Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Kemerahan pada Jerawat Dengan Cepat

Sponsors Link

Jerawat memang merupakan permasalahan yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Mengapa demikian? Selain rasa sakit yang ditimbulkan membuat tidak nyaman, jerawat juga terlihat keberadaannya dengan jelas di kulit, yakni berwarna merah dan kadang juga bengkak. Hal ini tentunya akan menjadi dampak psikologis akibat jerawat dimana munculnya kemerahan akibat jerawat membuat kita tidak percaya diri dan gemas.

Sponsors Link

Bayangkan jika anda mengalami kemunculan jerawat yang tiba-tiba di tempat yang terlihat, di saat anda sedang ada acara penting. Tentunya si merah satu ini akan mengganggu penampilan dan kecantikan wajah, sehingga akan menurunkan rasa percaya diri. Penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal patut anda perhatikan dalam rangka mengatasi jerawat.

Berbagai cara untuk mengatasi segala sesuatu tentang jerawat telah ditempuh, seperti penggunaan bahan-bahan alami, obat kimia, hingga obat herbal. Nah, bagaimanakah cara untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat? Simaklah artikel berikut ini!

Cara Menghilangkan Kemerahan pada Jerawat

Mengapa jerawat bewarna merah? Warna merah pada jerawat merupakan hasil dari peradangan. Awalnya, saat sebum terdapat secara berlebihan dan melewati dinding folikel. Sebum adalah lapisan lilin lemak yang ada di permukaan kulit. Pada pori-pori, sebum dapat bercampur dengan sel-sel kulit mati sehingga dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori. Kondisi ini mendukung bakteri penginfeksi yang menyebabkan jerawat untuk tumbuh dan berkembang. Ditambah lagi radikal bebas juga akan merusak jaringan sehingga terjadilah peradangan dan kemerahan pada jerawat.

Kemerahan pada jerawat dapat hilang secara alami oleh mekanisme pertahanan imun tubuh. Akan tetapi, bila terjadi infeksi lebih lanjut, kemerahan ini dapat tidak hilang bahkan meninggalkan bekas permanen. Anda perlu mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat merah secara alami dengan cepat.

Berikut ini ialah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat:

1. Antibiotik

Penggunaan obat kimia berupa antibiotik memang dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat. Antibiotik yang biasanya digunakan untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat ialah seperti tetrasiklin, doksisiklin, minosiklin, dan eritromisin. Penggunaan antibiotik memerlukan waktu beberapa hari dan sebaiknya digunakan dengan anjuran resep dokter untuk mengurangi efek samping akibat antibiotik.

Anda juga perlu mengetahui Bahaya Penggunaan Antibiotik Jerawat dan Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat

2. Es Batu

Cara untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat juga bisa dengan bahan sederhana seperti es batu. Caranya ialah:

  • Siapkan es batu dan kain, kemudian masukkan es batu ke dalam kain.
  • Tempelkan kain berisi es batu ke bagian wajah berjerawat yang merah.
  • Biarkan selama beberapa menit, dan diulangi hingga kemerahan berkurang.
  • Jangan ditempelkan ke wajah terlalu kencang, lakukan dengan perlahan dan lembut. Pastikan tidak melukai jerawat karena jika terluka dapat menyebabkan bakteri menginfeksi lebih lanjut.
Sponsors Link

Cara sederhana ini cukup mudah untuk dilakukan dan dapat meredam kemerahan pada jerawat. Cara ini cukup cepat untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat.

Anda juga perlu mengetahui Cara Menghilangkan Jerawat di Badan dan Cara Menghilangkan Jerawat Hitam di Wajah

3. Obat Tetes Mata

Tahukah anda bahwa obat tetes mata, seperti misalnya Visine dan Insto, dapat digunakan untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat? Obat tetes mata memiliki kandungan senyawa tetrahydrozoline hydrochloride yang berperan dalam cara menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat. Caranya ialah:

  • Basahi kapas yang dibasahi dengan obat tetes mata, kemudian letakkan di dalam freezer dan didiamkan semalam.
  • Esok pagi, kapas dapat digunakan dengan diletakkan di atas jerawat yang merah.
  • Diamkan selama beberapa menit hingga cairan meresap ke kulit.
  • Ulangi beberapa kali hingga kemerahan pada jerawat berkurang.

Saat meresap, akan terjadi penyempitan sementara pembuluh darah sehingga kemerahan pada jerawat akan berkurang. Cara ini cukup cepat dilakukan dan efektif bila anda ingin menghilangkan kemerahan jerawat dalam waktu semalam.

Anda juga perlu mengetahui Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Facial.

4. Aspirin

Selain berfungsi sebagai obat sakit kepala, aspirin juga mampu menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan kandungan asam salisilat. Asam salisilat mampu mengurangi reaksi radang dengan cara penyempitan sementara pembuluh darah. Cara penggunaannya ialah:

  • Siapkan aspirin, belah menjadi dua
  • Tambahkan air pada aspirin, kemudian aduk hingga larut.
  • Oleskan campuran pada bagian jerawat
  • Diamkan selama 30 menit dan dapat digunakan plester untuk melindungi jerawat yang sudah diolesi aspirin.

Cara ini cukup ampuh dan patut anda coba karena dapat menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat. Anda juga perlu mengetahui Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Alami dan Medis Super Cepat dan Cara Menghilangkan Jerawat di Badan

Sponsors Link

5. Pasta Gigi

Pasta gigi memang multifugsi, selain untuk membersihkan gigi, ternyata kandungan silica di dalamnya juga mampu mengatasi kemerahan pada jerawat dengan cara mengeringkan jerawat. Akan tetapi, anda perlu memilih pasta gigi tertentu, yakni yang tidak mengandung mentol atau fluoride karena kedua senyawa ini justru dapat menyebabkan iritasi kulit. Alhasil jerawat justru bertambah banyak.

Untuk cara penggunaannya, anda cukup mengoleskan pasta gigi pada jerawat dan diamkan beberapa saat sebelum akhirnya dibilas. Anda juga perlu mengetahui Bahaya Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

6. Make Up

Cara yang satu ini disarankan sebagai cara terakhir untuk digunakan, yakni jika anda benar-benar terdesak untuk menutupi kemerahan jerawat di wajah. Jika anda terpaksa menggunakan make up untuk menutupi kemerahan jerawat, maka pilihlah kosmetik yang tidak berminyak dan non-komedo.

Selain itu, pilih juga kosmetik yang mengandung mineral seperti silica, titanium dioksida, dan zinc oksida, dimana bahan-bahan ini terbukti tidak menyebabkan iritasi. Bahan-bahan tersebut juga mampu menghilangkan minyak dari kulit dan menutupi kemerahan jerawat.

Untuk concealer, gunakan warna hijau karena warna hijau mampu menyamarkan kemerahan jerawat. Setelah penggunaan concealer, anda dapat menggunakan bedak untuk menyamakan dengan warna kulit. Nah, anda juga perlu mengetahui Foundation Untuk Kulit Berjerawat dan Merk Bedak Yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat

7. Bahan Herbal

Terdapat banyak bahan herbal yang dapat digunakan untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat. Berikut ini ialah beberapa cara yang dapat anda lakukan:

  • Daun mint. Haluskan daun mint kemudian oleskan pada jerawat di wajah anda. Biarkan selama semalam untuk hasil maksimal dan ulangi beberapa kali.
  • Jus timun dan jus tomat mampu mengencangkan pori-pori kulit dan mencegah wajah berminyak.
  • Jus bawang putih, serta jus lemon yang dicampur air mawar memiliki kemampuan mengurangi pembengkakan akibat radang.
  • Bubuk kunyit dan daun lobak tanah dapat dijadikan pasta untuk dioleskan dengan fungsi sebagai antiseptik.

Anda juga perlu mengetahui

Nah, sekarang anda telah mengetahui bagaimana cara menghilangkan kemerahan pada jerawat denagan , baik menggunakan bahan kimia maupun alami. Akan tetapi, ingatlah bahwa lebih baik mencegah karena pengobatan yang salah dapat menimbulkan luka permanen. Semoga bermanfaat bagi anda!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan