Sponsors Link

11 Cara Menghilangkan Jerawat Sampai Ke Akar-Akarnya (No.6 Wajib Coba)

Sponsors Link

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang, bahkan tidak mengenal umur dan jenis kelamin. Jerawat juga tumbuh tanpa dapat diprediksi sebelumnya. Selain itu, jerawat juga disebabkan oleh berbagai macam penyebab yang sangat beragam, mulai dari adanya perubahan hormon penyebab jerawat yang tidak stabil hingga kebersihan kulit yang tidak dijaga dengan baik. Hal-hal tersebut yang menyebabkan banyak sekali rekomendasi-rekomendasi cara menghilangkan jerawat, baik cara menghilangkan jerawat merah meradang atau membandel hingga cara menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya yang dapat anda coba dengan mudah.

Sponsors Link

Menggunakan Bahan Alami

Cara menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya yang pertama dapat anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah anda dapatkan, Beberapa bahan alami yang dipercaya efektif menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya diantaranya adalah:

  1. Lidah Buaya

Bahan alami pertama untuk menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya adalah lidah buaya. Bagi anda yang senang melakukan perawatan kulit dengan lidah buaya pasti sudah tidak asing lagi, berikut cara yang dapat anda lakukan:

  • Siapkan lidah buaya yang telah bersih dicuci.
  • Potong sebagian lidah buaya.
  • Oleskan gel lidah buaya pada jerawat di kulit anda secara berhati-hati.
  • Diamkan hingga gel lidah buaya mengering di kulit.
  • Bilas dengan air hingga bersih.
  1. Jeruk Nipis

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk jerawat adalah dapat mengeringkan jerawat secara efektif. Tetapi bagi anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya berhati-hati dan coba di kulit bagian lain terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada jerawat anda.

  • Siapkan jeruk nipis yang telah dicuci bersih.
  • Potong dan peras jeruk nipis tersebut.
  • Oleskan air perasan jeruk nipis pada jerawat anda.
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit dan bilas hingga bersih.
  1. Mentimun

Mentimun juga sudah tidak asing lagi didalam dunia perawatan kulit wajah, karena sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar mentimun. Walaupun begitu, sebenarnya anda dapat menggunakannya secara langsung seperti cara berikut.

  • Siapkan mentimun yang telah dicuci bersih.
  • Iris menjadi beberapa potongan tipis.
  • Tempelkan pada jerawat atau seluruh wajah anda.
  • Diamkan selam kurang lebih 20 menit.

Anda dapat pula menggunakannya sebagai masker dengan cara memarutnya atau memblender mentimun.

  1. Madu

Manfaat madu untuk jerawat juga bukan hal yang baru lagi, bahkan madu juga sering menjadi pelengkap bahan alami lainnya yang digunakan untuk menghilangkan jerawat. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada jerawat anda secara rutin dan merata agar jerawat hilang sampai ke akar-akarnya.

  1. Air Kelapa

Meminum air kelapa secara rutin juga baik bagi kesehatan kulit, terutama bagi anda yang ingin menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya. Tidak hanya untuk diminum,anda juga dapat menggunakannya secara langsung pada jerawat anda.

  • Siapkan air kelapa murni.
  • Rendam kapas dan peras kelebihannya.
  • Tempelkan kapas tersebut pada jerawat anda.
  • Biarkan selama semalaman dan bilas pada keesokan harinya.

Air kelapa dipercaya dapat menutrisi kulit dan menghidrasi kulit, sehingga dapat mengurangi peradangan pada jerawat.

  1. Daun Kemangi

Menggunakan daun kemangi untuk menghilangkan jerawat pasti masih terdengar asing di telinga anda. Ternyata daun kemangi memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, yang tentunya sangat efektif dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Bagaimana cara penggunaannya? Berikut cara yang perlu anda lakukan:

  • Siapkan daun kemangi yang telah dicuci bersih, air, kunyit, dan perasan air lemon.
  • Haluskan daun kemangi dan campurkan dengan bahan lainnya.
  • Oleskan pada wajah anda secara merata terutama pada bagian jerawat.
  • Diamkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya dengan bahan alami, selain menggunakan bahan alami ada beberapa cara lain pula yang perlu anda perhatikan.

Menghilangkan Jerawat dengan Rutinitas Sehari-hari

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya diantaranya adalah:

  1. Mencuci Wajah Secara Rutin

Anda juga perlu mencuci wajah secara rutin, minimal dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur. Anda juga perlu memperhatikan cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat dan gunakanlah produk pencuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit anda.

  1. Perawatan Skin Care

Menggunakan perawatan skin care setiap hari juga dapat membantu menjaga kulit anda agar terhindar dari masalah jerawat, terutama saat anda berupaya untuk menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya.

  1. Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga penting saat proses menghilangkan jerawat karena penyebab jerawat yang sangat beragam dan tidak terduga. Anda perlu mengatur pola makan dan tidur dengan baik, akan lebih efektif lagi jika anda dapat melakukan olahraga secara rutin.

  1. Obat Jerawat

Menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya juga dapat dibantu dengan menggunakan obat jerawat. Banyak sekali obat jerawat yang dapat anda temui dipasaran, salah satunya yang dipercaya efektif adalah benzoil peroksida atau asam salisilat.

  1. Konsultasi Dokter

Cara menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya yang terakhir adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter kulit, sehingga anda dapat mendapatkan perawatan maupun obat yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan jerawat anda.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.