Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Bekas Secara Alami Paling Cepat

Sponsors Link

 

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang tak dapat dipungkiri sangat mengganggu penampilan dan dapat membuat setiap orang merasakan dampak psikologis akibat jerawat. Nah, yang palingmenyebalkan adalah ketika jerawat hilang, jerawat tersebut akan meninggalkan bekas yang membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan. Nah, apakah anda ingin mengetahui cara menghilangkan jerawat sehingga nantinya jerawat tidak meninggalkan bekas? Jika jawabannya ‘ya’, maka simak informasi dibawah ini.

Penyebab Jerawat Meninggalkan Bekas

Sebelum anda melihat berbagai macam cara menghilangkan jerawat tanpa bekas, maka ada baiknya jika anda terlebih dahulu faktor-faktor yang menyebabkan jerawat dapat menimbulkan bekas. Nah, berikut ini merupakan penyebab jerawat meninggalkan bekas.

  • Memencet Jerawat. Ini merupakan faktor utama mengapa jerawat dapat meninggalkan bekas. Terkadang memang ada rasa gemas ketika kita mendapat jerawat di kulit kita. Namun, pastikan bahwa anda mampu meredam keinginan untuk menyentuh jerawat karena menyentuh jerawat sama saja dengan memindahkan bakteri dari tangan ke jerawat. Hasilnya, anda akan mengalami bahaya memencet jerawat, yaitu dapat membuat jerawat menjadi pecah, yang tentu saja akan meninggalkan bekas jerawat.
  • Faktor Genetik. Faktor genetik juga merupakan salah satu faktor penyebab jerawat meninggalkan bekas. Jika anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki kulit berminyak, maka jerawat di kulit anda akan rentan mengalami peradangan yang akan meninggalkan bekas karena minyak jika berinteraksi dengan jerawat akan menyebabkan peradangan.
  • Kurang Menjaga Kebersihan. Salah satu faktor lain penyebab jerawat meninggalkan bekas adalah kurangnya menjaga kebersihan. Nah, ketika anda tidak sering mencuci kulit, maka bakteri, kotoran, dan debu yang menempel di kulit anda akan membuat jerawat anda meradang dan meninggalkan bekas di kemudian hari.
  • Penggunaan Kosmetik. Ketika anda memiliki jerawat aktif di kulit, maka sebaiknya anda mencermati kosmetik yang anda pilih. Beberapa kosmetik terkadang akan menutup pti-poti kulit yang akan menyebabkan jerawat tak bisa bernapas. Hal ini akan membuat jerawat meradang dan meninggalkan bekas di kemudian hari. Jika sudah begitu, segera aplikasikan cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik.
  • Sinar Matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan akan membuat jerawat anda mengalami hiperpigmentasi yang tentu saja akan menyebabkan jerawat menjadi meradang dan menimbulkan bekas jerawat berwarna hitam. Oleh karena itu, segera aplikasikan cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Nah, setelah anda mengetahui beberapa penyebab jerawat dapat meninggalkan bekas, maka selanutnya anda dapat melihat berbagai macam cara menghilangkan jerawat alami tanpa meninggalkan bekas. Berikut ini ulasannya.

1. Madu

Agar jerawat yang menmpel di kulit anda dapat menghilang tanpa bekas, maka bahan herbal seperti amdu merpakan salah satu solusi yang paling ampuh. Nah, mengapa harus menggunakan madu? Berikut ini beberapa manfaat masker madu untuk jerawat  serta cara menghilangkan jerawat dengan madu.

  • Madu ini berisfat asam, sehingga dapat berperan sebagai anti-inflamasi yang tentu saja akan mencegah peradangan jerawat. Seperti yang telah kita ketahui, keika jerawat meradang, maka semakin besar kemungkinan jerawat meninggalkan bekas.
  • Madu merupakan sumber antibiotik dan antibakteri alami, sehingga akan membantu untuk membunuh berbagai macam bakteri penyebab jerawat. Maka jangan heran jika jerawat aktif di kulit anda menjadi cepat mengering dan menghilang dari kulit anda tanpa meninggalkan bekas.
ads

Cara menghilangkan jerawat alami tanpa bekas menggunakan madu

  • Pertama-tama siapkan madu murni terlebih dahulu.
  • Kemudian, oleskan madu murni tersebut secara lembut dan dengan gerakan memijat di area kulit anda yang terdapat bekas jerawat.
  • Akan lebih baik jika anda mengaplikasikan madu ini pada malam hari sebelum anda tidur. Nah, pada pagi harinya, baru anda mencuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Oleskan masker madu secara rutin sehari sekali sebelum tidur untuk hasil yang maksimal. Setelah jerawat memudar, maka anda dapat tetap menggunakan masker madu agar kesehatan kulit anda terjaga.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Madu dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Madu

2. Tomat

Membicarakan cara menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas jerawat tidak akan lengkap jika tidak menyebut tomat. Ya, tomat merupakan salah satu bahan alami paling ampuh untuk menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas. Nah, berikut ini beberapa manfaat masker tomat untuk wajah berjerawat dan cara alami mengatasi jerawat dengan tomat.

  • Tomat mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak secara cepat, sehingga tidak heran jika jerawat di kulit anda akan sangat cepat menghilang dari kulit anda tanpa meninggalkan bekas.
  • Tomat mengandung Vitamin A,C,E, K, B1, B2, B3, dan B6. Nah, vitamin-vitamin tersebut memiliki manfaat masing-masing untuk mengatasi masalah jerawat di kulit anda. Karena tomat memiliki semua vitamin tersebut, maka jerawat anda akan sangat cepat menghilang dari kulit anda.

Cara menghilangkan jerawat alami tanpa meninggalkan bekas menggunakan tomat

  • Siapkan 1 buah tomat, kemudian anda dapat menumbuk tomat tersebut dengan cara tradisional atau memasukkan tomat ke dalam blender.
  • Nah, sesudah teksturnya lembut, maka anda dapat mengoleskan tomat tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat aktif. Anda harus mengoleskannya dengan lembut.
  • Setelah itu, diamkan masker tomat tersebut di kulit anda selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker ini secara rutin setiap hari.

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Jerawat dengan Tomat dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tomate

3. Jeruk Nipis

Keampuhan jeruk nipis untuk mengatasi berbagai macam masalah jerawat sudah tak bisa diragukan lagi. Jeruk nipis memiliki berbagai macam kandungan yang akan mengeringkan jerawat dengan cepat, tanpa meninggalkan bekas jerawat. Nah, berikut ini merupakan berbagai manfaat jeruk nipis untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis.

  • Jeruk nipis memilik kandungan Vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat memicu produksi kolagen kulit yang akan menghaluskan kulit serta dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat.
  • Asam sitrat pada jeruk nipis dapat berperan sebagai eksfoliate agent yang akan menyingkirkan segala faktor penyebab jerawat meradang seperti debu, kotoran, dan bakteri dari pori-pori kulit anda.

Cara menghilangkan jerawat alami tanpa bekas dengan menggunakan jeruk nipis

  • Pertama, siapkan 12 buah jeruk nipis dan sedikit air. Nah, kemudian campur air perasan jeruk nipis ke dalam air, kemudian aduk hingga tercampur merata.
  • Dengan bantuan kapas atau dengan menggunakan jari, oleskan campuran ini ke area kulit anda yang terkena jerawat dengan gerakan memijat secara lembut.
  • Diamkan hingga jeruk nipis mengering di kulit anda, selama 30 menit.
  • Setelah itu, cuci kulit anda dengan menggunakan air dingin, dan keringkan dengan segera.
  • Ada gunanya anda menggunakan pelembab setelah memakai jeruk nipis.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

4. Es Batu

Saat anda mendapati terdapat jerawat yang masih aktif menempel di kulit anda, maka anda dapat mencegah peradangan pada jerawat di kulit anda dengan menggunakan es batu. Nah, mengapa menggunakan es batu? Efek dingin yang akan dirasakan kulit saat anda menggunakan es batu akan meredam peradangan pada jerawat, karena es batu memang memiliki efek anti-inflamasi jika diaplikasikan ke kulit anda.

Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu sekaligus cara jerawat yang masih aktif dengan es batu? Anda sebaiknya jangan langsung menempelkan es batu pada kulit anda. Gunakan kain bersih atau handuk untuk membungkus es batu. Nah, setelah itu, tempelkan kain bersih atau handuk berisi handuk tersebut ke area kulit anda yang terkena jerawat. Namun yang patut diingat adalah jangan menempelkan dengan menekan kulit anda, karena nanti kulit anda menjadi terluka dan jerawat anda justru akan meradang.

Baca Juga: Manfaat Gula untuk Menghilangkan Jerawat dan Manfaat Kopi Untuk Wajah Berjerawat

5. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki berbagai sifat dan nutri yang diperlukan kulit anda untuk menghilangkan jerawat secara seketika tanpa meninggalkan bekas. Nah, apa saja manfaat lidah buaya untuk jerawat dan bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya? Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • Lidah buaya merupakan healing agent yang sudah sangat terkenal di dunia medis, sehingga lidah buaya ini mampu menghilangkan jerawat di kulit anda secara cepat tanpa meninggalkan bekas jerawat.
  • Lidah buaya memiliki kandungan polisakarida dan giberelin yang berperan sebagai agen antibakteri sehingga dapat membunuh berbagai bakteri penyebab jerawat. Hasilnya, jerawat akan cepat mengering dan menghilang dari kulit anda.

Cara menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas menggunakan lidah buaya

  • Pertama, siapkan 1 buah tanaman lidah buaya. Kemudian, potong bagian ujung dari lidah buaya sehingga nanti akan terdapat semacam gel yang keluar dari bagian dalam lidah buaya tersebut.
  • Oleskan gel pada lidah buaya ke area kulit anda yang terdapat jerawat aktif dengan lembut.
  • Biarkan hingga gel lidah buaya tersebut mengering. Setelah mengering, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda disarankan menggunakan lidah buaya ini sehari sekali secara rutin hingga jerawat anda menghilang.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya dan Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

6. Pasta Gigi

Selain dapat digunakan untuk menyehatkan dan memutihkan gigi anda, tahukah anda bahwa ternyata pasta gigi dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat tanpa bekas? Jika belum tahu, maka berikut ini beberapa manfaat pasta gigi untuk jerawat di kulit dan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi.

  • Pasta gigi mengandung triclosan dan hidrogen peroksida yang berperan sebagai agen antibakteri yang dapat membunuh berbagai macam bakteri penyebab jerawat.
  • Pasta gigi juga mengandung silika yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga akan sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan jerawat serta dapat mencegah timbulnya bekas jerawat di kemudian hari.

Cara menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas menggunakan pasta gigi

  • Sebelum menggunakan pasta gigi, sebaiknya anda mencuci kulit anda terlebih dahulu dengan menggunakan sabun wajah pilihan anda.
  • Setelah itu, keringkan kulit anda dengan menggunakan pasta gigi.
  • Kemudian tuangkan pasta gigi pada jari anda, dan setelah itu oleskan pasta gigi tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat,
  • Biarkan pasta gigi di kulit anda selama 1 hingga 2 jam.
  • Setelah itu cuci kulit anda dengan menggunakan air dingin dan keringkan.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat mengulangi cara ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi dan Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Pasta Gigi

Sponsors Link

7. Bawang Putih

Untuk menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas jerawat, maka cara yang patut untuk anda coba adalah dengan menggunakan bawang putih. Nah, apa sajakah manfaat bawang putih untuk jerawat serta bagaimanakah cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih? Berikut ini informasinya.

  • Bawang putih memiliki sifat komplit yang dibutuhkan untuk menghilangakn jerawat dengan cepat, yaitu adalah sifat antibakteri, antivirus, antimikroba, dan antijamur, dan antiseptik alami yang akan secara cepat membasmi berbagai bakteri penyebab jerawat.
  • Bawang putih memiliki kandungan sulfur bernama thiacremonon yang berperan sebagai drying agent atau agen pengering yang dapat membuat jerawat aktif di kulit anda menjadi cepat kering dan hasilnya, jerawat akan menghilang tanpa meninggalkan bekas.

Cara menghilangkan jerawat tanpa bekas menggunakan bawang putih

  • Siapkan 3 hingga 4 siung bawang putih, kemudian tumbuk halus bawang putih tersebut. Setelah itu, campur dengan sedikit air.
  • Setelah itu, oleskan bawang putih tersebut ke area kulit anda yang tedapat jerawat yang masih aktif.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit di kulti anda. Setelah itu segera cuci kulit anda dengan menggunakan air besih dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Anda dapat menggunakan masker bawang putih ini sekali sehari secara rutin hingga jerawat di kulit anda mengempis dan menghilang.

