Sponsors Link

12 Cara Menghilangkan Jerawat yang Tak Kunjung Hilang (Wajib Baca)

Sponsors Link

Mengalami masalah jerawat yang tak kunjung hilang pasti sangat menjengkelkan, terlebih lagi dengan dampak psikologis akibat jerawat yang di timbulkan seperti menghilangnya kepercayaan diri untuk beraktvitas diluar ruangan. Oleh sebab itu, banyak sekali rekomendasi cara-cara menghilangkan jerawat yang tak kunjung hilang baik dengan obat maupun bahan alami. Lalu bagaimana sebenarnya cara menghilangkan jerawat yang tak kunjung hilang? Berikut ini ada beberapa cara yang perlu anda perhatikan:

Sponsors Link
  1. Rajin Mencuci Muka

Cara menghilangkan jerawat yang tak kunjung hilang yang pertama adalah rajin mencuci muka. Cucilah muka minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun muka yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa, karena jika anda menggunakan sabun muka dengan banyak busa justru dapat membuat kulit kering dan jerawat semakin sulit dihilangkan. Perhatikan pula cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat agar jerawat yang tak kunjung hilang dapat lebih cepat dihilangkan.

  1. Diet Rendah Lemak dan Karbohidrat

Penyebab munculnya jerawat dapat disebabkan karena konsumsi makanan yang salah, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak atau berlemak tinggi. Makanan-makanan tersebut dapat mempengaruhi produksi minyak di kulit yang kemudian dapat memicu munculnya jerawat. Anda dapat menggantinya dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

  1. Hindari Stress

Penyebab utama munculnya jerawat dipercaya adalah karena faktor keseimbangan hormon yang tidak stabil. Hormon penyebab jerawat dapat disebabkan karena anda terlalu banyak pikiran atau dalam keadaan stress. Oleh sebab itu, cara menghilangkan jerawat yang tak kunjung hilang selanjutnya adalah dengan menghindari stress.

  1. Hidup Sehat dan Teratur

Cara menghilangkan jerawat yang tak kunjung hilang selanjutnya adalah dengan mengatur hidup sehat dan teratur. Lakukanlah olahraga minimal 3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Selain itu, anda juga perlu mengatur waktu tidur yang cukup, dan menghindari begadang. Karena begadang dapat mengganggu proses penyembuhan jerawat, serta memperlambat regenerasi kulit, sehingga jerawat akan semakin sulit dihilangkan.

  1. Gunakan Kosmetik Secukupnya

Saat anda mengalami jerawat yang tak kunjung hilang, maka sebaiknya anda menggunakan kosmetik atau makeup secukupnya saja. Hal ini dikarenakan sisa-sisa makeup yang menempel pada kulit maupun jerawat nanti dapat menyumbat pori-pori kulit maupun memicu terjadinya peradangan atau infeksi pada jerawat karena kulit kotor dan adanya perkembangan bakteri. Selain itu, hindari pula penggunaan kosmetik dengan bahan dasar minyak seperti foundation, BB Cream, maupun bedak padat yang dapat membuat kulit wajah terlalu berminyak.

  1. Hindari Polusi Udara

Polusi udara atau debu juga dapat menyebabkan jerawat susah dihilangkan, dan bahkan dapat memicu timbulnya jerawat lebih banyak lagi. Oleh sebab itu, anda harus menghindari polusi udara saat kulit wajah anda sedang mengalami jerawat. Tidak hanya saat berjerawat saja, tetapi saat tidak berjerawat juga perlu dihindari karena debu, polusi, maupun kotoran yang menempel pada kulit dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat.

  1. Hindari Hal-Hal yang Memacu Kelenjar Minyak

Produksi minyak berlebih pada kulit wajah akibat kelenjar minyak bekerja di atas batas normal juga menjadi penyebab munculnya jerawat. Ketika kelenjar minyak bekerja terlalu keras maka produksi minyak di wajah akan berlebih dan dapat memicu tersumbatnya pori-pori, sehingga akan memicu timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, anda perlu menghindari hal-hal yang dapat memacu kelenjar minyak seperti mengkonsumsi alkohol, makanan pedas, maupun rokok.

  1. Hindari Memegang Wajah Terlalu Sering

Cara menghilangkan jerawat yang tak kunjung hilang selanjutnya adalah dengan menghindari memegang atau menyentuh wajah terlalu sering. Hal ini disebabkan karena kondisi tangan yang sewaktu-waktu dapat dalam kondisi kotor, sehingga bakteri atau kotoran di tangan dapat menempel pada wajah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan menyebabkan jerawat semakin sulit untuk dihilangkan. Terlebih lagi memegang wajah terlalu sering juga dapat menyebabkan wajah menjadi berminyak.

  1. Hindari Memencet Jerawat

Selain menghindari memegang wajah terlalu sering, anda juga perlu menghindari untuk memencet jerawat. Memang banyak anggapan jika jerawat pecah maka jerawat akan cepat kering dan hilang, anggapan ini memang ada benarnya tetapi bukan dengan cara memecahkan jerawat secara sengaja. Memecahkan jerawat dengan sengaja justru dapat membuat infeksi dan jerawat semakin parah, belum lagi cairan yang keluar dari jerawat yang dipecahkan secara sengaja dapat memicu timbulnya jerawat lebih banyak lagi. Oleh sebab itu, jangan pernah memencet jerawat anda sembarangan.

  1. Melakukan Pengobatan

Jerawat yang tak kunjung hilang juga dapat diatasi dengan melakukan pengobatan. Pengobatan yang dilakukan biasanya akan didasarkan pada cara mengurangi produksi minyak berlebih, melawan dan membasmi infeksi bakteri, mempercepat proses regenerasi kulit, hingga mengurangi peradangan pada jerawat. Banyak sekali obat jerawat yang dapat dengan mudah didapatkan di apotek, beberapa obat jerawat yang dapat anda gunakan adalah Retinoic Acid, Benzoil Peroksida, hingga obat antibiotik. Tetapi dalam melakukan pengobatan anda juga perlu berhati-hati, konsumsilah sesuai intruksi pemakaian maupun dengan resep dokter.

  1. Gunakan Bahan-Bahan Alami

Selain menggunakan obat jerawat, anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami dapat mengobati atau menghilangkan jerawat yang tak kunjung sembuh. Bahan-bahan alami seperti manfaat minyak zaitun untuk jerawat, manfaat madu untuk jerawat, manfaat jeruk nipis untuk jerawat, dan lain sebagainya dapat anda coba dan gunakan secara rutin setiap harinya pada jerawat di wajah anda. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami tersebut sebagai masker wajah, maupun hanya dioleskan pada jerawat nya saja.

  1. Konsultasi Dokter

Cara menghilangkan jerawat yang tak kunjung hilang selanjutnya adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter, sehingga dapat dilakukan penanganan dan pengobatan yang lebih aman dan jelas.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat yang tak kunjung hilang, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu anda yang sedang menghadapi masalah jerawat yang tak kunjung hilang.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.