Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Jerawat yang Tidak Bisa Pecah Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Jerawat yang tidak bisa pecah disebut juga dengan jerawat kista. Jerawat ini berbeda dengan tipe jerawat lain yang bisa mengering dan pecah sendiri. Jerawat kista tidak bisa pecah dan akan tertinggal lama di dalam kulit. Untuk menghilangkan jerawat ini juga tidak mudah karena karakter jerawat yang akan meninggalkan luka dan infeksi apabila dipaksa untuk dipecah. Jenis jerawat ini paling banyak ditemukan pada remaja dengan berbagai sebab seperti iritasi kulit karena pemakaian kosmetik, remaja putri yang masuk masa subur dan kebiasaan tidak membersihkan wajah dengan baik.

Sponsors Link

Apa itu Jerawat Kista?

Jerawat kista atau jerawat yang tidak bisa pecah atau jerawat batu berbeda dengan jenis jerawat lain, termasuk salah satu jerawat parah yang bisa mengganggu penampilan. Jerawat ini berada di bagian dalam jaringan kulit sehingga menyebabkan tidak ada bagian kepala jerawat yang bisa keluar dari bagian kulit. Pada awalnya jerawat ini disebabkan karena infeksi yang terjadi dari dalam kulit, kemudian akan mengikis terus bagian dalam kulit dan menyebabkan infeksi yang lebih lanjut. Kista pada bagian dalam kulit ini sebenarnya berisi cairan dan akan terasa sakit apabila disentuh. Jadi jerawat ini membutuhkan perhatian ekstra karena tidak bisa sembuh sendiri.

Bagaimana Cara Perawatan Jerawat yang Tidak Bisa Pecah?

Jerawat kista menjadi jenis jerawat yang cukup serius sehingga membutuhkan perawatan ekstra. Beberapa orang bisa memiliki jerawat ini dalam ukuran yang lebih besar. Hal ini biasanya disebabkan karena jerawat mengalami peradangan pada bagian dalam. Benjolan merah akan terlihat dibagian jerawat namun tidak mudah untuk mengeluarkan jerawat tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mempercepat pecahnya jerawat kista.

1. Masker Baking Soda

Jika Anda pernah mendengar masker baking soda untuk merawat jerawat maka itu memang bisa dilakukan. Baking soda yang biasanya digunakan untuk membuat kue mengandung bahan aktif meredakan infeksi jerawat yakni antiseptik dan anti inflamasi. Selain itu bahan baking soda juga bisa membuat keseimbangan pH dalam kulit, membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus serta bisa membantu menurunkan produksi minyak serta menjadi pembersih wajah alami yang cukup populer.

  • Cara : Campurkan 1 hingga 2 sendok baking soda dengan air bersih, aduk hingga menjadi pasta kemudian gunakan untuk masker tipis pada wajah yang berjerawat. Biarkan hingga kering kira-kira 15 menit kemudian bersihkan wajah dengan air dingin. Jangan lupa untuk memakai pelembab setelah wajah Anda bersih.

2. Masker Teh

Masker teh adalah salah satu jenis masker untuk kulit berjerawat yang sangat ampuh. Anda bisa menggunakan teh serbuk baik bubuk teh hitam, merah maupun hijau. kandungan alami yang ditemukan dalam teh bersifat membunuh bakteri dalam jerawat. Anda bisa memakai bubuk teh sebagai masker karena semua senyawa bisa meresap ke bagian kulit, membuka pori-pori dan membantu mengeringkan noda jerawat. Setelah beberapakali memakai masker dari bubuk teh maka Anda bisa melihat bagian jerawat kista yang mulai keluar dari bagian dalam kulit.

ads

3. Masker Putih Telur

Salah satu rahasia putih telur adalah karena mengandung riboflavin dan protein yang sangat baik untuk menyembuhkan jerawat batu atau jerawat kista. Putih telur juga bermanfaat memberikan nutrisi untuk kulit sehingga kulit menjadi lebih lembut dan sehat.

  • Cara : Ambil 3 butir telur ayam kampung kemudian pisahkan bagian putih dan kuningnya. Gunakan bagian putih telur untuk masker wajah hingga merata. Biarkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat. Anda bisa menggunakan cara ini aktif selama dua hari sekali (Baca juga : Cara membuat masker putih telur).

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa menjadi minyak organik yang diproduksi asli dari kelapa. Anda bisa menemukan jenis minyak ini di berbagai toko yang menyediakan minyak kelapa sebagai minyak sayur. Minyak kelapa bisa mengobati jerawat karena berfungsi sebagai agen penyerapan dan membantu membasmi bakteri pada jerawat. Karena itulah produk ini sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat kista.

  • Cara: Ambil kapas yang bersih kemudian berikan satu atau dua tetes minyak kelapa. Terapkan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan hingga empat atau lima jam kemudian bilas dengan air hangat. Terapkan pelembab setelah proses ini.

5. Gel Aloe Vera

Apakah Anda memiliki tanaman aloe vera? Anda bisa menggunakan gel aloe vera sebagai obat jerawat batu yang menjengkelkan. Gel dalam aloe vera yang berwarna bening cerah memiliki sifat sebagai anti inflamasi. Selain itu gel akan membuat bagian jerawat menjadi dingin dan segar. Karena itulah jerawat batu bisa pecah dengan bantuan gel aloe vera.

  • Cara: Ambil beberapa potong daun aloe vera yang masih segar, kupas kulit luarnya hingga Anda menemukan gel yang berbentuk putih. Setelah itu lembutkan gel aloe vera dan gunakan sebagai masker. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk wajah secara merata. Lakukan perawatan selama seminggu tiga atau empat kali.

6. Masker Mangga

Mangga memang manis dan menyegarkan. Namun Anda juga bisa menggunakan mangga sebagai masker untuk obat jerawat batu. Mangga mengandung senyawa yang bisa melembutkan bagian kulit berjerawat yang biasanya sangat keras. Kemudian secara perlahan vitamin dan semua senyawa dari mangga akan diserap oleh kulit. Karena itulah jerawat batu bisa lebih lemah dan mudah untuk dikeluarkan.

  • Cara : Ambil beberapa buah mangga yang masih segar dan matang kemudian ekstrak daging buahnya menjadi jus. Terapkan jus atau masker mangga secara merata ke bagian wajah dan biarkan hingga mengering. Bilang dengan air hangat kemudian terapkan pelembab.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dengan rasa asam dan menyegarkan ternyata juga sangat baik untuk membantu mengobati jerawat batu. Ekstrak bulir jeruk nipis mengandung senyawa alami yang berfungsi untuk mencegah bertumbuhan bakteri. Selain itu jeruk nipis juga bisa membantu mengurangi tumpukan sel-sel kulit mati pada wajah dan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

  • Cara: Bersihkan wajah Anda hingga benar-benar bersih. Belah jeruk nipis menjadi beberapa bagian kemudian terapkan bulir jeruk nipis ke bagian wajah yang berjerawat. Bila ada bagian jerawat yang luka maka akan terasa perih tapi tidak perlu di khawatirkan. Lakukan terapi ini secara aktif setiap dua hari sekali untuk hasil yang paling maksimal.

8. Jus Kentang

Kentang yang dingin dan menyegarkan memang sangat nikmat. Namun selain sebagai sumber makanan yang penuh nutrisi, ternyata kentang juga sangat efektif untuk mengobati jerawat. Kentang mengandung vitamin yang lengkap untuk mengurangi sumbatan pori-pori pada kulit yang menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu kandungan vitamin dalam kentang juga berfungsi untuk mengurangi ruam kemerahan pada jerawat.

  • Cara: Ambil beberapa buah kentang yang masih segar kemudian campur dengan air dan jadikan jus kentang. Gunakan jus kentang sebagai masker untuk wajah. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.
Sponsors Link

Tips Mencegah Jerawat Kista atau Jerawat Batu

Langkah yang paling baik untuk menghindari jerawat kista adalah dengan melakukan perawatan wajah berjerawat dan berminyak dengan baik. Selain itu hindari semua hal yang bisa membuat terbentuknya jerawat batu. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah atau mengurangi jerawat batu dengan mengetahui beberapa penyebab jerawat batu di bawah ini.

  1. Hindari semua hal yang bisa membuat Anda stress, stress menjadi pemicu utama terbentuknya jerawat. Anda bisa mencoba untuk melakukan latihan atau yoga untuk mengendalikan stress.
  2. Jangan pernah memencet atau memecah jerawat kista secara paksa, karena bisa menyebabkan infeksi dan kondisi yang lebih parah. Gunakan cara alami dan lihat perkembangan jerawat hingga bisa pecah sendiri. (Baca : Bahaya Memencet Jerawat & Efek akibat jerawat di pencet)
  3. Jaga kebersihan wajah dengan menggunakan produk pembersih yang tidak menyebabkan jerawat tambahan.
  4. Hindari kebiasaan menggelap keringat dengan tangan atau baju karena bisa menyebabkan potensi jerawat yang lebih luas.
  5. Minum air mineral yang cukup sehingga bisa membantu metabolisme tubuh dan merawat kulit.
  6. Hindari kebiasaan memegang jerawat kista karena bisa menyebabkan infeksi (Baca : Cara mencegah jerawat datang kembali).
  7. Hindari kebiasaan menggunakan produk kosmetik yang tidak terpercaya dan justru meningkatkan produksi minyak.
  8. Segera bersihkan riasan ketika menjelang tidur karena produk kosmetik yang tertinggal bisa menyebabkan jerawat.
  9. Hindari kebiasaan mengkonsumsi rokok, alkohol dan semua jenis makanan yang dibakar. Semua produk ini bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat kista.
  10. Lakukan beberapa cara perawatan alami untuk membersihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati.

Baca juga : Daftar kosmetik untuk wajah jerawat

Jadi cukup mudah bukan, cara untuk menghilangkan jerawat batu atau jerawat yang tidak bisa pecah. Berbagai cara alami tersebut memang aman dan tidak menimbulkan efek samping, namun untuk mendapatkan hasil maksimal maka Anda harus melakukan perawatan secara rutin.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 30th, August 2015 / 15:29 Oleh :
Kategori : Pengobatan