Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dan Bekasnya

Sponsors Link

Di antara banyaknya macam macam jenis jerawat yang ada, beberapa dapat dibilang mengkhawatirkan karena susah dihilangkan. Salah satunya adalah jerawat pasir parah yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab jerawat pasir, antara lain komedo yang sudah menumpuk dan membatu, serta menggerombol membentuk sekawanan jerawat. Jerawat jenis ini tentu harus segera dihilangkan untuk menghindari bahaya jerawat pasir yang mungkin terjadi yaitu iritasi dan kemerahan pada kulit serta bopeng pada kulit akibat jerawat. Bagaimana cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya secara total? Yuk kita simak tips berikut ini.

Sponsors Link

1. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk jerawat terletak pada gel-nya. Gel lidah buaya adalah agen anti bakteri alami yang mampu mencegah terjadinya peradangan dan iritasi pada jerawat. Menggunakan gel segar dari lidah buaya asli adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya. Oleskan langsung gel lidah buaya setiap malam sebelum tidur hingga jerawat pasir hilang.

2. Pepaya

Buah khas negara tropis ini kaya akan kandungan vitamin C dan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan untuk kulit. Rasakan manfaat pepaya untuk wajah berjerawat Anda dengan membuat masker dari buah pepaya. Masker ini akan secara ampuh menghilangkan jerawat pasir membandel di wajah tanpa meninggalkan bekas merah atau kehitaman. Gunakan masker pepaya secara rutin untuk menghilangkan jerawat pasir.

3. Putih Telur

Cara menghilangkan jerawat dengan masker putih telur sudah sangat dipercaya khasiatnya. Tidak hanya ampuh untuk jerawat, putih telur akan membuat wajah tampak lebih muda dan kencang, serta mengecilkan pori pori wajah yang besar. Rasa ditarik saat memakai masker adalah bagian dari proses mengencangkan wajah. Campurkan putih telur dengan madu dan jeruk nipis untuk menciptakan senjata yang ampuh dalam melawan jerawat.

4. Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis untuk jerawat pasir dan bekasnya terletak pada kandungan vitamin C yang melimpah. Tingginya kandungan vitamin C pada jeruk nipis memberikan rasa asam yang bekerja sebagai anti bakteri penghilang jerawat pasir membandel di wajah. Gunakan perasan air jeruk nipis sebagai kompres pada jerawat pasir setiap malam sebelum tidur.

5. Strawberry

Ada segudang manfaat yang bisa dirasakan jika Anda merawat wajah berjerawat dengan strawberry. Buah yang satu ini memang sangat terkenal mampu merawat kecantikan kulit. Rasa asam yang khas ternyata berasal dari kandungan vitamin C. Manfaat yang bisa dirasakan dari buah ini adalah meremajakan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan meregenerasi kulit dengan cepat.

6. Teh Hijau

Minum teh adalah kebiasaan sehat yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Di antara banyak jenis teh, teh hijau adalah teh yang kandungan anti oksidannya cukup besar. Setelah menyeduh teh, gunakan ampasnya untuk masker wajah yang ditumbuhi jerawat pasir. Di awal pemakaian mungkin akan terasa gatal karena teh sedang bekerja melawan bakteri dalam jerawat.

7. Bedak Beras

Bedak beras atau yang juga dikenal sebagai bedak dingin adalah resep tradisional dari nenek moyang untuk merawat kulit. Beras memiliki manfaat untuk merawat kulit seperti menjadikannya cerah alami dan menghentikan pertumbuhan jerawat. Buat bedak beras sendiri dengan cara merendam 100 gram beras selama beberapa jam, lalu haluskan dengan blender. Bedak beras aman untuk digunakan setiap hari.

8. Yogurt

Yogurt adalah produk fermentasi susu yang punya banyak manfaat jika digunakan sebagai masker kulit wajah. Manfaat yang dimiliki yogurt antara lain mencerahkan wajah secara alami, mengurangi tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus, serta membantu menyembuhkan jerawat. Kandungan bakteri baik yang hidup di dalam yogurt mampu melawan pertumbuhan bakteri pada jerawat pasir yang membandel.

9. Mentimun

Manfaat mentimun untuk jerawat memang tidak perlu diragukan lagi. Mentimun mampu menjadi astringent alami untuk kulit yang berminyak dan berjerawat. Fungsi dari astringent sendiri adalah untuk mengecilkan pori pori kulit wajah sehingga mencegah minyak berlebih dan menekan pertumbuhan jerawat. Mentimun juga bisa menghilangkan jerawat pasir di wajah.

Sponsors Link

10. Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C selain jeruk lemon dan jeruk nipis. Bahkan kandungan vitamin C pada buah tomat juga cukup tinggi lho. Rasa asam pada buah tomat adalah agen penghilang jerawat yang sangat ampuh. Oleh karena itu cara menghilangkan jerawat dengan masker tomat sudah sangat terkenal khasiatnya di kalangan wanita. Bahkan untuk jerawat pasir yang membandel sekalipun, tomat bisa menghilangkannya dengan cepat tanpa berbekas.

11. Lemon

Buah yang satu ini sudah terkenal ampuh untuk menghilangkan berbagai jenis jerawat yang membandel, termasuk jerawat pasir yang suka tumbuh dengan cara menggerombol. Manfaat lemon untuk jerawat yang sangat besar ini datang dari kandungan vitamin C pada buah ini yang sangat melimpah. Gunakan air perasan jeruk lemon yang sudah dicampur dengan air biasa untuk menghilangkan jerawat pasir. Proses ini membutuhkan kesabaran karena hasilnya membutuhkan sedikit waktu, namun akan hilang secara permanen.

12. Bengkuang

Bengkuang adalah buah yang dapat mengatasi hampir semua masalah kulit yang ada. Mulai dari wajah yang kusam dan tidak bercahaya karena terkena sinar matahari, bengkuang juga bisa menghilangkan flek dan noda hitam di wajah. Masker bengkuang dapat dibuat sendiri atau dibeli di toko toko kosmetik. Gunakan masker bengkuang sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu.

13. Kentang

Manfaat kentang yang jarang diketahui adalah kemampuannya untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Bahkan kentang punya khasiat yang sama besarnya dengan bengkuang lho. Selain masalah jerawat, kentang juga baik untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat dan kerutan garis halus di wajah tanda penuaan dini. Gunakan masker kentang secara rutin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat.

Sponsors Link

14. Jagung Muda

Jagung yang masih muda juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat pasir. Kandungan yang ada di dalam jagung muda sangat baik untuk menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dan aman. Bahkan, jerawat tidak akan meninggalkan bekas seperti kemerahan atau kehitaman di kulit.

15. Madu

Tidak perlu meragukan apa manfaat madu untuk jerawat. Madu adalah agen anti bakteri alami yang bisa menyembuhkan jerawat pasir dan bekasnya dengan aman. Pilih madu alami tanpa campuran bahan lain untuk mendapatkan kulit yang sehat. 

Itulah berbagai cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya secara alami. Menjaga kesehatan kulit memang penting untuk menghindari munculnya jerawat yang sangat parah. Selain merawat kulit, menerapkan gaya hidup sehat juga akan sangat berpengaruh. Menghindari makanan berlemak serta rajin olahraga adalah cara terbaik untuk menjauhkan kulit dari bahaya jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan