Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Jerawat Kistik Dengan Aman

Sponsors Link

Banyak wanita yang bermasalah dengan jerawat. Kemunculan jerawat yang kadang tidak terduga memang cukup meresahkan. Belum lagi dengan dampak psikologis yang muncul bersama jerawat.

Sponsors Link

Banyak pertanyaan bagaimana jerawat bisa timbul. Jerawat muncul karena penumpukan kotoran di kulit yang kemudian menyumbat pori pori kulit bersama dengan minyak dan sel kulit mati. Jenis jerawat yang muncul di wajah pun juga beragam. Ada jerawat yang parah, ada pula jerawat yang ringan dan mudah disembuhkan. Salah satu jenis jerawat yang parah adalah jerawat kistik atau jerawat kista. Bagaimana cara menghilangkan jerawat kistik yang aman? Sebelum itu pelajari dulu ciri ciri jerawat kista yang sering muncul.

Nah ini dia bagaimana cara menghilangkannya.

  1. Es Batu

Es batu sudah sangat terkenal mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, pori pori kulit yang membesar hingga bekas jerawat yang tidak kunjung hilang. Mengompres kulit dengan es batu juga bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan jerawat kistik. Buat es batu dari air madu dan lemon untuk menambah khasiatnya.

  1. Cukup Tidur

Kemunculan jerawat juga bisa dipicu oleh stress yang berlebihan dan kebiasaan buruk lain seperti suka begadang. Untuk mendapatkan kulit yang sehat bebas jerawat, tidurlah yang cukup sesuai waktu yang dianjurkan yaitu 8 jam sehari. Saat tubuh beristirahat, sel sel kulit mati akan digantikan oleh sel kulit baru yang lebih sehat.

  1. Obat Antibiotik

Jerawat kistik yang membandel dapat dihilangkan dengan obat oral atau obat antibiotik yang diminum. Penggunaan obat ini tentu saja tidak boleh sembarangan dan harus di bawah pengawasan dokter. Obat antibiotik bekerja dari dalam untuk membunuh bakteri pada jerawat dan menyembuhkan jerawat dalam waktu singkat.

  1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan jerawat kistik yang selanjutnya adalah dengan lidah buaya. Kini Anda bisa menggunakan gel lidah buaya siap pakai dari Nature Republic. Pelajari bagaimana cara menggunakan Nature Republic Aloe Vera untuk bekas jerawat yang juga ampuh untuk melawan jerawat kistik. Gunakan secara teratur sampai jerawat kistik menghilang.

  1. Salep Jerawat

Menghilangkan jerawat tentu saja tidak bisa dilepaskan dari salep jerawat. Salep penghilang jerawat kistik bisa dibeli di apotek terdekat. Pilih salep jerawat dengan kandungan benzoil peroksida yang mampu melawan pertumbuhan bakteri pada jerawat. Gunakan salep sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

  1. Lemon

Cara menghilangkan jerawat kistik juga bisa dilakukan dengan cara yang alami. Misalnya menggunakan buah lemon. Buat masker lemon dengan cara seperti berikut:

  • Siapkan 1 buah lemon segar, potong menjadi 2 bagian.
  • Gunakan ½ bagian lemon saja. Peras air lemon lalu sisihkan.
  • Campurkan 1 sendok makan air lemon dengan 1 sendok makan air putih, aduk sampai rata.
  • Oleskan masker lemon ke area yang berjerawat.
  1. Sabun Jerawat

Perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat kistik tentu tidak bisa dilepaskan dari sabun wajah. Mencuci wajah sangat penting untuk mengangkat semua debu, kotoran, dan sel kulit mati yang bisa memicu tumbuhnya jerawat. Pilih sabun anti jerawat terbaik yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit berjerawat, pilih sabun yang khusus untuk kulit berjerawat untuk menekan pertumbuhan bakteri pada kulit sehingga jerawat tidak mudah muncul.

Setelah mempelajari berbagai cara menghilangkan jerawat kistik di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit ya. Jerawat hanya muncul di kulit yang tidak terawat saja. Kunci untuk memiliki kulit yang bersih, sehat, dan bebas dari jerawat adalah dengan merawatnya sebaik mungkin.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.