Sponsors Link

12 Cara Menghilangkan Jerawat Nodul Paling Ampuh dan Aman

Sponsors Link

Dari sekian banyak jenis jerawat, salah satu jerawat yang paling berbahaya adalah jerawat nodul. Jerawat nodul adalah istilah medis untuk jerawat batu. Oleh karena itu, jerawat nodul memiliki ciri yang sama dengan ciri ciri jerawat batu. Jerawat nodul memiliki ukuran yang lebih besar dari jerawat pada umumnya dan terlihat menonjol di permukaan kulit. Berikut cara menghilangkan jerawat nodul yang bisa dilakukan:

Sponsors Link

Menghilangkan Jerawat Nodul Secara Medis

Cara medis biasanya ditempuh wanita dan pria yang ingin menghilangkan dengan cara yang cepat dan aman. Meski biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, hasil yang ditunjukkan dengan cara medis ini memuaskan. Tetapi jangan sembarangan membeli obat penghilang jerawat sembarangan. Pastikan Anda melakukan cara menghilangkan jerawat nodul secara medis atas pengawasan dokter. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Laser

Laser adalah salah satu cara menghilangkan jerawat yang paling populer. Anda bisa melakukannya di klinik kecantikan atau di dokter kulit. Cara kerja laser adalah menghancurkan sel jerawat dari dalam permukaan kulit dan membunuh semua bakteri penyebab jerawat. Pengobatan dengan laser biasanya harus dilakukan 2-3 kali hingga jerawat benar-benar sembuh dan hilang.

2. Tetrasilkin

Obat ini biasanya diresepkan oleh dokter kulit pada penderita kerawat nodul. Obat ini sangat ampuh untuk mengobati semua jenis jerawat nodular. Dosis yang diberikan dokter biasanya 500 mg dengan aturan minum berbeda, sesuai dengan tingkat keparah jerawat yang diderita.

3. Eritromisin

Sama seperti obat sebelumnya, obat ini tidak boleh dikonsumsi tanpa anjuran dari dokter. Cara kerja Eritromisin adalah membunuh bakteri penyebab jerawat nodul serta bekerja sebagai anit inflamasi untuk mencegah kemerahan dan peradangan pada area kulit sekitar jerawat.

Menghilangkan Jerawat Nodul Secara Alami

Selain dengan medis, cara menghilangkan jerawat nodul juga bisa dilakukan secara alami. Menghilangkan jerawat secara alami banyak dipilih wanita dan pria karena tidak ada bahan kimia sehingga tidak menimbulkan efek samping seperti metode medis kebanyakan. Bahan alami juga mudah didapatkan dan mudah didapatkan. Jerawat nodul bisa dihilangkan dengan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal dan yogurt bekerja sebagai eksfoliator yang akan mengikis sel kulit mati. Caranya adalah:

  • Ambil 1 sdt oatmeal yang dihaluskan dan yogurt secukupnya.
  • Campur kedua bahan hingga merata.
  • Oleskan ke daerah yang ditumbuhi jerawat nodul.
  • Diamkan hingga setengah kering, lalu pijat perlahan hingga masker rontok dari wajah.
  • Bilas dengan air hangat untuk membersihkan pori, lalu keringkan dengan handuk basah yang dicelup air dingin.
Sponsors Link

2. Bubuk Kayu Manis dan Madu

Kayu manis dan madu mengandung anti bakteri yang bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan menghaluskan kulit wajah. Caranya adalah:

  • Siapkan bubuk kayu manis secukupnya, campur dengan air hingga membentuk pasta.
  • Tambahkan madu secukupnya dan aduk sampai rata.
  • Oleskan campuran masker ke jerawat nodul.
  • Lakukan di malam hari, dan diamkan masker selama semalam.
  • Bilas masker di pagi hari dengan air hingga bersih.
  • Lakukan cara ini 3 kali seminggu sampai jerawat sembuh.

3. Teh Hijau dan Daun Kemangi

Teh hijau berfungsi sebagai anti oksidan yang akan mengeluarkan racun penyebab jerawat, sedangkan kemangi mampu membersihkan kulit hingga ke pori yang terdalam. Caranya adalah:

  • Siapkan ampas teh hijau dan daun kemangi secukupnya.
  • Rebus kedua bahan bersamaan dengan 100 ml air hingga mendidih.
  • Tunggu air sampai benar-benar dingin, lalu siapkan kapas yang bersih.
  • Celupkan kapas ke air rebusan teh dan daun kemangi.
  • Tempelkan kapas yang basah ke jerawat nodul, diamkan hingga semalaman.
  • Cuci wajah di pagi hari dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk yang dicelup air dingin.
ads

4. Tomat dan Madu

Manfaat tomat untuk jerawat sangat banyak karena tomat mengandung anti bakteri yang bisa menyembuhkan jerawat sekaligus mencerahkan dan membuat kulit tampak awet muda. Caranya adalah:

  • Siapkan 1 buah tomat matang, lalu haluskan.
  • Tambahkan madu secukupnya lalu aduk hingga menyerupai pasta kental.
  • Oleskan masker di seluruh wajah, tebalkan di area jerawat nodul.
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air.

5. Lemon dan Susu

Lemon adalah salah satu senjata paling ampuh untuk jerawat. Manfaat lemon untuk wajah berjerawat yaitu mampu membersihkan kulit, mengandung anti bakteri dan anti oksidan yang mampu mengobati jerawat. Sedangkan susu mampu mencerahkan wajah secara alami dan melembabkan kulit wajah. Cara menghilangkan jerawat nodul dengan lemon dan susu:

  • Siapkan 1/2 buah lemon segar, peras airnya.
  • Campurkan dengan susu secukupnya lalu aduk sampai rata.
  • Celupkan kapas bersih ke campuran masker, lalu tempelkan ke seluruh wajah.
  • Diamkan hingga kapas mengering, buang kapas.
  • Jangan bilas wajah dengan air, biarkan semalaman.
  • Bilas wajah dengan air hingga bersih keesokan harinya.

Menghilangkan Jerawat Nodul dari Luar

Cara menghilangkan jerawat nodul tidak hanya dengan cara medis dan alami saja. Ada beberapa cara perawatan secara eksternal atau dari luar yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat nodul. Cara tersebut adalah:

1. Uap wajah

Menguap wajah adalah salah satu cara menghilangkan jerawat ala korea yang wajib Anda coba. Uap wajah dapat membuka pori-pori dan membersihkan semua kotoran yang ada di wajah. Bakteri penyebab jerawat yang bisa menyebabkan jerawat juga bisa dihilangkan dengan cara ini. Caranya sangat mudah, yaitu didihkan air 500 ml. Lalu tambahkan 2 sdm garam laut, aduk hingga garam larut. Posisikan wajah 30 cm diatas air panas, lalu tutup kepala dengan handuk yang basah. Biarkan wajah diuap selama 3 menit, lalu angkat wajah dari atas air panas. Tepuk-tepuk ringan wajah sampai kering dan tidak terasa panas. Tutup pori kulit dengan handuk yang sudah dibasahi air dingin.

2. Detoksifikasi secara alami

Bahan-bahan alami tidak hanya baik sebagai masker jerawat saja, tetapi jika dikonsumsi secara teratur akan membuat kulit tampak lebih sehat dan bebas dari jerawat. Minum jus buah dan sayur untuk mengeluarkan racun dalam kulit dan tubuh secara alami. Jus yang baik dikonsumsi adalah jus mentimun, apel, bayam, apel hijau, dan jeruk. Meminum infused water juga baik untuk detoksifikasi kulit secara alami.

Sponsors Link

3. Banyak minum air putih

Cukup minum air setiap harinya tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara umum, tetapi juga untuk kecantikan kulit. Dengan asupan air yang cukup, kulit wajah aka terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembabannya. Minum setidaknya 8 gelas air putih atau 2 liter per harinya untuk menghindarkan kulit dari jerawat.

4. Rajin berolahraga

Olahraga tidak hanya membuat tubuh lebih sehat dan segara untuk beraktivitas saja. Dengan rutin berolahraga, pori-pori kulit akan terbuka dan semua kotoran yang ada di dalamnya akan keluar bersama dengan keringat. Selain itu rajin olahraga bisa membuat kulit lebih kencang dan awet muda.

Itulah berbagai cara menghilangkan jerawat nodul yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Menghilangkan jerawat memang membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama. Jangan menyerah ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 07th, November 2017 / 02:42 Oleh :
Kategori : Pengobatan