengatasi jerawat di dahi dengan menggunakan daun cendana

  • Siapkan 4 helai daun cendana, kemudian tumbuk helaian daun cendana tersebut hingga teksturnya menjadi halus. Setelah itu, campurkan dengan sedikit air dan aduk hingga merata sehingga teksturnya menjadi seperti pasta.
  • Setelah itu anda dapat mengoleskan tumbukan daun cendana tersebut ke area dahi anda yang terdapat jerawat.
  • Biarkan tumbukan daun cendana tersebut meresap di kulit anda selama kurang lebih 1 jam.
  • Setelah I jam, segera cuci kulit anda denganmengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat, kemudian keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda cukup menggunakan masker daun cendana ini sebanyak 3 kali dalam seminggu secara rutin hingga jerawat di dahi mengempis.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Mengatasi Jerawat

3. Tomat

Tomat merupakan bahan herbal yang sudah tidak diragukan lagi kehebatan dan keampuhannya dalam mengatasi berbagai masalah di kulit anda, salah satunya jerawat yang meradang sekalipun di dahi anda. Nah, apakah anda penasaran apa sajakah manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat di dahi beserta cara menghilangkan jerawat dengan tomat? Berikut ini ulasannya.

  • Tomat mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dengan cepat, sehingga jangan heran jika jerawat cepat mengempis dan bekas jerawat di dahi dapat segera menghilang dari kulit anda.
  • Tomat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga akan mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan jerawat di kulit anda.
  • Tomat mengandung berbagai macam vitamin, mulai dari Vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B6 yang akan menyehatkan kulit anda secara keseluruhan dan mengempiskan jerawat di dahi dengan cepat.

Cara mengatasi jerawat di dahi dengan menggunakan tomat:

  • Pertama, siapkan 1 buah tomat, kemudian iris tipis-tipis menjadi beberapa iris.
  • Setelah itu, anda dapat menempelkan irisan tomat tersebut secara langsung pada area kulit di dahi anda yang terdapat jerawat.
  • Diamkan tomat tersebut menempel di kulit anda selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah 30 menit, angkat irisan tomat, dan segera cuci kulit anda dengan menggunakan air yang bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker tomat ini sekali setiap hari secara rutin, bahkan setelah jerawat anda memudar agar jerawat di dahi tidak timbul lagi di kemudian hari.

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Jerawat dengan Tomat dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tomat

4. Asam Jawa

Selain digunakan sebagai rempah-rempah, ternyata asam jawa dapat juga digunakan untuk menyehatkan kulit anda. Nah, asam jawa ini akan sangat bermanfaat jika dahi anda ditumbuhi jerawat. Penasaran apa sajakah manfaat asam jawa untuk jerawat di dahi? Berikut ini merupakan ulasannya.

  • Asam jawa merupakan antiseptik alami yang dapat menumpas segala kotoran, debu, dan bakteri yang dpaat menyebabkan jerawat sekaligus dapat mempercepat proses pengeringan dan pengempisan jerawat.
  • Asam jawa memiliki sifat anti-inflamasi yang akan sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan pada jerawat dan mengatasi jerawat meradang di dahi.
  • Vitamin C pada asam jawa akan memicu produksi kolagen pada kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah akan menghaluskan dan mengencangkan kulit secara alami, sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Cara mengatasi jerawat di dahi dengan menggunakan asam jawa.

  • Pertama-tama, anda siapkan beberapa buah asam jawa, lalu anda keluarkan bijinya. Setelah itu, tumbuk halus bijinya hingga teksturnya menyerupai bubuk. Agar tekstur tidak terlalu kering, maka campurkan dengan sedikit air.
  • Setelah itu, oleskan asam jawa ini ke area kulit anda pada dahi yang terdapat jerawat dengan lembut dan dengan gerakan memijit, namun jangan ditekan.
  • Setelah itu, diamkan tumbukan asam jawa tersebut meresap di kulit anda selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah 20 menit, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Gunakan masker asam jawa ini setiap hari hingga jerawat di dahi anda mengempis dan memudar dari dahi anda.

Baca Juga: Manfaat Asam Jawa bagi Wajah Jerawat

 5. Es Batu

Ini merupakan cara yang simpel sekaligus hemat untuk mengatasi jerawat di dahi anda. Dengan bermodalkan es batu, maka anda dapat memperoleh kulit yang bebas dari jerawat. Apabila kulit anda sudah terlanjur ditempeli jerawat, maka jerawat tersebut akan cepat mengempis. Es batu telah lama dikenal memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan pada jerawat, sehingga jerawat di dahi dapat segera tersembuhkan.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu sangat mudah, dimana anda tinggal menyiapkan es batu, kemudian bungkus es batu tersebut menggunakan kain atau handuk yang bersih. Nah, setelah itu tempelkan atau tepuk-tepuk kain atau handuk yang berisi es batu tadi ke area kulit di dahi anda secara lembut.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

6. Mencuci Rambut

Jika dahi anda terus menerus ditumbuhi jerawat, maka sebisa mungkin anda mencuci rambut anda setiap hari. Nah, mengapa demikian? Ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari, maka tidak dapat dihindari jika rambut dan kulit kepala kita akan ditumbuhi oleh berbagai minyak, keringat, bakteri, kotoran, debu, dan tipe-tipe polusi yang lain. Jika rambut anda ditumbuhi hal-hal tersebut dan rambut anda menempel pada dahi anda, maka segala jenis minyak, keringat, kotoran dan bakteri pada rambut akan berpindah dari rambut ke kulit di dahi anda dan hasilnya jerawat pun akan muncul.

Oleh karena itu, cara mencegah jerawat tumbuh lagi di bagian dahi adalah cucilah rambut anda setiap hari sehingga segala polutan yang menempel di rambut anda dapat menghilang dan tidak akan menimbulkan jerawat di kemudian hari. Pilihlah sampo yang memiliki sifat yang mild atau ringan, sehingga kandungan pada sampo tidak akan menutup pori-pori kulit di dahi dan dapat menjadi penyebab jerawat meradang.

Baca Juga: Obat Jerawat Meradang

Sponsors Link

7. Menggunakan Penguapan

Cara yang juga akan sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel di dahi anda adalah dengan menggunakan metode penguapan. Cara tradisional ini memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyehatkan kulit anda secara keseluruhan dan dapat digunakan sebagai cara mencegah komedo di hidung dan wajah secara alami. Nah, apa manfaat metode penguapan untuk menghilangkan jerawat di dahi anda dan mengapa metode penguapan dapat bermanfaat sebagai cara menghilangkan jerawat kecil-kecil di jidat? Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • Menggunakan metode penguapan merupakan cara yang efektif untuk menekan dan mengurangi produksi sebum pada wajah yang merupakan salah satu faktor penyebab munculnya jerawat di dahi anda.
  • Menggunakan metode penguapan merupakan cara untuk membuka pori-pori kulit anda, sehingga segala bakteri, kotoran, debu, dan kuman yang menyumbat pori-pori kulit serta mampu menyebabkan peradangan jerawat menjadi hilang.
  • Karena bakteri maupun segala faktor yang menyebabkan jerawat menjadi hilang, maka jerawat pada dahi pun akan semakin cepat proses penyembuhannya dan dijamin tidak akan meninggalkan bekas di kemudian hari.

Cara mengatasi jerawat di dahi dengan metode penguapan

  • Sebelum melakukan metode penguapan, maka pertama kali anda harus mencuci kulit wajah anda secara bersih, atau bisa dengan mengusapkan kapas pada area kulit wajah anda.
  • Siapkan air, kemudian tuang pada panci dan panaskan dengan segera. Setelah mendidih, anda dapat mendekatkan wajah anda pada panci tersebut sehingga kulit wajah anda terkena uap dari air yang mendidih tersebut.
  • Dekatkan kulit wajah anda pada uap air selama 5 menit saja, kemudian setelah 5 menit segera jauhkan kulit wajah anda dari uap tersebut.
  • Setelah itu, bersihkan kulit di wajah anda dengan menggunakan air dingin dan gunakan pelembab sesaat setelah anda mencuci bersih kulit anda.

