Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Jerawat Nanah dalam Semalam Terampuh

Sponsors Link

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah jerawat, sehingga masalah jerawat dianggap sebagai masalah kulit paling umum. Walaupun dianggap masalah kulit paling umum, tetapi munculnya jerawat pasti menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat bagi anda karena jerawat dapat mengganggu penampilan sehari-hari anda, terlebih lagi jika yang muncul jerawat nanah. Oleh sebab itu dalam kesempatan kali ini akan dibahas beberapa cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam. Jadi bagi anda yang sedang atau sering mengalami masalah jerawat tidak perlu khawatir lagi, karena anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini.

Sponsors Link

Jerawat Nanah

Sebelum membahas mengenai beberapa cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam, perlu diketahui terlebih dahulu apa yang disebut sebagai jerawat nanah. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak salah dalam mengatasi masalah jerawat di kulit anda.

Jerawat nanah merupakan jenis jerawat yang memiliki bentuk kecil merah serta memiliki nanah di ujung jerawat. Biasanya jerawat nanah akan muncul ketika terjadi infeksi pada tubuh anda, dimana sel darah putih melakukan pekerjaannya untuk melawan infeksi bakteri tersebut. Sebagai akibatnya nanah muncul sebagai hasil campuran cairan kulit yang terinfeksi oleh bakteri tersebut dan sel darah putih yang mati. Saat tumpukan nanah terbentuk di bawah kulit dan menyumbat pori-pori, kondisi tersebutlah yang menyebabkan munculnya jerawat nanah.

Beberapa penyebab munculnya jerawat nanah hampir sama dengan penyebab jerawat pada umumnya, seperti perubahan hormon penyebab jerawat yang tidak stabil karena pubertas maupun masa kehamilan, kebersihan kulit dan tubuh yang tidak dijaga, pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Beberapa makanan penyebab timbulnya jerawat seperti makanan pedas, makanan berlemak, dan lain sebagainya juga dapat memicu timbulnya jerawat nanah saat terinfeksi oleh bakteri didalam.

Menghilangkan Jerawat Nanah

Setelah memahami apa yang disebut sebagai jerawat nanah, maka berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam yang dapat anda coba. Sama seperti cara menghilangkan jerawat di hidung dalam satu malam, menghilangkan jerawat nanah dapat menggunakan bahan alami, kebiasaan baik yang perlu dilakukan, serta bantuan obat berbahan kimia. Berikut beberapa cara diantaranya:

  1. Tidak Memencet Jerawat

Cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam yang pertama adalah anda tidak boleh memencet jerawat. Jerawat yang muncul pasti membuat anda tergoda untuk memencet nya agar cepat kering dan hilang. Namun hal ini justru salah, karena memencet jerawat merupakan hal yang dilarang dalam upaya menghilangkan jerawat. Memencet jerawat justru dapat memperparah jerawat, seperti menyebabkan infeksi berlanjut hingga menyebabkan munculnya jerawat lebih banyak lagi karena cairan atau nanah yang keluar dan tersebar di kulit wajah anda.

  1. Rajin Mencuci Muka

Mencuci muka secara rutin minimal dua kali dalam sehari juga dapat membantu anda menghilangkan jerawat nanah dalam semalam. Akan lebih baik lagi jika anda melakukannya sesuai dengan cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat. Anda dapat mencuci muka dengan menggunakan sabun muka yang tidak membuat kulit wajah anda kering maupun berminyak.

  1. Kompres Es Batu

Anda juga dapat menghilangkan jerawat nanah dengan cara melakukan kompres es batu pada jerawat anda, seperti cara berikut:

  • Siapkan es batu dan kain bersih.
  • Bungkus es batu berbentuk balok tersebut pada kain bersih secukupnya.
  • Tempelkan pada jerawat nanah anda dengan hati-hati, lepaskan saat anda merasa dingins sekali.
  • Tempelkan lagi setelahnya, dan lakukan selama 10 atau 15 menit.

Anda perlu berhati-hati saat melakukan kompres es batu pada jerawat nanah anda, karena dapat menyebabkan jerawat pecah jika ditekan terlalu keras.

  1. Tea Tree Oil

Cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam yang selanjutnya adalah dengan mengoleskan tea tree oil pada jerawat nanah anda. Tea tree oil sendiri memiliki peran sebagai anti bakteri dan anti inflamasi, sehingga sangat baik dalam membantu menghilangkan jerawat, terutama jerawat nanah. Ketika tea tree oil diserap oleh jerawat, maka dapat menghentikan infeksi didalam jerawat.

  1. Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk jerawat sudah sangat dipercaya, oleh sebab itu minyak zaitun juga dapat membantu anda dalam cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada jerawat nanah anda secara rutin.

  1. Menggunakan Benzoil Peroksida

Menghilangkan jerawat nanah juga dapat dibantu dengan menggunakan obat berbahan kimia, salah satunya adalah Benzoil Peroksida. Benzoil peroksida sendiri digunakan untuk mengeringkan jerawat serta membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga sangat efektif digunakan untuk menghilangkan jerawat nanah dalam semalam.

  1. Konsultasi Dokter

Untuk menghilangkan jerawat nanah dalam semalam anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat anti biotik yang dapat membantu dalam membunuh bakteri penyebab jerawat nanah dikulit anda. Oleh sebab itu, jika anda ingin jerawat nanah anda cepat hilang lebih baik melakukan konsultasi dokter agar dapat ditangani dengan benar.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam, semoga informasi diatas bermanfaat dan jerawat nanah anda dapat cepat dihilangkan.

ads
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.