Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Jerawat di Ketiak Paling Aman

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat selalu menarik untuk dibahas. Bagaimana tidak, jerawat masih menjadi permasalahan yang sangat meresahkan bagi sebagian besar orang. Ada banyak dampak psikologis akibat jerawat yang mungkin muncul, seperti jerawat parah yang menimbulkan stress hingga menurunnya kepercayaan diri karena kondisi wajah yang dianggap tidak sempurna.

Sponsors Link

Jerawat yang tumbuh di wajah memang dianggap sebagai jerawat yang paling meresahkan. Namun ternyata ada jerawat parah lain yang harus dikhawatirkan, karena bisa tumbuh di bagian lain tubuh selain wajah. Jerawat di tempat yang tersembunyi seperti dada dan punggung juga bisa membuat kita sangat tidak nyaman, lho. Bahkan jerawat juga bisa muncul di ketiak. pasti tidak bisa dibayangkan bukan?

Ketiak adalah bagian tubuh yang tersembunyi dan keadaannya hampir selalu lembab. Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat di ketiak dengan cara yang aman? Bagaimana cara mencegahnya dan apa bahaya yang ditimbulkan jerawat di ketiak? Yuk, simak pembahasannya!

Cara Menghilangkan Jerawat di Ketiak

1. Garam Laut

Garam laut menjadi salah satu komposisi penting saat membuat scrub alami untuk wajah berjerawat. Manfaat garam laut adalah untuk mengikis sel kulit mati agar tidak menumpuk di kulit. Buatlah scrub yang terbuat dari garam laut dan minyak zaitun seperti di bawah ini:

  • Ambil garam laut halus dan minyak zaitun secukupnya.
  • Aduk kedua bahan sampai tercampur rata.
  • Oleskan pelan pelan ke jerawat yang ada di ketiak, diamkan selama 2 menit.
  • Setelah minyak zaitun cukup meresap, pijat lembut dengan gerakan memutar selama 1 menit. Cara ini aman dilakukan 2 kali seminggu.

2. Gel Lidah Buaya

Siapa tidak tahu manfaat lidah buaya untuk jerawat yang sudah sangat terkenal itu? Gel lidah buaya memang sangat baik untuk merawat kulit karena mengandung zat anti inflamasi dan peradangan sehingga mempercepat penyembuhan jerawat. Kini gel lidah buaya banyak dijual siap pakai dan lebih praktis. Tinggal oleskan saja gel lidah buaya ke jerawat di ketiak dan biarkan selama semalaman. Cara ini aman dilakukan setiap hari.

3. Salep Jerawat

Cara menghilangkan jerawat di ketiak secara praktis dan cepat adalah dengan menggunakan salep jerawat. Ketiak adalah area yang sensitif sehingga jangan sembarangan memilih salep. Tanyakan pada dokter salep apa yang aman untuk dioleskan di ketiak mengingat posisinya yang dekat dengan dada dan payudara. Jangan pernah membeli salep jerawat tanpa anjuran resmi dari dokter.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk menghilangkan jerawat, termasuk jerawat di ketiak. Sifat anti bakteri alami pada minyak zaitun akan membantu melawan pertumbuhan bakteri akibat jerawat. Oleskan minyak zaitun pada bagian yang berjerawat di ketiak lalu biarkan meresap selama semalam.

5. Lemon

Jangan berlebihan menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat. Cukup campurkan 2 sampai 3 tetes air jeruk lemon dengan 100 ml air, lalu oleskan ke jerawat di ketiak dengan cotton buds. Diamkan hanya 5 menit saja, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Sponsors Link

Mencegah Jerawat di Ketiak

Berikut adalah cara mencegah jerawat tumbuh di ketiak yang perlu diketahui:

  1. Jaga agar ketiak tidak lembab dan tetap kering dengan memakai pakaian yang menyerap keringat. Rajinlah mengganti pakaian dalam dan hindari memakai pakaian yang terlalu tebal saat cuaca sedang panas. Pakaian tebal akan meningkatkan kelembaban di ketiak.
  2. Ganti deodoran yang dipakai dengan bedak bayi yang kandungannya lebih halus. Bedak bayi bisa membantu menghilangkan bau badan. Munculnya bau badan memang akan menurunkan rasa percaya diri seseorang dan membuat orang di sekitarnya menjadi tidak nyaman.
  3. Pakai baju dengan bahan yang menyerap keringat agar tidak terjadi bau badan yang berlebihan. Pakaian dengan bahan katun adalah pilihan terbaik untuk dipakai di udara yang panas.
  4. Jaga kebersihan ketiak, jangan sampai banyak kotoran dan bakteri yang menumpuk di sana karena akan berkembang menjadi jerawat.
  5. Hentikan pemakaian deodoran yang berlebihan karena kandungan di dalamnya bisa menyebabkan jerawat serta alergi yang berbahaya.

Bahaya Jerawat di Ketiak

1. Pertumbuhan Bakteri

Asal mula penyebab munculnya jerawat adalah akibat bakteri dan kotoran. Munculnya jerawat di ketiak menandakan bahwa ada pertumbuhan bakteri dalam jumlah signifikan pada bagian tersebut. Yang lebih parah lagi, bakteri tersebut telah masuk ke dalam tubuh melalui pori pori kulit ketiak hingga menyebabkan jerawat. Hal ini tidak bisa dibiarkan karena bisa menyebabkan infeksi parah yang lebih sulit disembuhkan.

2. Infeksi Pada Ketiak

Ketika pertumbuhan bakteri menjadi tidak terkontrol, maka yang terjadi selanjutnya adalah infeksi pada ketiak. Hal ini menunjukkan bahwa bakteri telah berkembang biak dengan sangat parah. Kemunculan infeksi ditandai dengan luka yang ada pada ketiak, yaitu jerawat menjadi berjerawat dan bernanah. Bahaya jerawat bernanah tentu sangat besar karena beresiko menyebarkan bakteri saat pecah nanti.

Sponsors Link

3. Bahaya Alergi

Jerawat di ketiak juga bisa menjadi pertanda alergi yang harus dihindari. Penyebab jerawat alergi muncul di ketiak cukup beragam, antara lain adalah penggunaan deodoran, parfum, atau konsumsi obat obatan tertentu yang mengandung zat alergen. Alergi yang terus menerus bisa menyebabkan kelenjar getah bening membengkak.

4. Kanker Limfoma

Saat alergi terus menerus dibiarkan dan dihentikan, maka akan berkembang menjadi penyakit lain yang lebih parah yaitu kanker limfoma atau kanker kelenjar getah bening. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan terus menerus karena sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena proses terjadinya kanker cukup memakan waktu, hentikan berbagai hal yang menyebabkan alergi sekarang juga.

5. Kanker Payudara

Jerawat di ketiak dianggap sebagai salah satu jerawat yang paling berbahaya karena bisa menjadi tanda kanker payudara. Benjolan yang awalnya hanya jerawat saja tetapi terus menerus dibiarkan hingga diserang sel sel kanker yang berkembang. Jangan menyepelekan benjolan jenis apapun di payudara meskipun tampaknya biasa saja dan tidak berbahaya.

Itulah penjelasan lengkap tentang cara menghilangkan jerawat di ketiak, cara mencegahnya dan apa bahaya yang mungkin muncul. Agar tubuh tidak mudah ditumbuhi jerawat, mari jaga kebersihan diri agar terhindar dari bakteri dan kotoran yang berlebihan. Ingat bahwa asal mula jerawat adalah penumpukan bakteri yang sangat parah. Daripada pusing terus memikirkan jerawat, lebih baik rubah gaya hidup mulai sekarang bukan?

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.