Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Jerawat Pada Anak Usia 11 Tahun Paling Alami

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang tak selalu menimpa kita yang mungkin sudah dewasa, namun jerawat juga bisa menyerang anak-anak yang masih berumur 11 tahun. Hal ini akan membuat sang anak mendapatkan  dampak psikologis akibat jerawat yang tidak mereka inginkan. Jenis jerawat yang menyerang anak usia remaja dan anak-anak adalah jenis acne vulgaris. Jenis jerawat ini biasanya berupa jerawat di wajah, jerawat di leher, jerawat di bahu, jerawat di punggung atas atau jerawat di dada.

Sponsors Link

Para dokter percaya bahwa jerawat yang tumbuh pada anak-anak berusia 11 tahun terajadi akibat pubertas dini dimana hormon androgen adrenal meningkat tajam. Namun pada umunya, jerawat yang muncul pada anak-anak usia 11 tahun adalah jerawat yang ringan. Apabila jerawat tersbeut parah, maka akan beresiko anak tersebut akan mengalami jerawat parah di kemudian hari.

Penyebab Jerawat Anak Usia 11tahun

Berikut adalah penyebab jerawat anak usia 11 tahun sebagai berikut :

  1. Sebum adalah zat yang terdapat pada kelenjar kulit paling dalam yang menacapai permukaan melalui pori-pori kulit. Hormon akan meningkat selam waktu pubertas dimana hal ini akan memicu kelenjar minyak meningkatkan produksi sebum
  2. Pori-pori yang timbul bersamaan dengan minyak berlebih, debu menyebabkan jerawat dan kuman akan membuatnya menjadi tersumbat
  3. Pada saat bersamaan, bakteri acnes yang tumbuh subur dengan minyak berlebih dapat menyebabkan peradangan
  4. Apabila pori-pori yang mengalami penyumbatan dekat dengan permukaan kulit yang mengalami paradangan akan menghasilkan komedo tertutup atau terbuka
  5. Plug yang meluas ke pori-pori dan terbentuk sedikit lebih dalam yang membesar akan menyebabkan peradangan sehingga menghasilkan papula dan jerawat nanah atau pastula
  6. Jika penyumbatan terdapat di lapisan kulit dalam sehingga membuat peradangan parah yang mengakibakan nodul dan kista

Cara Mengatasi Jerawat pada Anak Usia 11 Tahun

Berikut adalah cara yang dapat digunakan untuk cara menghilangkan jerawat pada anak usia 11 tahun :

  1. Menjaga kebersihan wajah anak agar jerawat hilang dengan cepat

Anak dapat diarahkan untuk mencuci wajahnya 2 kali secara rutin dengan sabun pencuci wajah yang ringan tanpa mengandung scrub. Namun, tetap perhatikan cara perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami agar jerawat hilang dengan cepat.

  1. Hindari memegang jerawat

Usahakan anak untuk tidak memegang atau menyentuh jerawat dengan tangan kotor. Sebab, tangan yang kotor merupakan media yang baik untuk pertumbuhan bakteri penyebab jerawat bahkan pada anak usia 11tahun.

  1. Banyak mengkonsumsi wortel

Wortel mengandung vitamin A dan beta-karoten yang berfungsi untuk mencegah jerawat sebab retinoid vitamin A sering dijadikan bahan dalam resep obat jerawat. Vitamin tersebut membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit akibat jerawat. Sedangakan beta-karoten mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sponsors Link

  1. Mengkonsumsi banyak zinc

Penelitian menguungkapkan bahwa apabila seseorang mnegkonsumsi 30 mg zinc selama dua kali seharu setiap satu bulan dan 30 mg sehari setelahnya akan berkhasiat mengurangi jerawat. Anak usia 11tahun dapat mengkonsumsi makanan yang bayak mengandung zinc seperti toram, kepiting atau lobster.

  1. Mengoleskan sari lemon

Kandungan asam yang tinggi pada buah lemon dapat digunakan untuk melawan bakteri pada jerawat. Selain itu, sari leom berkhasiat untuk mengobati luka, noda dan memperkecil tanda penuaan dini. Untuk itu, anak-anak perlu diarahkan untuk mengkonsumsi sari lemon.

ads
  1. Kompres dengan es batu

Anak-anak juga harus diarahkan untuk mengompres daerah jerawat yang terinfeksi dengan es batu selama tidak boleh dari 5 menit. Kompresan  ini akan memabntu menghialngakn peradangan di kulit,

  1. Mengganti sarung bantal

Ganti sarung bantal anak Anda setuap 2 atau tiga hari untuk melindungi dan memperbaiki kulit Anda. Bantal yang dipakai oleh anak Anda menyerap minyak alami wajah namun kembali menempel ke kulit ketika anak Anda tidur. Hal inilah yang menyebakan pertumbuahn bakteri di kulit Anda.

  1. Usahakan melakukan kebiasaan yang baik

Kemudian, yang tak kalah penting adalah mengarahkan anak Anda untuk menghindari kebiasaan penyebab jerawat dan menggantinya dengan kebiasaan yang baik. Seperti misalnya, mengarahkan anak Anda untuk jauh dari paparan sinar matahari langsung, menghindari makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus serta banyak mengkonsumsi sayuran anti jerawat seperti wortel, jeruk dan pisang yang mengandung banyak vitamin A dan C.

  1. Melakukan pengobatan alami

Jerawat pada anak usia 11 tahun juga dapat dihilangkan dengan pengobatan alami seperti menggunakan berbagai manfaat tomat untuk menghilangkan jerawatmanfaat putih telur untuk wajah berjerawat dan manfaat bahan alami yang lain.

  1. Tidur yang cukup

Usahakan anak Anda untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup, sebab tidur yang cukup akan membuat stres berkurang sehingga membuat produksi sebum atau minyak kulit menurun. Dengan menurunnya produksi sebum di wajah akan menghindarkan anak usia 11 tahun untuk terhindar dari jerawat yang sangat menganggunya.

Demikian cara menghilangkan jerawat pada anak usia 11 tahun.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan