Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi dan Pipi Secara Alami dan Medis

Sponsors Link

Jerawat di manapun tempat ia tumbuh tidak pernah menyenangkan bagi wanita. Munculnya jerawat membuat wanita menjadi kurang percaya diri karena penampilannya tidak maksimal. Bagi wanita, jerawat yang paling mengganggu adalah jerawat yang tumbuh di dahi dan pipi. Dahi dan pipi adalah bagian wajah yang paling terlihat sehingga Anda pasti akan melakukan berbagai cara menghilangkan jerawat di dahi dan pipi.

Sponsors Link

Baca juga:

Berikut ini tips untuk menghilangkan jerawat di dahi dan pipi secara alami dan menggunakan salep yang dijual di apotik. Pilih yang sesuai dengan kulit Anda ya!

Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi dan Pipi Secara Alami

Bahan-bahan alami bisa menjadi obat ampuh untuk menghilangkan jerawat di dahi dan pipi. Selain ekonomis, penggunaan bahan yang alami menghindarkan Anda dari efek samping bahan kimia yang berbahaya. Apa saja sih cara alaminya? Yuk kita simak.

Baca juga:

1. Lemon

Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu menutrisi kulit secara maksimal. Rasa asam pada lemon bisa membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkannya dengan cepat. Cara menghilangkan jerawat di dahi dan pipi dengan lemon:

  • Ambil 1/2 buah lemon lalu peras jusnya.
  • Celupkan kapas bersih ke dalam jus lemon.
  • Tempelkan kapas tersebut ke dahi dan pipi Anda yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Tomat

Tomat adalah salah satu nutrisi alami yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Jerawat membandel di dahi dan pipi Anda pun bisa dengan mudah dihilangkan oleh buah yang satu ini. Tomat mengandung banyak vitamin seperti A, C, E yang baik untuk kulit. Selain itu tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang menjaga kesehatan kulit Anda.

Baca juga:

Cara menghilangkan jerawat di dahi dan pipi dengan tomat:

  • Siapkan 1 buah tomat segar, lalu iris tipis-tipis.
  • Tempelkan irisan tomat ke dahi dan pipi yang berjerawat.
  • Biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.
  • Untuk hasil terbaik, cara ini aman untuk dilakukan setiap hari.
Sponsors Link

3. Es batu

Menghilangkan jerawat di dahi dan pipi dengan es batu sangat hemat secara ekonomis sekaligus aman dengan hasil yang memuaskan. Es batu bisa menghentikan pertumbuhan dan peradangan pada jerawat serta mengecilkan pori-pori kulit. Es batu akan menghilangkan dan mengempiskan jerawat Anda dengan cepat.

Baca juga:

Caranya mudah saja, ambil satu buah es batu kecil, lalu bungkus dengan tisu atau kain tipis. Jangan menempelkan es batu langsung pada kulit karena akan merusak jaringan pembuluh kapiler pada wajah. Kompreskan es batu pada jerawat yang ada di dahi dan pipi Anda. Tahan hingga 15 menit pada masing-masing jerawat sebelum dilepaskan.

4. Mentimun

Ini dia bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat sekaligus menyegarkan kulit agar tidak tampak kusam. Mentimun akan mengembalikan pH alami kulit sehingga membuat kulit Anda tampak lebih segar dan cerah alami.

Baca juga:

ads

Cara menghilangkan jerawat di dahi dan pipi dengan mentimun:

  • Ambil 1/2 buah mentimun segar.
  • Iris tipis-tipis atau haluskan (sesuai selera Anda)
  • Campurkan sedikit madu, lalu gunakan sebagai masker di seluruh wajah Anda.
  • Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.
  • Cara ini aman untuk dilakukan setiap hari.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi dan Pipi dengan Salep

Jika Anda tidak sabar menunggu hasil perawatan alami dan ingin jerawat hilang dengan cepat, solusinya adalah menghilangkan jerawat di dahi dan pipi dengan salep. Salep yang dijual di apotek ini sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Tapi jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter kulit dulu ya sebelum membeli salep.

1. Vitacid

Vitacid mengandung asam retinoic yang ampuh menghilangkan jerawat. Anda pun bisa memilih kadar asam retinoic, disesuaikan dengan tingkat keparahan jerawat Anda. Salep ini tersedia dalam bentuk ointment dan cream. Kadar asam retinoic pada Vitacid yakni 0.025%, 0.05%, dan 0.1%.

Baca juga:

Penggunaan Vitacid sebaiknya pada malam hari karensa salep ini sangat sensitif terhadap sinar matahari. Kulit Anda mungkin akan mengalami break out jerawat parah sesuai dengan indikasi yang ada pada brosur salep. Namun jika efek samping yang muncul semakin parah seperti adanya gatal dan kemerahan, segera hentikan pemakaian salep tersebut.

2. Brevoxyl

Salep yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat ini bisa Anda dapatkan di apotek terdekat. Kandungan benzoyl peroxide sebesar 4% di dalam salep ini bekerja sebagai bahan aktif untuk menghilangkan jerawat. Benzoyl peroxide mempunyai sifat membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga membuat pertumbuhan jerawat terhenti sekaligus memulihkan kondisi kulit yang terkena jerawat.

Baca juga:

Buat Anda yang mempunyai masalah komedo dan jerawat ringan (tidak parah atau meradang), salep ini cocok untuk mengatasi masalah kulit Anda. Cukup pakai salep ini dua kali sehari setiap pagi dan malam. Pemakaian berlebihan akan menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Panoxyl Aquagel 10%

Sama dengan Brevoxyl, salep ini memiliki kandungan utama benzoyl peroxide. Namun pada salep ini kandungan zat tersebut lebih besar, yaitu 10%. Kandungan alkohol di dalam salep ini akan membuat kulit Anda tetap lembab setelah diolesi salep. Salep ini mampu menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat. Dengan kandungan zat aktif yang cukup tinggi, obat jerawat ini ampuh menyembuhkan jerawat di dahi dan pipi yang cukup parah hingga jerawat meradang.

Baca juga:

4. Quinoderm

Salep Quinoderm juga mengandung bahan aktif benzoyl peroxide yang cukup tinggi, yakni 5% dan 10%. Cara kerja salep ini ada dengan mengeringkan jerawat aktif di wajah Anda dan mempercepat kesembuhannya. Anda bisa menyesuaikan kadar kandungan benzoyl peroxide dengan tingkat keparahan jerawat Anda. Jika jerawat Anda ringan sampai sedang, cukup gunakan yang 5% saja. Namun jika jerawat Anda termasuk dalam kategori parah hingga meradang, pilih yang kandungannya 10%.

Baca juga:

5. Freederm

Salep ini berbentuk gel yang dingin sehingga sangat nyaman dipakai di kulit. Kandungan nicotinamide di dalam salep ini bersifat sebagai anti inflamasi yang mencegah jerawat semakin meradang dan bertambah parah. Anda cukup memakai salep ini sebanyak dua kali sehari, setiap pagi dan malam hari saja. Pada awal pemakaian, kulit akan terasa gatal-gatal dan kemerahan. Namun jika hal itu berlanjut, hentikan pemakaian karena itu adalah tanda kulit mengalami iritasi. 

Sponsors Link

Baca juga:

6. Flucinonide Cream

Salep yang satu ini lebih dikenal sebagai salep walet. Kandungan yang ada di dalam salep ini cukup ringan sehingga aman untuk kulit sensitif sekalipun. Anda bisa menggunakan salep ini maksimal tiga kali dalam sehari. Sebelum menggunakannya, jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Jerawat di dahi dan pipi Anda akan hilang dalam waktu singkat.

Baca juga:

Itulah cara menghilangkan jerawat di dahi dan pipi, dengan bahan alami dan dengan salep yang mengandung bahan kimia. Pilihlah cara menghilangkan jerawat yang cocok dengan kulit Anda dan hasilnya bisa seperti yang Anda inginkan. Perawatan dengan bahan alami memang tidak bisa menunjukkan hasil yang cepat, namun relatif aman dan tanpa efek samping. Jika Anda ingin hasil yang instan dan cepat, membeli salep yang mengandung bahan kimia juga boleh-boleh saja asal tidak menimbulkan iritasi bagi kulit Anda. Selamat mencoba!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan