Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Jerawat yang Tumbuh Terus Menerus

Sponsors Link

Membahas segala sesuatu tentang jerawat memang tidak akan pernah habis. Selalu ada saja hal yang menarik. Selain karena adanya dampak psikologis akibat jerawat yang sering muncul atau banyaknya penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal yang tidak pernah habis, bagaimana cara menghilangkan jerawat yang tumbuh terus menerus juga menarik untuk disimak. Baik pria maupun wanita sering dipusingkan dengan masalah ini. Jerawat di wajah bukannya berkurang tetapi malah tumbuh terus tanpa bisa dihentikan. Inilah dia berbagai cara yang bisa ditempuh.

Sponsors Link

Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Karena bebas dari bahan kimia dan tidak beresiko, menghilangkan jerawat dengan bahan alami menjadi pilihan banyak wanita. Inilah bahan alami yang baik untuk menghilangkan jerawat yang tumbuh terus menerus:

1. Madu dan Garam

Madu dan garam adalah dua bahan alami yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat. Madu memiliki khasiat alami sebagai zat anti bakteri yang ampuh melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Sementara garam berfungsi sebagai eksfoliator yang mengikis sel kulit mati serta membersihkan kulit hingga ke pori terdalam. Ketahui bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan madu dan garam.

2. Baking Soda

Cara menghilangkan jerawat dengan soda kue atau baking soda sudah sangat populer. Cara yang bisa dilakukan juga sangat sederhana, yaitu dengan mencampur baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk pasta masker yang kental. Baking soda dapat membersihkan kulit secara menyeluruh serta mengangkat sel kulit yang mati dari wajah.

3. Oatmeal dan Yogurt

Mungkin sudah banyak yang tahu apa saja manfaat oatmeal untuk jerawat. Makanan ini bisa menjadi alat pengikis sel kulit mati yang sangat efektif untuk wajah berjerawat. Sementara yogurt mengandung bakteri baik yang bisa melawan bakteri jahat di kulit. Manfaat lain dari yogurt adalah mencerahkan kulit secara alami dan mencegah kulit dari kekusaman.

4. Lemon dan Lidah Buaya

Tidak ada yang tidak tahu bahwa cara menghilangkan jerawat dengan jeruk lemon sangat ampuh dan terbukti. Lemon memiliki kandungan asam yang sangat tinggi yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada jerawat. Sementara lidah buaya dikenal memiliki sifat menenangkan kulit, mencegah iritasi, peradangan, dan kemerahan pada jerawat.

5. Kunyit dan Susu Pembersih

Sama seperti lidah buaya, kunyit juga bisa mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat. Manfaat lain dari kunyit adalah mencegah jerawat untuk tumbuh lagi. Lakukan cara menghilangkan jerawat dengan kunyit dan tambahkan sedikit susu pembersih agar tidak meninggalkan bekas kuning pada kulit wajah.

Menghilangkan Jerawat Tumbuh Terus Menerus dengan Cara Lain

Selain menggunakan bahan bahan yang alami, ada juga perawatan non alami yang bisa ditempuh sebagai cara menghilangkan jerawat yang tumbuh terus menerus di wajah. Cara ini memang bisa menunjukkan hasil yang cepat, namun biaya yang dikeluarkan tentu lebih mahal. Inilah berbagai perawatan tersebut:

1. Salep Jerawat

Salep jerawat banyak dijual di apotek. Khasiat dari salep ini tidak perlu diragukan lagi. Salep jerawat bisa mengempeskan dan menyembuhkan jerawat dengan cepat. Pilih salep yang memiliki kandungan benzoil peroksida karena zat tersebut ampuh untuk melawan bakteri pada jerawat. Beli salep jerawat dengan menggunakan resep dari dokter.

2. Laser Jerawat

Perawatan yang satu ini sangat populer di kalangan wanita. Tidak heran karena laser memang telah terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat, bahkan jerawat yang meradang sekalipun. Kini banyak salon kecantikan yang menyediakan perawatan laser jerawat. Hanya dengan satu atau dua kali perawatan saja jerawat di wajah akan hilang secara keseluruhan. Lama atau tidaknya perawatan tergantung pada tingkat keparahan jerawat di wajah.

Sponsors Link

3. Facial Jerawat

Sama seperti laser jerawat, facial khusus jerawat juga punya manfaat yang sama baiknya. Facial ini biasanya disediakan oleh klinik kecantikan yang khusus menangani masalah kulit, selama proses facial bakteri di dalam jerawat akan diangkat dan sel kulit mati akan dikikis dengan sempurna.

4. Peeling Kimia

Satu lagi perawatan medis untuk menghilangkan jerawat. Peeling kimia dilakukan dengan cara mengolesi wajah dengan larutan kimia khusus yang bisa mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan jerawat. Prosedur ini biasanya dilakukan di klinik kecantikan oleh dokter ahli yang sudah berpengalaman.

5. Ke Dokter Kulit

Solusi yang paling tepat untuk menghilangkan jerawat yang tumbuh terus menerus adalah dengan pergi ke dokter kulit. Dengan demikian penyebab jerawat akan diketahui dengan pasti dan semua masalah kulit yang menyebabkan jerawat akan bisa diatasi juga.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat Tumbuh Terus Menerus

Jerawat yang tumbuh terus menerus di wajah tentu sangat meresahkan, baik untuk pria maupun wanita. Untuk mencegah jerawat muncul membandel dan susah hilang, cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui apa saja penyebab jerawat di wajah tumbuh terus menerus. Inilah berbagai macam penyebab jerawat terus bermunculan di wajah yang wajib dihindari:

1. Sering Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah dengan tangan adalah kebiasaan penyebab jerawat tumbuh terus menerus yang harus dijauhi. Kondisi ini akan semakin parah jika wajah sedang ditumbuhi jerawat. Memegang wajah dengan tangan hanya akan menambah jumlah bakteri pada jerawat yang menyebabkan jerawat semakin sulit hilang.

2. Kulit Kepala Jarang Dibersihkan

Terkadang jerawat muncul karena penyebab yang sama sekali tidak terpikirkan. Salah satunya adalah kondisi kulit kepala. Mungkin siapa saja tidak pernah menduga bahwa kulit kepala yang kotor bisa menyebabkan munculnya jerawat. Minyak dan kotoran dan kulit kepala akan merambat mengenai kulit wajah, menyumbat pori kulit wajah dan menyebabkan jerawat.

3. Polusi Udara

Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan harus bisa memberikan perlindungan ekstra untuk kulit wajahnya. Polusi udara akan menambah tumpukan racun dan kotoran di wajah dan meningkatkan resiko munculnya jerawat. Rajinlah membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar rumah serta jangan lupa untuk menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah.

4. Makanan yang Tidak Sehat

Ada beberapa jenis makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus dan sulit untuk hilang. Makanan tersebut adalah makanan berminyak, makanan pedas, dan semua produk susu beserta olahannya. Ketiga jenis makanan tersebut akan meningkatkan produksi minyak di wajah sehingga menyebabkan jerawat menjadi lebih mudah muncul.

5. Begadang

Sudah bukan rahasia lagi bahwa begadang penyebab jerawat harus dihindari agar jerawat tidak tumbuh terus menerus di wajah. Tidur yang cukup akan baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena sel kulit juga bisa beregenerasi dengan lebih cepat.

Itulah berbagai cara menghilangkan jerawat yang tumbuh terus menerus di wajah. Semoga bermanfaat, ya!

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.