Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Jerawat di Telinga Paling Ampuh

Sponsors Link

Banyaknya penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal membuat siapa saja menjadi rentan untuk berurusan dengan segala sesuatu tentang jerawat, terutama mereka yang punya kulit berminyak. Masalah jerawat memang sangat meresahkan bagi siapa saja. Terlebih lagi, jerawat bisa muncul di mana saja.

Sponsors Link

Selama ini mungkin orang menganggap bahwa jerawat hanya bisa muncul di wajah. Karena dampak psikologis akibat jerawat yang terbesar muncul dari jerawat di wajah, seperti minder dan tidak percaya diri dengan kondisinya yang berjerawat. Padahal jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh yang lain, lho. Termasuk di telinga. Meski tidak terlihat oleh orang lain, munculnya jerawat di telinga tidak bisa disepelekan. Berbagai cara menghilangkan jerawat di telinga harus dilakukan agar kondisi jerawat tidak semakin parah.

Inilah cara menghilangkan jerawat di telinga yang bisa dilakukan:

  1. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah bahan alami yang terkenal ampuh untuk menghilangkan jerawat, termasuk jerawat di telinga. Minyak ini memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan akibat jerawat. Oleskan tea tree oil menggunakan cotton bud langsung ke jerawat di telinga.

  1. Salep Jerawat

Cara menghilangkan jerawat di telinga dalam waktu singkat dapat ditempuh dengan menggunakan salep jerawat. Pilih salep dengan kandungan benzoil peroksida yang dapat melawan pertumbuhan bakteri di jerawat. Namun sebelumnya, tanyakan dulu pada dokter kulit apakah salep tersebut aman untuk digunakan. Jangan membeli salep jerawat sembarangan tanpa konsultasi dengan dokter kulit.

  1. Witch Hazel Oil

Witch hazel oil adalah alternatif yang tepat bagi pemilik kulit sensitif. Menggunakan tea tree oil mungkin bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi karena sifatnya yang terlalu keras untuk kulit sensitif. Dengan manfaat yang sama, witch hazel oil jauh lebih lembut dan tidak menyebabkan kemerahan atau peradangan pada kulit. Oleskan minyak ini dengan menggunakan cotton buds langsung ke jerawat yang ada di telinga.

  1. Susu

Selain memutihkan dan mencerahkan kulit secara alami, susu juga memiliki kandungan bakteri baik yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di telinga. Pilih susu yang steril, kemudian rendam kapas di dalamnya selama beberapa detik. Peras ringan lalu tempelkan kapas ke jerawat yang ada di telinga. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. Ulangi proses ini sebanyak 3 sampai 4 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  1. Lidah Buaya

Bahan alami yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Banyak manfaat lidah buaya untuk jerawat yang sudah ampuh dan dipercaya. Lidah buaya mengandung zat alami yang bisa menenangkan dan mendinginkan kulit. Lidah buaya sangat bersahabat untuk kulit sensitif karena memiliki sifat anti peradangan. Oleskan gel lidah buaya ke jerawat yang ada di telinga setiap malam, lalu biarkan meresap sampai keesokan paginya. Lakukan cara ini sampai jerawat di telinga menghilang.

  1. Air Hangat

Air hangat sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat di telinga karena dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dengan seketika. Selain itu, dengan air hangat kulit akan terasa lebih nyaman, terlebih lagi jika jerawat menimbulkan rasa nyeri saat tidur atau beraktivitas. Kompres jerawat setiap malam sebelum tidur. Tetapi sebelumnya, bersihkan jerawat dengan alkohol terlebih dahulu.

Sponsors Link

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel menjadi favorit wanita untuk menghilangkan jerawat karena diketahui memiliki kandungan antiseptik yang tinggi. Manfaat lain dari cuka sari apel adalah mencegah pertumbuhan bakteri di jerawat, mengecilkan pori pori, serta mencegah infeksi. Oleskan cuka sari apel ke jerawat di telinga dengan menggunakan cotton buds. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih setelah 1 menit. Cara ini aman untuk dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.

  1. Bawang Putih

Menghilangkan jerawat dengan bawang putih juga banyak menjadi pilihan karena manfaatnya yang telah terbukti. Di dalam bawang putih terdapat kandungan anti bakteri yang membuat bahan alami ini ampuh menghilangkan jerawat. Caranya mudah, potong bawang putih menjadi 2 bagian lalu oleskan tipis tipis ke jerawat di telinga. Diamkan selama 3 menit sebelum dibilas dengan air.

Bawang putih bisa menyebabkan rasa panas saat dioleskan, terutama untuk kulit sensitif. Kenali dulu apas saja efek samping bawang putih untuk jerawat sebelum menggunakannya.

  1. Teh Hijau

Teh hijau tinggi akan kandungan anti oksidan yang baik untuk jerawat. Kompreskan kantong teh hijau bekas ke jerawat yang ada di telinga selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  1. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun sangat mudah dilakukan. Oleskan saja minyak zaitun secara langsung ke jerawat di telinga, kemudian biarkan sampai meresap dengan sendirinya.

Sponsors Link

Penyebab Munculnya Jerawat di Telinga

Jerawat yang ada di telinga tentu tidak muncul begitu saja. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan jerawat sampai bisa muncul di telinga. Inilah hal hal yang bisa menjadi penyebab jerawat muncul di telinga yang harus dihindari:

  1. Menggunakan Headset

Menjaga kebersihan barang barang yang dipakai sangat membantu mencegah munculnya jerawat, termasuk kebersihan headset. Jerawat di telinga bisa muncul akibat kepala headset yang tidak pernah dibersihkan, sehingga terdapat banyak bakteri dan kotoran yang memicu tumbuhnya jerawat.

  1. Kebersihan Rambut Tidak Terjaga

Rambut tumbuh sangat dekat dengan telinga dan selalu bersentuhan langsung. Jika rambut dalam keadaan kotor, maka kotoran akan ikut menempel di telinga. Saat terjadi penyumbatan, kulit telinga akan meradang dan muncullah jerawat. Hal ini pula yang menyebabkan jerawat di pipi sulit hilang.

  1. Kebersihan Helm

Memakai helm akan membuat kondisi kulit kepala dan sekitar telinga menjadi sangat lembab. Seperti yang diketahui, bakteri dan kotoran sangat mudah berkembang biak di daerah yang lembab. Jaga kebersihan helm agar selalu kering untuk menghindari munculnya jerawat di kepala bikin pusing dan jerawat di telinga.

  1. Anting Anting

Bagi wanita, memilih bahan anting anting juga penting. Kulit bisa memberikan reaksi alergi pada logam tertentu, dan salah satu reaksi yang muncul adalah jerawat. Kenali ciri ciri jerawat karena alergi agar dapat dilakukan pencegahan yang tepat.

  1. Wajah yang Kotor

Kebersihan wajah sangat mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Wajah yang kotor dan jarang dibersihkan akan menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Bakteri tersebut bisa berkembang biak di mana saja, termasuk di telinga.

Itulah berbagai cara menghilangkan jerawat di telinga yang bisa dilakukan serta penyebab jerawat di telinga yang harus dihindari. Kunci utama dalam menghilangkan jerawat adalah senantiasa menjaga kebersihan kulit wajah dan merawat kulit wajah dengan benar. Jerawat tidak akan muncul di kulit yang sehat, bersih, dan terawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.