Sponsors Link

12 Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Bernanah Paling Ampuh

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat adalah hal yang menyebalkan dan tidak bisa andatoleransi. Selain menimbulkan rasa nyeri dan dan panas pada wajah anda, jerawat juga meninggalkan bekas yang sangat buruk. Jerawat baik saat masih baru maupun sudah berbekas akan tetap menganggu penampilan anda di depan orang banyak. Tak jarang jika seseorang yang memiliki jerawat pasti kurang percaya diri karena merasa ada yang kurang dalam dirinya. Hal tersebut ternyata sangat merugikan dan salah satu hal yang sangat tidak diharapkan.

Sponsors Link

Terlebih apabila anda memiliki jerawat kecil yang tak terlalu terlihat namun jika disentuh memberikan tekstur tersediri di kulit anda. Tetap saja, walaupun kecil jerawat tersebut sering membuat anda tidak nyaman. Terlebih jika jerawat kecil yang disertai nanah. Anda akan sangat membencinya karena meskipun kecil, sakitnya akan sama seperti jerawat lainnya dan mengganggu penampilan anda dengan warna putih kekuningan nanahnya.

Namun, anda tidak perlu khawatir dan pusing untuk mencari cara menghilangkan jerawat kecil bernanah dengan cepat. Karena pada artikel ini akan kami beri ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat kecil bernanah yang aman dan mudah. Simak ulasannya dibawah ini:

1. Sabun Wajah 

Menggunakan sabun wajah adalah salah satu cara menghilangkan jerawat kecil bernanah yang sangat tepat dan mudah. Namun, anda harus memahami jenis sabnun wajah apa yang cocok untuk wajah anda. Dalam penerapannya, anda bisa mengunakan sabun wajah saat mandi atau kapanpun anda merasa wajah anda kotor dan harus dibersihkan. Dengan zat-zat pembersih dalam sabun tersebut wajah anda akan lebih cepat bersih dari kuman dan jerawat bernanah anda sembuh dengan sendirinya.

2. Antibiotik

Antibiotik adalah salah satu obat yang digunakan untuk meredakan inflamasi atau peradangan pada tubuh baik diluar maupun di dalam tubuh. Obat ini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat kecil bernanah dengan efektif. Namun diperlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

3. Laser

Meskpun tergolong mahal, penggunaan laser ini juga menjadi favorit bagi para pemilik wajah berjerawat. Mungkin harga bukan jadi soal ketika wajah sudah mulai terserang jerawat. Cara menghilangkan jerawat kecil bernanah pada wajah satu ini sangat efektif karena tidak menimbulkan efek samping yang besar dan berkelanjutan namun hasil nya juga bisa dirasakan langsung.

4. Isotretinoin

Istretinoin adalah salah satu obat yang sangat tepat anda gunakan jika anda memiliki  jerawat parah yang tak kunjung sembuh termasuk jerawat kecil bernanah. Obat ini memiliki kandungan anti peradangan yang alami sehingga dapat mengurangi peradangan pada kulit wajah. Selain itu produksi minyak berlebih pada wajah juga dikontrol dengan baik.

Sayanganya penggunaan obat ini harus disertai saran dan resep dokter karena salah satu obat keras yang sangat tidak baik digunakan sembarangan.

Sponsors Link

5. Daun Sirih

Daun sirih memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai  manfaat daun sirih untuk jerawat batu. Karena mengandung betlephenol  yang merupakan anti bakteri ampuh untuk mematikan bakteri penyebab jerawat pada wajah anda. Selain itu Vitamin C dalam daun sirih juga menutrisi kulit wajah anda menjadi lebih sehat dan segar dari sebelumnya.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mengaluskan 4-5 helai daun sirih muda dan mengoleskan tumbukan halus terebut ke area jerawat di wajah anda. Lakukan seminggu 3 kali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Es Batu

Siapa sangka tambahan penyegar pada minuman anda ternyata bisa dijadikan bahan untuk menyembuhkan jerawat kecil bernanah anda. Jangan salah, es batu ini dapat mengurangi inflamasi atau peradangan pada area wajah yang berjerawat sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat anda. Cara menggunakannya cukup mudah dengan cara memasukkan bongkahan es batu ke dalam kain bersih yang kemudian tinggal ditempelkan saja ke wajah berjerawat anda. Lakukan pada malam hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

7. Soda Kue

Selain dijadikan bahan pengembang kue, soda kue juga bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan kecil bernanah pada wajah anda dengan efektif. Caranya dengan dibuat seperti pasta, yaotu dengan ditambahkan beberapa tetes air yang kemudia dapat digunakan pada area wajah berjerawat anda.

8. Injeksi Steroid

Seperti namanya, cara pengobatan ini adalah dengan menyuntikkan zat mengandung steroid pada area wajah berjerawat anda dengan harapan jerawat anda yang meradang dapat segera sembuh dan mengering. Namun, cara ini harus anda lakukan dengan ahli, tidak oleh sembarang orang. Injeksi steroid saat ini dijadikan cara menghilangkan jerawat tanpa bekas yang paling digemari.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan polifenol  yang mampu meredakan radang yang disebabkan oleh jerawat bernanah pada wajah. Selain itu minyak zaitun juga mengandung anti bakteri alami yang menghilangkan bakteri penyebab jerawat di wajah anda dengan cepat. Ditambah kandungan asam lemak esensial yang mampu mengganti kerusakan sel rusak dan sel mati pada wajah anda dan terkenal sebagai salah satu  cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Anda dapat mengoleskan minyak zaitun ini pada area wajah anda dengan jerawat bernanah secara merat. Ada bainya untuk menggunakannya sebelum tidur agar keesokan harinya wajah anda lebih segar.

10. Jahe

Jahe sering digunakan sebagai bahan jamu atau ramuan yang memiliki banyak manfaat pada tubuh. Ternyata jahe juga biasa digunakan sebagai  cara menghilangkan jerawat bernanah yang ampuh. Manfaat jahe untuk  jerawat adalah dengan kandungan gingerols, shogaols, zingibain dan senyawa lainnya yang mampu mengurangi peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh jerawat di wajah. 

Sponsors Link

Cara mengolah jahe ini adalah dengan menumbuk halus atau memarutnya kemudia hasil tumbukan atau parutan itu anda aplikasikan pada area jerawat di wajah anda. Lakukan pengobatan ini sehari dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Bawang Putih

Tak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan penyedap masakan, bawang putih digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat kecil bernanah pada wajah dengan cepat. Kandungan sulfur yang bernama thiacremonon ini mampu membuat jerawat kecil dan meradang pada wajah anda segera hilang karena mampu mengeringkannya dengan cepat. Yang dapat anda lakukan adalah dengan cara membelah bawang putih dan mengoleskan bagian berlendirnya pada area berjerawat. Rasanya akan sedikit perih namun memiliki hasil yang maksimal.

12. Lemon

Buah dengan rasa asam segar ini merupakan salah satu buah yang mengandung Vitamin C dan anti oksidan tinggi. Vitamin C dalam lemon ternyata dapat bermanfaat untuk mengobati kulit berjerawat anda dengan cepat. Anti oksidan dalam lemon juga dapat menghindari wajah anda dari kerutan atau gejala penuaan lainnya. Cara menghilangkan jerawat kecil bernanah dengan lemon adalah dengan cara mengoleskan potongan lemon langsung ke wajah anda secara merata dan lakukan pemijatan ringan agar kandungan lemon meresap ke dalam kulit. Rasa yang ditimbulkan sedikit perih, namun jika sudah mengering rasa perih tersebut akan hilang dan anda dapat membilasnya dengan air bersih.

Itulah ulasan mengenai 12 cara menghilangkan jerawat kecil bernanah dengan cepat dan tepat dengan bahan-bahan yang mudah anda temui disekitar anda. Ada baiknya sebelum anda terkena jerawat, anda harus lebih pandai merawat kulit wajah anda agar terhindar dari wajah kusam, berminyak hingga jerawat yang meradang. Meskipun sangat simple, merawat wajah tetap menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan karen wajah adalah bagian tubuh manusia yang pertama kali dinilai ketika bertemu dengan oranglain.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan