Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Jerawat Parah pada Pria dan Penyebabnya

Sponsors Link

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang diderita hampir seluruh manusia di bumi dimana biasanya paling sering menyerang mereka yang menginjak masa remaja atau tengah mengalami pubertas. Meskipun intensitas waktunya lebih jarang, namun jangan dianggap jerawat hanya diderita oleh mereka yang masih remaja. Bahkan mereka yang masih anak-anak atau para orang tua yang sudah dinggapa dewasa pun dapat mengalaminya. Tak memandang usia pun tak mamandang jenis kelamin. Keberadaan jerawat yang sangat menganggu ini selain dialami oleh wanita juga dialami oleh pria. Nah, pada pembahasan kali ini, kita akam mengupas seputar cara untuk menghilangkan jerawat parah pada pria. Lets’read!

Sponsors Link

Pengertian jerawat

Jerawat adalah suatu benjolan yang terdapat di daerah anggota tubuh tertentu namun lebih sering menyerang daerah wajah dimana jerawat ini biasanya mengandung nanah dan darah. Hal ini terjadi akibat adanya kurang optimalnya kelenjar minyak kulit untuk mengeluarkan kelebihan minyak dari kulit wajah. Selain bisa menimbulkan rasa sakit, jerawat juga mengakibatkan dampak yaitu dampak psikologis penderita jerawat yakni kurangnya rasa percaya diri dan meningkatnya sifat minder yang akhirnya malah membuat seseorang cenderung untuk menutup diri. Bagi laki-laki, jerawat yang biasanya mereka alami mulai menyerang pada usia belasan tahun atau usia remaja. Bahkan yang diserang jerawat pada laki-laki bukan hanya pada daerah wajah seperti pada umunya tetapi juga sampai pada jerawat punggung dimana juga dapat menganggu kenyamanan si pria.

Penyebab Jerawat pada Laki- laki dan Pencegahan Timbulnya Jerawat

Berbicara soal gaya hidup dan kesehatan apalagi perawatan kulit, antara laki-laki dan perempuan sungguh sangat berbeda. Perempuan pada umumnya sangat peduli dan memperhatikan perawatan yang baik bagi kuliat wajahnya. Namun pria dianggap terkesan cuek dalam mengatasi perawatan wajahnya. Berikut adalah kebiasaan pria yang dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat:

  1. Paparan sinar matahari

Berbeda dengan perempuan yang selalu menjaga kulitnya, laki-laki memang cenderung kurang menjaga kesehatan kulit. Seperti saat kita menemui laki-laki yang asyik beraktivitas di luar rumah,bermain di bawah teriknya matahari tanpa memakai perlindungan seperti topi, payung, sunblock/sunscreen, pelembab tabir surya atau hal apapun yang menjaga kulit mereka. Kulit yang dibiarkan terpapar sinar matahari, polusi serta radikal bebas di luar seperti ini bukanlah sesuatu yang baik bagi siapapun.

Bahaya resiko jerawat akut akan timbul dan kanker kulit akan mengancam, muncul penuaan dini secara cepat dan yang paling menganggu kulit akan lebih rentan terkena jerawat. Karena apabila terpapar matahari langsung, wajahmu akan membuka pori-pori dan mengeluarkan banyak minyak untuk mengeluarkan panas serta melindungi wajahmu. Kulit yang kebanyakan minyak inilah yang akan membuat wajahmu mudah berjerawat. Maka dari itu sangat disarankan bagi kaum laki-laki agar minimal menggunakan sejenis krim sebagai pelindung antara kulit dan sinar matahari

  1. Caramencukur yang salah

Beberapa laki-laki menganggap bahwa tumbuhnya jenggot, kumis ataupun brewok adalah suatu keharusan dalam menunjang penampilannya. Hal ini memang sah sah saja tetapi kamu juga harus memperhatikan kebersihannya. Lebih baik jangan terlalu memanjangkan jenggot, kumis maupun brewok. Mengapa? Karena akan sulit dibersihkan. Rambut-rambut pada daerah wajah ini akan menjadi media subur paling baik bagi bakteri penyebab jerawat, kuman dan jamur. Jagalah kebersihannya dengan sering-sering mencukur.

Namun ingat ketahuilah cara mencukur rambut-rambut halus ini. Jangan mencukur rambutmu berlawana dengan pertumbuhan rambut karena dapat menimbulkan tumbuh rambut ke dalam yang   dapat menyebabkan jerawat. Gunakan selalu krim saat mencukur agar mengurangi iritasi dan mencegah kulit hitam di sekitar jenggot, kumis dan brewok.

  1. Hindari stres

Kita semua tahu bahwa stres bisa dialami oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Namu, mereka mempunyai cara yang berbeda dalam menyelesaikannya. Ketika sedang stres, perempuan cenderung mencari teman untuk membagi masalahnya dan meminta sebuah solusi. Dengan berbagi dan mendapatkan solusi, perempuan biasanya merasakan ada beban yang berkurang. Sedangkan laki-laki akan memilih diam dan memendam masalahnya. Hal inilah yang membuat stres berkepanjangan.

Stres akan mempengaruhi kekebalan tubuh dan keseimbangan hormon sehingga membuat wajah rentan terhadap jerawat. Maka dari itu carilah teman untuk menyelesaikan masalahmu bersama-sama. Jadi, kamu bisa mendapatkan solusi dan menyelamatkan wajahmu dari jerawat membandel.

  1. Jauhi begadang

Begadang memang hal yang paling difavoritkan oleh para laki-laki. Mereka tidak akan melewatkan malam tanpa begadang. Biasanya mereka begadang karena alasan nongkrong di warung kopi atau melihat tontonan bola. Tapi tahukah kamu bahwa waktu tidur malam hari adalah wakktu yang baik untuk kulit dalam melakukan regenerasi kulit. Regenerasi kulit adalah proses dimana kulit melepaskan sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru. Bila regenerasi ini tidak dapat berfungsi optimal maka jerawat akan mudah sekali menyerang. So, hindari begadang demi wajah yaang lebih aman.

Sponsors Link

  1. Jarang mandi

Menjaga kebersihan tubuh adalah faktor penting dalam mencegah datangnya jerawat. Kotoran dan debu pada wajahmu yang tidak segera kamu bersihkan akan menyumbat pori-pori dan kelenjar minyak yang akan menyebabkan jerawat. Selain itu, barang-barang di kamarmu seperti selimut dan bantal yang jarang kamu cuci akan menjadi sarang bagi jamur atau bakteri penyebab jerawat yang parah pada pria. Jadi mulailah mandi teratur 2 kali sehari dan membersihkan seluruh bagian kamarmu agar meminimalisir tumbuhnya jerawat di wajahmu.

  1. Kurangi rokok dan alkohol

Alkohol yang masuk dalam tubuh diketahui dapat mempengaruhi produksi hormon dan kandungan minyak berlebih sehingga wajah akan rentan terkena jerawat. Sedangkan rokok dapat meracuni dan membuat pembengkakan dalam darah. Kulit perokok juga cenderung kusam dan kering sehingga akan mudah sekali diserang jerawat. Mulai dari hari ini, kurangi atau bahkan berhenti untuk mengkonsumsi alkohol dan rokok supaya kulitmu tetap terjaga dari jerawat.

ads
  1. Barang-barang yang tak higienis

Hal ini seringkali diabaikan oleh para laki-laki adalah menggunakan barang-barang yang kurang higienis. Barang-barang tersebut bisa berupa laptop.

Cara menghilangkan jerawat parah pada laki-laki

Jerawat yang sangat mengganggu ini bisa kamu atasi dengan tindakan-tindakan atu dengan bahan alami tertentu. Kamu juga bisa memakai obat-obatan tertentu yang banyak dijual di pasaran. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati jerawat parah pada pria:

  • Rajin membersihkan wajah

Jerawat disebabkan oleh minyak berlebih yang diproduksi oleh wajah. Jika kamu tidak mengatasi wajahmu yang mengandung minyak berlebih maka sudah pasti jerawat akan mudah tumbuh. Kamu bisa mempelajari cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat supaya wajah kamu tetap terawat.  Dengan membersihkan wajah dengan cara benar menggunakan sabun atau pemebersih jerawat berarti kamu membersihkan sel kulit mati yang memnumpuk di wajah. Jika kamu sudah cocok dengan satu produk tertentu jangna pernah untuk menggantinya. Hal ini akan menyebabkan alergi kulit. Usahakan untuk membersihkan minimal 2 kali sehari salah satunya adalah pada saat menjelang tidur.

  • Jangan begadang

Usahakan hindari begadang karena pada waktu malam hari adalah waktu yang paling efektif dalam regenarsi kulit. Kulit akan lebih mudah melakukan penggantian dan membentuk kulit baru.

  • Gunakan es batu

Bagi laki-laki yang menderita jerawat parah, kamu bisa menghilangkan jerawat dengan manfaat es batu yang terbukti ampuh dan dapat kamu oleskan pada wajah setiap hari untuk meminimalisir jerawat ini. Kamu bisa mengkombinasikan es batu dengan bahan alami lainnya.

  • Gunakan lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tumbuhan yang banyka kahasiat dan manfaatnya. Salah satu fungsinya adalah untuk mengobati jerawat. Pilihlah lidah buaya yang masih muda atau yang berukuran besar, kupas kulitnya lalu oleskan ke wajah yang berjerawat. Selain memberi efek dingin, lidah buaya juga dapat menghilangkan bekas jerawat yang ada di wajah.

  • Gunakan lemon

Lemon bermanfaat untuk jerawat karena kandungan AHA yang dianggap cukup ampuh dan efektif dalam mengobati jerawat. Kamu bisa menggunakan perasan air lemon atau irisan lemon yang diusapkan secara langsung pada wajah. lakukan proses ini setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa membasuh muka setelah memakai lemon karena seringkali lemon membuat kulit kering. Namun, hindari penggunaan cara ini apabila kamu mengalami iritasi.

  • Gunakan pisau cukur yang aman

Ingat bahwa setipa kali kamu mencukur, pastikan untuk menggunakan pisau cukur yang bersih dan krim pencukur. Karena hal ini untuk menghindari tumbuhnya rambut ke dalam yang menyebabkan jerwat.

  • Gunakan lotion dan obat

Konsultasikan dengan dokter tentang lotion dan obat yang cocok untuk menyembuhkan jerawat. Kamu bisa menggunakan lotion yang mengandung benzoil peroksida atau obat bernama isotretinoin dan juga perawatan jerawat dengan menggunakan teknologi tinggi. Berikut adalah jenis obat yang digunakan untuk mengobati jerawat: Benzoil peroksida seperti Brevoxyl atau Triaz yang dapat membunuh bakteri dalam folikel yang dapat menyembkan timbulnya jerawat. Asam salisilat yang dapat membuka pori-pori tersumbat. Antibiotik topikal atau oral seperti Tretinoin, Azelac acid seperti Azelex yang dapat mengontrol tumbuhnya jerwat pada wajah. Serta Blocker androgen seperti Spironolactone yang dapat mengobati jumalah minyak pada wajah.

  • Gunakan bubuk cendana

Kamu bisa menggunakan campuran cendana dengan air mawar dan oleskan pada jerawat. Ini disinyalir dapat membantu menghilangkan jerawat.

Demikian adalah cara untuk menghilangkan jerawat parah pada pria. Perlu diingat bahwa kamu harus menghindari penyebab jerawat pada pria dan jangan segan untuk konsultasikan masalah jerawatmu kepada dokter yang berkualitas dalam menangani masalah jerawat. Kamu juga bisa rajin membaca cara mengatasi jerawat punggung untuk mengobati jerawat di punggung yang biasa terjadi pada pria.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 13th, November 2017 / 08:19 Oleh :
Kategori : Pengobatan