Sponsors Link

9 Cara Menghilangkan Jerawat Kecil di Pipi dengan Tepat dan Aman

Sponsors Link

Salah satu jenis jerawat yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang adalah jerawat kecil yang biasanya muncul di pipi. Jerawat kecil ini bisa muncul dalam jumlah satu atau dua dan bahkan dalam jumlah yang banyak dan bergerombol sekaligus. Oleh sebab itu walaupun ukurannya kecil tetapi jenis jerawat yang satu ini juga bisa menjadi masalah yang menakutkan, baik bagi kaum wanita maupun kaum pria. Segala sesuatu tentang jerawat memang sulit untuk diprediksi, karena kemunculan nya yang tiba-tiba, dimanapun, sulit ditebak penyebabnya, dan terkadang juga susah untuk di hilangkan. Sama hal nya dengan jerawat pada umumnya, jerawat kecil di pipi juga dapat disebabkan oleh hormon penyebab jerawat, masalah kebersihan, genetik, dan lain sebagainya. Kemunculan jerawat kecil di pipi ini tidak hanya akan mengganggu penampilan saja, namun juga dapat bertambah banyak jika tidak benar dalam menanganinya. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat kecil di pipi dengan tepat dan aman.

Sponsors Link
  1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Untuk menghilangkan jerawat kecil di pipi, maka anda harus teratur membersihkan wajah. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan berbagai macam kotoran seperti debu, polusi, dan lain sebagainya yang menempel pada kulit wajah. Bersihkan wajah dua kali dalam sehari, yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Anda juga dapat menggunakan sabun pembersih wajah yang berbahan ringan tanpa detergen dan alkohol. Selain itu, anda juga harus rajin membersihkan wajah setelah olahraga dan mencuci tangan sebelum menyentuh dan membersihkan wajah.

  1. Hindari Penggunaan MakeUp

Menghilangkan jerawat kecil di pipi memang harus penuh kesabaran, salah satunya dengan menghindari penggunaan makeup terlebih dahulu. Hal ini karena sisa-sisa makeup dapat memperparah penyumbatan pori-pori kulit, sehingga jerawat kecil di pipi dapat semakin parah atau bahkan menyebar semakin banyak. Jika anda ingin menggunakan makeup maka pilihlah makeup dengan bahan dasar air atau non-comedogenic, dan usahakan untuk tidak menggunakan bedak padat, foundation dan blush on.

  1. Mencuci Rambut Secara Teratur

Secara sadar atau tidak rambut juga sering menempel di wajah kita, terutama di bagian pipi dan dahi. Oleh sebab itu, rambut juga dapat menjadi penyebab jerawat kecil di pipi dan dapat menghambat penyembuhan jerawat kecil di pipi, terlebih lagi jika rambut dalam kondisi berminyak. Maka dari itu untuk menghilangkan jerawat kecil di pipi agar lebih cepat dan efektif, anda juga harus rutin mencuci rambut.

  1. Atur Pola Makan Sehat

Cara menghilangkan jerawat kecil di pipi selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan sehat, seperti hindari makanan yang mengandung kadar gula, minyak, dan lemak yang tinggi, karena jenis makanan penyebab jerawat tersebut dapat memperparah kondisi jerawat kecil di pipi anda dan menghambat proses penyembuhan. Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran.

  1. Hindari Memencet Jerawat

Jika anda ingin jerawat kecil di pipi anda hilang, maka hindari untuk memencet jerawat. Ketika anda memencet jerawat kecil di pipi, maka akan keluar cairan seperti nanah atau darah, dan jika cairan tersebut tidak dibersihkan dengan benar dan menyebar ke area lainnya maka akan memicu timbulnya jerawat lebih banyak lagi. Oleh sebab itu, hindari memegang dan memencet jerawat kecil di pipi anda, agar jerawat dapat hilang lebih cepat.

Selain kelima cara tersebut, anda juga dapat menghilangkan dan mengobati jerawat kecil di pipi dengan beberapa bahan alami. Berikut ini cara menghilangkan jerawat kecil-kecil secara alami di pipi:

  1. Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis untuk jerawat dapat membantu menghilangkan jerawat kecil di pipi anda, caranya adalah:

  • Campurkan perasan air jeruk nipis dengan air mawar.
  • Oleskan campuran tersebut pada jerawat kecil di pipi secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.
  1. Minyak Zaitun

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk jerawat adalah dapat membantu menutrisi kulit dan menyembuhkan jerawat. Menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan jerawat kecil di pipi juga sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada area berjerawat secara merata dan rutin setiap harinya.

  1. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk jerawat juga dapat membantu proses menghilangkan jerawat kecil di pipi, dengan cara:

  • Siapkan lidah buaya yang sudah dicuci bersih, lalu potong bagian ujung atau tengah.
  • Oleskan gel dari potongan lidah buaya pada jerawat kecil di pipi secara merata.
  • Diamkan hingga mengering dan bilas hingga bersih.
  1. Mentimun

Mentimun juga dapat menghilangkan jerawat kecil di pipi karena manfaat mentimun untuk jerawat yang terbukti efektif, caranya adalah:

  • Siapkan mentimun yang sudah dicuci bersih, lalu iris menjadi beberapa irisan.
  • Tempelkan irisan mentimun tersebut pada jerawat di pipi.
  • Diamkan selama 30 menit, dan lakukan secara rutin setelah mandi.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan jerawat kecil di pipi, semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.