Baca Juga: Bahaya Jerawat di Ketiak dan Bahaya Jerawat di Telinga

8. Facial

Cara lain yang juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di dahi adalah dengan melakukan facial. Facial jerawat merupakan suatu metode perawatan kulit wajah yang bertujuan untuk membersihkan sel kulit mati serta membersihkan kulit anda dari berbagai kotoran, debu, dan bakteri pada pori-pori kulit yang tidak dapat dibersihkan dengan menggunakan sabun wajah atau produk perawatan wajah lainnya. Nah, melakukan facial ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat di dahi karena metode ini akan menghambat pertumbuhan jerawat dan akan mengangkat sel kulit mati, sehingga jerawat akan semakin mudah disembuhkan.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa anda tidak dianjurkan untuk melakukan facial secara terus menerus. Paling tidak lakukanlah facial sekali saja dalam sebulan karena terlalu sering melakukan facial justru berpotensi menimbulkan jerawat lanjutan di kemudian hari. Selain itu, facial akan membuat kulit menjadi lebih mudah untuk mengalami iritasi dan alergi. Nah, jika sudah begitu, segera aplikasikan cara menghilangkan bekas jerawat akibat facial dan cara alami menghilangkan jerawat karena alergi.

Tips Menghindari Jerawat di Dahi

Setelah anda mengetahui berbagai cara menghilangkan jerawat di dahi, tentu anda ingin mengetahui juga cara mencegah munculnya jerawat di dahi bukan? Nah, berikut ini merupakan tips-tips yang kiranya akan bermanfaat untuk mencegah jerawat di dahi.

  • Cuci Wajah 2 Kali Sehari. Salah satu cara sederhana yang harus anda lakukan adalah mencuci wajah 2 kali sehari. Dengan begitu, segala kotoran, debu, bakteri, dan polusi yang menempel di dahi anda dapat segera tersingkirkan dan jerawat di dahi pun tidak akan muncul.
  • Ganti Model Rambut. Jika anda ingin menghindari jerawat di dahi anda, maka segera pertimbangkan untuk mengganti model rambut anda. Model rambut berponi atau model rambut yang membuat dahi anda tertutup oleh rambut akan membuat jerawat di dahi bertumbuh secara subur. Jika rambut anda panjang, maka lebih baik potong rambut anda kuncir rambut anda ke belakang, sehingga dahi anda terbebas dari helaian rambut yang biasanya dihinggapi kotoran dan bakteri. Cara ini juga bermanfaat sebagai cara menghilangkan jerawat di kepala.
  • Gunakan Pelembab. Nah, stelah anda membersihkan wajah anda, maka lebih baik aplikasikan juga pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak kepercayaan anda. Kulit wajah anda, terutama di dahi, membutuhkan pelembab agar terjadinya peradangan akibat minyak dan polutan yang menghinggapi kulit anda tidak akan terjadi.
  • Jangan Gunakan Kosmetik Secara Berlebihan. Menggunakan kosmetik secara berlebihan tentu saja akan menyumbat pori-pori kulit di wajah anda, termasuk di dahi. Nah, penyumbatan pori-pori ini akan memicu pertumbuhan jerawat di dahi anda. Oleh karena itu, lebih baik anda menggunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, semisal bedak yang cocok untuk kulit berjerawat atau foundation untuk kulit berjerawat.
  • Ganti Sprei dan Sarung Bantal Secara Rutin. Salah satu cara simpel untuk menghindari jerawat di dahi adalah dengan rutin mengganti sprei dan sarung bantal. Mengapa demikian? Sudah bukan rahasia jika bagian kulit wajah anda, termasuk dahi, merupakan bagian kulit yang sering berinteraksi dengan sprei dan sarung bantal, terutama saat anda tidur. Sprei dan sarung bantal yang jarang diganti merupakan sarang bakteri dan debu yang jika menempel di kulit anda, akan menyebabkan jerawat di dahi.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi cara-cara mengatasi jerawat di dahi dan juga tips untuk mencegah munculnya jerawat di dahi. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan