Sponsors Link

12 Cara Menghilangkan Komedo dan Bekas Jerawat Paling Ampuh

Sponsors Link

Dewasa ini, mendapati segala sesuatu tentang jerawat menempel di kulit bukan merupakan hal yang aneh karena memang ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, serta ada berbagai macam penyebab timbulnya jerawat di wajah dan penyebab timbulnya komedo. Hal yang mengesalkan adalah jerawat ketika menghilang di kulit, kemungkinan besar akan meninggalkan bekas yang akan membutuhkan waktu lama untuk menghilang dari kulit, sehingga kita akan mengalami dampak psikologis akibat jerawat, yaitu menurunnya rasa percaya diri dan malu saat bertemu orang lain.

Sponsors Link

Faktor penyebab jerawat meradang yang menimbulkan bekas jerawat dan juga komedo adalah tersumbatnya pori-pori akibat minyak berlebih, atau menumpuknya sel-sel kulit mati, bakteri, kotoran, dan debu yang menempel di pori-pori kulit. Nah, jika kulit Anda sudah terlanjur dihiasi bekas jerawat dan komedo, berikut merupakan cara-cara ampuh untuk menghilangkannya, baik secara herbal dan medis.

1. Kulit Jeruk

Tahukah Anda bahwa ternyata kulit jeruk mampu mengatasi komedo dan bekas jerawat secara bersamaan? Ya, kulit jeruk memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi komedo dan bekas jerawat. Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Kulit jeruk memiliki kandungan asam alpha hidroksi alami yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus memicu proses regenerasi sel-sel kulit. Hasilnya, baik komedo dan bekas jerawat akan cepat menghilang. Tak heran bukan jika kulit jeruk digunakan sebagai cara menghilangkan komedo putih yang ampuh?
  • Kulit jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, sehingga akan bermanfaat untuk memicu produksi kolagen kulit yang akan menghaluskan kulit dan mempercepat penyembuhan komedo dan bekas jerawat.

Cara Menghilangkan Komedo dan Bekas Jerawat dengan Kulit Jeruk

  • Siapkan kulit jeruk, kemudian keringkan sebentar di bawah terik matahari. Kemudian tumbuk halus kulit tersebut dna campur dengan sedikit air.
  • Oleskan masker kulit jeruk ke area kulit yang terkena komedo dan bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit.
  • Cuci kulit dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan kulit jeruk sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

2. Lemon

Berbicara tentang maslaah komedo dan bekas jerawat, maka buah lemon merupakan solusi dari segala solusi. Ya, buah ini memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi komedo dan bekas jerawat. Berikut manfaat lemon untuk jerawat dan manfaat lemon untuk bekas jerawat.

  • Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan dapat memicu produksi kolagen kulit yang akan menghaluskan kulit dan juga dapat mempercepat penyembuhan komedo dan bekas jerawat.
  • Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang akan bermanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati sehingga pori-pori menjadi bersih dan bekas jerawat menjadi tersamarkan.

Cara Menghilangkan Komedo dan Bekas Jerawat dengan Lemon

  • Siapkan 1 buah lemon, kemudian peras lah air lemon tersebut. Kemudian campur air perasan lemon dengan beberapa tetes air bersih.
  • Oleskan masker lemon ke area kulit yang terkena bekas jerawat, kemudian diamkan selama 30 menit.
  • Cuci kulit dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker lemon sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Lemon dan Madu

3. Putih Telur

Putih telur merupakan bahan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi komedo ataupun bekas jerawat dengan sangat cepat. Nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat cocok untuk mengatasi komedo dan bekas jerawat dengan cepat. Berikut manfaat putih telur untuk wajah berjerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan masker putih telur.

  • Putih telur memiliki kemampuan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih di kulit, sehingga tentu saja komedo akan semakin cepat menghilang dan bekas jerawat akan semakin cepat tersamarkan.
  • Putih telur merupakan salah satu sumber vitamin B kompleks yang terbesar, dimana vitamin ini merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sel-sel kulit sekaligus dengan cepat memperbaiki sel kulit yang rusak. Hasilnya, komedo dan bekas jerawat akan sangat cepat menghilang.
ads

Cara Menghilangkan Komedo dan Bekas Jerawat dengan Putih Telur

  • Siapkan 1 butir telur, kemudian pisahkan bagian putih dan kuningnya.
  • Oleskan putih telur ke area kulit yang terkena komedo dan bekas jerawat, kemudian diamkan selama 30 menit.
  • Cuci kulit dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker putih telur secara rutin setiap hari sekali.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Putih Telur

4. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh merupakan salah satu bahan herbal yang paling ampuh untuk menghilangkan komedo dan mengatasi berbagai macam bekas jerawat. Nah, penasaran dengan manfaat minyak pohon teh untuk mengatasi komedo dan bekas jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Minyak pohon teh memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam pori-pori dan mempengaruhi kerja kelenjar sebasea, sehingga akan menekan produksi sebum dan membuat kulit menjadi kurang berminyak. Alhasil, komedo dan bekas jerawat akan semakin cepat disembuhkan.
  • Minyak pohon teh merupakan antiseptik alami yang akan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak sekaligus dapat memicu regenerasi kulit. Maka tak heran jika minyak pohon teh dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat serta dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Cara Menghilangkan Komedo dan Bekas Jerawat dengan Minyak Pohon Teh

  • Siapkan beberapa tetes minyak pohon teh dan teteskan ke cotton bud.
  • Oleskan cotton bud yang berisi minyak pohon teh tersebut ke area kulit yang terkena bekas jerawat dan komedo, diamkan selama 15 menit.
  • Cuci kulit dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan minyak pohon teh ini beberapa kali dlaam sehari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun

5. Baking Soda

Baking soda yang biasanya digunakan sebagai bahan pengembang kue akan sangat bermanfaat untuk mengatasi komedo dan bekas jerawat dengan sangat cepat. Penasaran mengapa baking soda akan bermanfaat untuk komedo dan bekas jerawat? Berikut ulasan manfaat baking soda untuk jerawat serta cara menghilangkan jerawat dengan soda kue untuk Anda.

  • Baking soda memiliki kemampuan untuk memicu produksi kolagen di kulit yang akan bermanfaat untuk menyehatkan kulit Anda secara keseluruhan dan tidak heran jika komedo dan bekas jerawat akan semakin cepat menghilang.
  • Baking soda memiliki kemampuan untuk menyingkirkan berbagai kotoran, debu, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang menempel di kulit, sehingga komedo dan bekas jerawat pun akan semakin cepat menghilang dari kulit Anda.

Cara Menghilangkan Komedo dan Bekas Jerawat dengan Baking Soda

  • Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air hangat, kemudian aduk hingga tercampur merata.
  • Oleskan masker baking soda ke area kulit yang terkena komedo dan bekas jerawat, diamkan selama 15 menit.
  • Cuci kulit dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan baking soda sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Masker Beras untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

6. Metode Uap

Menggunakan metode yang simpel seperti metode uap ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi baik komedo maupun bekas jerawat dengan cepat. Penasaran dengan manfaat metode uap untuk komedo dan bekas jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Metode uap ini akan secara ampuh membuka pori-pori dan menyingkirkan berbagai kotoran maupun sel-sel kulit mati yang menyumbat pori. Hasilnya, komedo akan menghilang dengan cepat dan bekas jerawat pun akan semakin tersamarkan. Atas alasan inilah, metode uap dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu di dahi.
  • Metode uap juga dapat memperngaruhi kinerja kelenjar sebasea dengan menekan produksi sebum di kulit. Hasilnya, kulit Anda menjadi kurang berminyak dan membuat komedo maupun bekas jerawat akan semakin cepat menghilang dari kulit Anda. Maka, metode uap ini dapat digunakan sebagai perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.

Cara Menghilangkan Komedo dan Bekas Jerawat dengan Metode Uap

  • Siapkan air bersih sebanyak 4 gelas, kemudian tuangkan ke dalam sebuah panci. Didihkan air tersebut.
  • Setelah mendidih, segera dekatkan kulit wajah Anda ke panci tersebut, sehingga uap air dapat menembus masuk ke pori-pori.
  • Jika Anda sudah merasakan kulit Anda menjadi terasa panas, maka jauhkan sebentar kulit Anda dari panci, dan tepuk kulit menggunakan handuk kering dan bersih.
  • Lakukan cara diatas beberapa kali dalam sehari secara rutin setiap hari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Putih

7. Asam Salisilat

Selain menggunakan cara herbal, maka menggunakan obat penghilang jerawat di apotik juga tentu saja dapat Anda gunakan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak semua obat jerawat di apotik memiliki kemampuan untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat secara sekaligus. Obat jerawat yang ada di apotik yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo dan bekas jerawat adalah asam salisilat. Berikut ulasannya.

Mengapa Asam Salisilat Dapat Mengatasi Komedo dan Bekas Jerawat?

Asam salisilat merupakan obat jerawat yang dapat Anda beli tanpa menggunakan resep dari dokter dan biasanya memiliki berbagai macam bentuk seperti gel, lotion, atau sabun. Nah, asam salisilat ini akan menghilangkan komedo dan bekas jerawat dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati beserta minyak berlebih di kulit. Dengan begitu, maka tentu saja komedo akan semakin cepat disembuhkan dan bekas jerawat akan semakin cepat tersamarkan dari kulit Anda.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala

8. Retinoid

Selain dengan asam salisilat, obat jerawat batu yang ada di apotik dan juga dapat Anda gunakan untuk membasmi komedo maupun bekas jerawat secara sekaligus adalah obat retinoid topikal. Bedanya, jika Anda ingin menggunakan obat retinoid ini, Anda memerlukan resep atau rekomendasi terlebih dahulu. Berikut ulasan lengkap tentang manfaat retinoid untuk komedo dan bekas jerawat.

Mengapa retinoid Dapat Mengatasi Komedo dan Bekas Jerawat?

Obat retinoid topikal dapat mengatasi jerawat karena obat ini merupakan turunan dari vitamin A. Dengan adanya vitamin A, maka segala sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit akan terangkat dan disingkirkan dari permukaan kulit Anda. Maka tidak heran jika retinoid dapat digunakan sebagai cara mengempeskan jerawat dengan cepat. Selain itu, obat retinoid topikal juga dapat mengurangi peradangan dari jerawat dengan menyembuhkan efek kemerahan pada jerawat, sehingga tidak heran jika komedo akan semakin cepat menghilang, dan bekas jerawat akan semakin cepat tersamarkan.

Baca Juga: Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat

9. Isotretinoin

Isotretinoin merupakan obat yang biasanya memang digunakan untuk mengatasi jerawat parah, seperti misalnya jerawat batu atau juga jerawat bernanah. Namun, para ahli dermatologis juga menyarankan obat jerawat parah ini untuk mengatasi berbagai komedo maupun bekas jerawat yang tak kunjung hilang dengan pengobatan herbal atau menggunakan obat yang dapat dibeli di apotik. Berikut alasan mengapa isotretinoin bermanfaat untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat.

Mengapa Isotretinoin Dapat Mengatasi Komedo dan Bekas Jerawat?

Isotretinoin dapat digunakan untuk mengatasi jerawat parah, komedo, dan bekas jerawat dikarenakan kemampuannya untuk membunuh bakteri penyebab jerawat secara seketika sehingga dapat digunakan sebagai cara mengempeskan jerawat yang meradang dengan seketika. Selain itu, isotretinoin ini akan menekan produksi sebum di kulit, sehingga kulit Anda menjadi kurang berminyak. Karena kulit Anda menjadi kurang berminyak, maka minyak berlebih yang dapat menyumbat pori yang akan menimbulkan komedo dan jerawat meradang dapat diatasi. Secara tidak langsung, isotretinoin ini juga akan sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat penghilangan bekas jerawat.

