Sponsors Link

4 Cara Menghilangkan Kista di Wajah Paling Aman dan Terpercaya

Sponsors Link

Kista diwajah biasanya dikenal juga dengan istilah kista atheroma, dimana kista ini juga hampir memiliki bentuk yang seperti jerawat. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki jerawat di wajah yang tidak kunjung hilang maka anda perlu waspada, siapa tahu jerawat tersebut merupakan kista di wajah. Namun anda tidak perlu khawatir lagi, karena dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara menghilangkan kista di wajah paling aman dan terpercaya. Apa saja cara-cara tersebut? mari simak ulasan berikut ini.

Sponsors Link

Kista di Wajah

Sebelumnya perlu diketahui juga apa sebenarnya yang disebut sebagai kista di wajah. Hal ini di maksudkan agar anda tidak salah mengira benjolan atau jerawat di wajah anda sebagai kista, sehingga salah pula dalam melakukan perawatan atau pengobatan. Oleh sebab itulah wajib bagi anda untuk memahami terlebih dahulu apa itu kista di wajah.

Kista diwajah merupakan salah satu masalah kulit dimana terdapat benjolan yang memiliki dinding dan berisikan cairan kental berupa protein berserat didalam sel kulit atau yang biasanya dikenal sebagai sebum. Munculnya kesta di wajah disebabkan oleh terjadinya penyumbatan pada kelenjar keringat yang dapat disebabkan karena adanya infeksi, trauma berupa luka maupun benturan, hingga jerawat.

Kista sendiri muncul dibagian tubuh yang mengandung banyak kelenjar keringat, seperti wajah, punggung, dada, dan lain sebagainya. Hampir sama dengan ciri-ciri jerawat kista, bentuk dari kista biasanya adalah berbentuk bular, berbatas tegas namun berdinding tipis, dapat digerakkan, dan melekat pada permukaan kulit. Jika kista mengalami peradangan maka kista akan semakin memerah dan nyeri. Sama hal nya dengan jerawat dipencet atau dibiarkan, kista diwajah sebaiknya jangan pernah dipencet sembarang agar tidak menimbulkan infeksi berlanjut. Selain itu, anda juga dapat menggunakan sabun anti bakteri yang juga dapat membasmi bakteri penyebab jerawat, agar daerah sekitar kista bersih dari bakteri dan terhindar dari infeksi bakteri lebih lanjut.

Menghilangkan Kista di Wajah

Setelah memahami apa yang sebenarnya di sebut sebagai kista di wajah, anda dapat melakukan hal-hal berikut ini untuk menghilangkan kista di wajah dengan aman dan efektif. Beberapa cara menghilangkan kista di wajah tersebut diantaranya adalah:

  1. Kompres Air Hangat

Cara pertama adalah dengan melakukan kompres air hangat secara rutin setiap harinya. Kompres air hangat sendiri dapat membantu untuk memecahkan protein atau minyak didalam kista, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan kista. Anda hanya perlu membasahi kain halus dengan air hangat dan menekankan kain tersebut pada kista dan area sekitarnya  secara lembut dan hati-hati. Diamkan hingga kain menjadi dingin, kemudian ulangi lagi dengan dicelupkan pada air hangat kembali. Anda dapat melakukannya dalam 2 atau 3 kali setiap perawatan. Perlu diingat untuk tidak menggunakan air panas, karena jika air terlalu panas maka dapat membuat kulit anda melepuh dan memerah.

  1. Konsultasi Dokter dan Bantuan Medis

Jika kista anda tidak hilang dalam kurun waktu yang lama seperti dalam satu bulan setelah dilakukan kompres air panas maupun pengobatan biasa lainnya, maka disarankan bagi anda untuk mengunjungi dokter dan melakukan konsultasi untuk mendapatkan perawatan medis. Beberapa perawatan medis yang mungkin akan dianjurkan dokter seperti:

  • Suntik Kortison

Cara medis pertama adalah dengan mendapatkan suntikan kortison pada kista di wajah anda. Cara ini mampu membantu mengecilkan kista di wajah anda dan juga mengurangi peradangan. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki kista di wajah tidak ada salah nya untuk mencoba cara ini terlebih dahulu, karena dapat mempercepat proses penyembuhan.

  • Melakukan Sayatan dan Pengambilan Cairan

Cara medis kedua adalah dengan melakukan sayatan untuk mengambil cairan didalam kista di wajah anda. Dengan mengeluarkan cairan didalam kista maka proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat. Biasanya dokter akan menusuk permukaan kista agar cairan didalam kista mengalir keluar. Dalam melakukan sayatan dan pengambilan cairan juga diperlukan proses selanjutnya seperti proses pembersihan dan pembalutan untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut. 

Sponsors Link

Perlu diingat bahwa dalam mengeluarkan cairan kista ini perlu bantuan medis atau bantuan dokter, jangan sekali-kali melakukannya sendiri dirumah. Selain itu, cara ini memang efektif mempercepat proses penyembuhan, tetapi cara ini tidak dapat mencegah kista datang kembali, sehingga kemungkinan kista kambuh masih ada.

  • Pembedahan

Jika cara-cara diatas masih belum bisa menghilangkan kista di wajah anda, berarti anda perlu melakukan pembedahan atau operasi kecil. Pembedahan ini dilakukan untuk menghilangkan dinding kista dibagian permukaan, atau pengangkatan kista. Dalam cara ini juga terdapat proses penjahitan yang tentunya perlu perhatian khusus selanjutnya. Namun cara ini memiliki kemungkinan besar dalam mencegah tumbuhnya kista di wajah kembali.

Perlu diingat bahwa segala prosedur perlu diperhatikan terutama prosedur medis agar kista dapat dihilangkan tanpa menyebabkan efek samping. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.