Baca Juga: Bahaya Bawang Putih untuk Jerawat dan Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bawang Putih

8. Daun Pepaya

Jika anda termasuk orang yang tidak menyukai rasa dari daun pepaya yang snagat pahit, maka jangan terburu-buru menghindari sayuran yang satu ini. Nah, mengapa demikian? Ternyata daun pepaya memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas jerawat. Berikut ini beberapa manfaat pepaya untuk wajah berjerawat .

  • Daun pepaya memiliki kandungan papain yang akan sangat bermanfaat sebagai agen anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-mikroba yang akan secara ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat.
  • Daun pepaya memiliki kandungan beta-karoten yang akan memicu regenerasi sel kulit dan memicu pembentukan sel kulit baru, sehingga akan menghilangkan jerawat di kulit anda dengan cepat serta dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam.

Cara menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas menggunakan daun pepaya

  • Siapkan 4 helai daun pepaya, kemudian tumbuk halus daun pepaya tersebut hingga teksturnya menjadi halus. Campurkan dengan sedikit air agar bisa dijadikan sebagai masker.
  • Kemudian anda dapat mengoleskan daun pepaya tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat aktif.
  • Setelah itu diamkan daun pepaya tersebut di kulit anda selama 5 menit saja dan segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan daun pepaya ini sekali setiap hari hingga jerawat di kulit anda menghilang sepenuhnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Mengatasi Jerawat

Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Meninggalkan Bekas

Setelah anda mengetahui berbagai macamcara menghilangkan jerawat alami tanpa meninggalkan bekas, maka sekarang saatnya anda utnuk mengetahui berbagai tips pendukung yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat yang tidak meninggalkan bekas jerawat di kemudian hari. Penasaran bagaimanakah tips-tips tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

  • Perbanyak Meminum Air Mineral. Meminum air mineral merupakan cara yang snagat simpel, namun memiliki peran yang penting bagi kesehatan kulit anda, terutama untuk mengatasi masalah jerawat. Dengan mengkonsumsi air mineral dengan, maka segala toksin dan zat beracun dalam tubuh yang dapat menyebabkan jerawat dapat dikeluarkan melalui tubuh anda.Maka tak heran jika meminum air dapat digunakan sebagai tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat.
  • Konsumsi Makanan Yang Tepat. Nah, salah satu hal yang dapat jerawat aktif anda mengalami peradangan dan menimbulkan bekas jerawat adalah makanan yang tidak tepat. Jika anda terus menerus mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan berminyak, makanan pedas, dan makanan pedas, maka tentu saja produksi minyak di kulit anda menjadi bertambah dan jika minyak ini berinteraksi dengan jerawat di kulit, maka peradangan jerawat akan terjadi. Oleh karena itu, konsumsi makanan penghilang jerawat seperti sayuran dan buah-buahan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran)
  • Hindari Stress. Jika anda mengalami stress, maka ketidakseimbangan jenis-jenis hormon penyebab jerawat akan terjadi di dalam tubuh anda dan produksi sebum akan meningkat dengan drastis. Hal ini akan memicu peradangan jerawat jika jerawat yang masih aktif di kulit anda berinteraksi dengan minyak. Oleh karena itu, kendalikan rasa stress anda dan lebih baik jika anda meluangkan waktu untuk melakukan hobi anda dan berolahraga, sesibuk apapun hari yang anda hadapi.
  • Lindungi Kulit Wajah. Ketika anda akan bepergian, sebaiknya selalu lindungi wajah anda dengan menggunakan sunscreen atau masker. Nah, mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika anda bepergian, maka sinar UVA dan UVB akan membuat jerawat anda mengalami hiperpigmentasi dan hal ini akan membuat jerawat meradang dan menghitam. Selain itu, masker akan bermanfaat untuk mencegah debu menyebabkan jerawat, kotoran, dan polusi lain yang berpotensi menempel di kulit wajah dan menyebabkan peradangan jerawat.
  • GunakanKosmetik Yang Tepat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, faktor kosmetik yang tidak tepat akan membuat jerawat mengalami peradangan.Seringkali kosmetik justru akan menutup pori dan menyebabkan jerawat tak bisa bernapas. Hasilnya, jerawat akan mengalami peradangan. Oleh karena itu, ada baiknya anda melihat daftar kosmetik untuk jerawat dan menggunakan bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat.

Baca Juga Rtikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi berbagai macam cara menghilangkan jerawat tanpa bekas secara alami serta tips-tipsnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jangan lupa terapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan