Sponsors Link

4 Cara Menghilangkan Jerawat Hitam di Wajah dengan Cepat

Sponsors Link

Bentuk jerawat memang sangat variatif, sehingga ditubuhkan ketepatan dalam mendiagnosis jenis jerawat tersebut. Hal ini dibutuhkan karena akan berhubungan dengan jenis perawatan yang akan diberikan. Ada banyak macam jenis jerawat membutuhkan perawatan yang tidak sama. Langkah baiknya, cara menghilangkan jerawat secara alami lebih dikedepankan dahulu daripada penggunaan medis. Perawatan secara alami lebih unggul dalam hal bahaya yang minim.

Sponsors Link

Sebelum mengambil jenis pengobatan tertentu, alangkah lebih baik untuk mengetahui segala sesuatu tentang jerawat tersebut. Hal ini sangat penting sebagai langkah identifikasi jenis jerawat tersebut. Siapa tahu jerawat hitam tersebut adalah salah satu jenis jerawat yang paling berbahaya. Penyebab timbulnya jerawat di wajah dengan warna hitam bisa disebabkan karena perlakuan yang tidak benar seperti memencet jerawat tersebut. Warna hitam pada jerawat juga bisa jadi dikarenakan jerawat yang sudah membatu akibat tidak bisa pecah.

Tips dan cara menghilangkan jerawat hitam di wajah

  1. Tumbuhan

Tumbuhan merupakan jenis perawatan terbaik yang bisa dilakukan. Walaupun tidak secepat penggunaan perawatan medis, namun secara hasil, perawatan menggunakan tumbuhan memberikan efek yang kurang lebih sama. Beberapa jenis tumbuhan diketahui mempunyai efek yang baik untuk menghilangkan jerawat. Ada banyak jenis daftar tumbuhan penghilang jerawat dan cara penggunaannya juga mudah. Penggunaan tumbuhan termasuk cara menghilangkan jerawat secara tradisional.

Lidah buaya dapat digunakan sebagai masker alami untuk wajah berjerawat. Selain dibuat sebagai masker, lidah buaya juga dapat digunakan dengan cara dioles. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya merupakan salah satu contoh penggunaan tumbuhan herbal. Timun juga dapat digunakan masker untuk kulit berjerawat dan cara membuatnya sangat mudah. Langkah cara membuat masker timun dengan mudah dilakukan, tinggal dipotong atau dilembutkan dengan blender. Salah satu manfaat timun bagi jerawat adalah mampu menyamarkan flek hitam pada wajah akibat jerawat.

  1. Cream

Menggunakan cream untuk menghilangkan jerawat ternyata sangat membantu. Krim merupakan salah satu antibiotic yang bersifat topical karena penggunaannya hanya sebatas di bagian kulit. pengunaan perawatan dengan krim juga harus melalui izin petugas medis terkait, ini dikarenakan krim mempunyai resiko bahaya antibiotik jerawat pada kandungannya. Gunakan krim yang berbahan dasar vitamin E seperti natur E. Manfaat natur E untuk menghilangkan bekas jerawat sudah terbukti melalui uji klinis.

Sponsors Link

Berbagai jenis cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotek sudah terbukti perannya dalam menghilangkan jerawat dan bekasnya. Krim juga efektif dalam mengurangi bahaya infeksi jerawat yang dapat memicu jerawat menjadi hitam. Kandungan vitamin E dalam krim juga membantu dalam mengembalikan kesehatan kulit. Ini dikarenakan vitamin E dapat menutrisi sel-sel kulit dan memicu perkembangan kolagen dalam kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat dan penuaan dini sangat berkaitan erat terutama dalam menjaga kekenyalan kulit.

  1. Injeksi

Menghilangkan jerawat hitam di wajah memang tidak mudah. Salah perawatan yang dapat diambil untuk menghilangkan jerawat hitam adalah dengan injeksi jerawat. Prosedur injeksi melibatkan suntikan ke bagian jerawat yang akan dihilangkan. Setelah injeksi dilakukan, maka dalam semalam jerawat akan mengering dan kemudian menghilang. Sebagaimana perawatan medis lainnya, penggunaan injeksi jerawat juga mengandung resiko.

Resiko paling bahaya injeksi jerawat adalah dapat menstimulus pertumbuhan keloid pada bekas jerawat. Oleh karenanya, penting untuk mendiskusikan masalah ini dengan dokter spesialis kulit. Bagi sebagian orang, injeksi jerawat merupakan salah satu solusi jerawat tidak kunjung sembuh. Prosedur injeksi juga harus diimbangi dengan asupan makanan atau buah yang bergizi untuk mendukung penyembuhan tersebut. Mengkonsumsi buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh dalam membantu mempercepat penyembuhan terapi jerawat yang diambil.

  1. Laser

Menghilangkan jerawat hitam di wajah menggunakan laser menawarkan kecepatan dalam mengatasi masalah tersebut. Terapi laser untuk menghilangkan jerawat bahkan lebih cepat daripada menggunakan injeksi jerawat. Prosedur laser melibatkan penggunaan sinar infra merah yang menembus kulit dan kemudian menghancurkan partikel hitam dalam jerawat. Ada berbagai pilihan laser untuk menghilangkan yang dapat dicoba. Kendati demikian, ada beberapa jenis laser jerawat dan efek sampingnya juga bermacam-macam.

Beberapa efek samping laser wajah jerawat yang perlu diketahui yaitu iritasi, alergi, bengkak dan masih banyak lainnya. Efek samping yang ditimbulkan biasanya tergantung dari kondisi pasien tersebut dalam menerima efek laser. Meskipun demikian, laser tetap dianggap sebagai cara menghilangkan bekas jerawat alami dan medis super cepat. Perawatan lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat hitam di wajah adalah dengan chemical peeling. Prosedur chemical peeling melibatkan penggunaan alat bergerigi untuk menghilangkan jerawat tentunya dengan mengaplikasikan anestesi lokal di sekitar jerawat terlebih dahulu. Karena prosedurnya yang terbilang ekstrim, bahaya chemical peeling untuk jerawat hitam sangat bervariatif.

Sponsors Link

Hal yang Menyebabkan Timbulnya Jerawat Hitam

Beberapa kemungkinan penyebab jerawat hitam di wajah

  1. Penggunaan kosmetik

Saat jerawat terbuka, penggunaan kosmetik justru dapat meninggalkan bekas di lubang jerawat. Jika hal ini dibiarkan, maka ketika kulit menutup akan terlihat berkas hitam dalam jerawat. Jika sudah seperti ini, prosedur mdis merupakan pilihan perawatan yang tepat. Untuk menghindari hal ini, ada beberapa daftar kosmetik untuk wajah berjerawat yang dapat digunakan.

  1. Jerawat yang belum matang dipencet

Salah satu efek akibat jerawat dipencet adalah jerawat hitam, terutama untuk jerawat yang belum matang. Perlakuan seperti ini justru akan membuat jerawat mengendap di dalam kulit dan kemudian menghitam. Untuk masalah seperti ini, prosedur medis dinilai lebih tepat digunakan daripada perawatan secara alami.

  1. Sel kanker

Jika kondisi jerawat berubah menjadi hitam, ada baiknya untuk berhati-hati karena bisa jadi ini merupakan salah satu sel kanker yang berkembang. Untuk memastikannya, langkah paling bijak adalah menemui petugas kesehatan terkait dan meminta informasi mengenai kondisi tersebut.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan