Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Jerawat di Dalam Kelopak Mata Secara Cepat dan Aman

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang tidak ada habisnya untuk diperbincangkan, salah satu yang sedang sering dibicarakan adalah bagaimana cara menghilangkan jerawat didalam kelopak mata. Bagian kelopak mata memang tidak terlalu sering terserang jerawat jika dibandingkan dengan bagian wajah lainnya. Walaupun begitu masih banyak orang yang mengalami masalah jerawat yang tumbuh didalam kelopak mata. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara menghilangkan jerawat di dalam kelopak mata secara cepat dan aman untuk dilakukan. Apa saja cara-cara tersebut? mari simak ulasan berikut ini.

Sponsors Link
  1. Kompres Air Hangat

Cara menghilangkan jerawat di dalam kelopak mata yang pertama adalah dengan menggunakan air hangat untuk mengompres jerawat secara perlahan-lahan. Mengapa air hangat? Karena air hangat dipercaya dapat membantu mengecilkan jerawat lebih cepat. Selain itu, mengompres jerawat dengan air hangat juga dapat membantu membasmi dan mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat. Cara menghilangkan jerawat di dalam kelopak mata dengan air hangat adalah:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dan keringkan.
  • Siapkan air hangat pada wadah kecil.
  • Masukkan atau rendam kapas ke dalam air hangat yang telah disediakan.
  • Tempelkan kapas yang telah direndam pada kelopak mata yang berjerawat dan tunggu beberapa saat.
  • Ambil kapas dan ulangi cara diatas hingga 5 kali atau secukupnya.

Perlu diperhatikan bahwa dalam mengompres jerawat dengan air hangat di kelopak mata perlu hati-hati jangan sampai air terlalu panas dan jangan sampai jerawat pecah. Lakukan cara diatas 2 atau 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  1. Putih Telur dan Madu

Cara menghilangkan jerawat di dalam kelopak mata yang kedua adalah dengan menggunakan masker secara rutin, salah satunya adalah masker putih telur dan madu. Salah satu manfaat putih telur untuk wajah berjerawat adalah protein yang terkandung didalam putih telur dipercaya dapat membantu menghilangkan penyumbatan pada pori-pori kulit, sehingga akan efektif digunakan sebagai masker jerawat. Sedangkan manfaat madu untuk jerawat dapat dilihat dari sifat antibiotik, anti-inflamasi, dan anti bakteri didalamnya yang ampuh dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Berikut cara yang dapat anda coba:

  • Siapkan satu butir telur dan madu murni.
  • Pisahkan putih telur dan kuning telur kedalam wadah.
  • Tambahkan 3 sdm madu murni kedalam putih telur, dan campur hingga merata.
  • Oleskan pada bagian kelopak mata yang berjerawat, dan diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Sekedar informasi bagi anda untuk tidak terlalu tergesa-gesa dalam membilas masker ini agar kandungannya dapat diserap dengan baik dan jerawat didalam kelopak mata dapat hilang dengan cepat.

  1. Jeruk Nipis, Kunyit, dan Madu

Bukan hanya masker putih telur dan madu saja, tetapi anda juga dapat mencoba menggunakan campuran ketiga bahan ini, yaitu jeruk nipis, kunyit, dan madu. Jika madu berfungsi sebagai antibiotik maka jeruk nipis dapat berfungsi sebagai anti radang, sedangkan manfaat kunyit untuk jerawat adalah dapat mengurangi rasa nyeri. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan air perasan jeruk nipis, kunyit yang telah dihaluskan, dan madu murni.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut hingga tercampur rata.
  • Oleskan campuran tersebut pada kelopak mata yang memiliki jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, dan bilas hingga bersih.

Perlu diperhatikan pula disini bahwa anda harus berhati-hati karena kandungan asam dalam jeruk nipis yang mana jika masuk kedalam mata dapat menyebabkan mata perih dan merah.

Selain menggunakan bahan-bahan alami diatas, anda juga wajib melakukan hal-hal berikut agar jerawat di dalam kelopak mata dapat hilang lebih cepat. Beberapa cara menghilangkan jerawat di dalam kelopak mata selain menggunakan bahan alami tersebut diantaranya adalah:

  1. Hindari Mengucek atau Memegang Mata Terlalu Sering

Cara yang pertama harus anda perhatikan adalah untuk tidak mengucek mata yang mengandung jerawat didalam kelopak mata. Hal ini disebabkan karena mengucek mata secara sengaja maupun tidak dapat beresiko terhadap pecahnya jerawat, kondisi ini yang dapat menjadi berbahaya, seperti menimbulkan rasa perih dimata, munculnya jerawat lainnya, hingga rasa gatal dan mata merah. Oleh sebab itu anda perlu menghindari mengucek atau memegang mata terlalu sering.

  1. Rutin Mencuci Wajah

Dengan rutin mencuci wajah maka kotoran, debu, dan lain sebagainya akan secara rutin dibersihkan dari wajah, termasuk pula yang bersarang disekitar mata. Jika kulit wajah anda bersih maka bakteri atau kuman penyebab jerawat tidak dapat berkembang biak, sehingga proses penyembuhan jerawat didalam kelopak mata dapat berlangsung secara maksimal. Cucilah wajah anda minimal dua kali dalam sehari, yaitu pagi atau malam sebelum anda tidur.

  1. Konsultasi Dokter

Cara menghilangkan jerawat di dalam kelopak mata yang terakhir adalah dengan konsultasi dokter. Jika jerawat didalam kelopak mata anda tidak hilang setelah dirawat dengan berbagai macam cara seperti yang tertera diatas, maka sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter. Hal ini dimaksudkan agar anda mengetahui lebih pasti apa yang harus anda lakukan dan perawatan serta pengobatan apa yang diperlukan sesuai dengan kondisi jerawat didalam kelopak mata anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat di dalam kelopak mata yang dapat anda coba dengan mudah dan aman, semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.