Baca Juga: Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

Sponsors Link

10. Mikrodermabrasi

Selain dengan menggunakan obat-obatan, maka menggunakan teknologi medis juga dapat Anda lakukan untuk mengatasi komedo dan bekas jerawat secara sekaligus. Salah satu metode medis yang sering digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dan komedo secara sekaligus adalah mikrodermabrasi. Nah, apa manfaat mikrodermabrasi bagi komedo dan bekas jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Mikrodermabrasi Dapat Mengatasi Komedo dan Bekas Jerawat?

Mikrodermabrasi merupakan suatu metode medis yang bertujuan untuk mengangkat lapisan kulit terluar yang paling atas, kemudian dengan terangkatnya lapisan kulit tersebut, kulit akan terpacu untuk melakukan regenerasi dengan menggantinya dengan sel-sel kulit yang baru. Akibat dari proses ini, tentu saja komedo yang terperangkap di pori kulit akan tersingkirkan dan bekas jerawat akan semakin tersamarkan. Maka tak heran jika mikrodermabrasi merupakan cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan cepat.

Biasanya mikrodermabrasi ini menggunakan sejenis alat khusus dengan bahan utama berupa bubuk halus sejenis kristal dan mungkin kulit Anda akan memerah karenanya, namun kondisi kulit akan semakin membaik seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat

11. Peeling

Selain mikrodermabrasi, menggunakan metode chemical peeling juga dapat mengatasi komedo dan bekas jerawat secara bersamaan. Chemical peeling merupakan salah satu metode penghilangan komedo dan bekas jerawat dengan menggunakan bahan kimia sebagai alat utamanya. Berikut manfaat chemical peeling untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat.

Mengapa Chemical Peeling Dapat Mengatasi Komedo dan Bekas Jerawat?

Seperti yang dijelaskan diatas, chemical peeling merupakan metode penghilangan komedo dan bekas jerawat dengan menggunakan bahan kimia sebagai alat utamanya. Chemical peeling ini akan mengangkat sel-sel kulit mati atau sel-sel kulit terluar, sehingga nantinya sel-sel kulit yang baru dapat terbentuk. Hasilnya, komedo akan cepat menghilang dan bekas jerawat pun akan tersamarkan dengan seketika. Maka memang chemical peeling sangat cocok digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berawarna hitam. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa kulit Anda tidak disarankan untuk terkena paparan sinar matahari berlebih setelah melakukan chemical peeling ini agar Anda tidak mengalami bahaya chemical peeling untuk wajah jerawat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil

12. Laser

Laser merupakan salah satu metode penghilangan bekas jerawat yang paling ampuh untuk mengatasi komedo dan bekas jerawat dalam waktu yang sangat singkat. Namun, tentu saja Anda perlu untuk menyiapkan dana yang lebih jika ingin melakukan metode ini. Berikut manfaat metode laser untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat.

Mengapa Metode Laser Dapat Mengatasi Komedo dan Bekas Jerawat?

Metode laser akan mengatasi masalah jerawat dan komedo di kulit karena laser ini memiliki daya vakum yang dapat mengangkat segala bakteri, debu, kotoran, maupun sel-sel kulit mati yang terperangkap di pori-pori dan menyebabkan tersumbatnya pori-pori.

Selain itu, sinar laser yang ditembakkan ke kulit Anda akan memicu kulit untuk memproduksi kolagen secara cepat. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah dapat menghaluskan dan menyehatkan kulit secara keseluruhan, karena memang kolagen merupakan protein yang sangat diperlukan kulit. Atas alasan tersebutlah metode laser akan menghilangkan komedo dengan cepat dan menyamarkan bekas jerawat secara seketika, serta dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berlubang.

Baca Juga: Jenis-Jenis Laser Jerawat dan Efek Sampingnya

Tindakan Pendukung Menghilangkan Komedo dan Bekas Jerawat

Setelah Anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan komedo dan bekas jerawat secara sekaligus, sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai macam tindakan pendukung yang akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penghilangan komedo dan bekas jerawat. Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Rutin Mencuci Wajah. Jika Anda ingin mempercepat proses penghilangan komedo dan bekas jerawat, rajinlah mencuci kulit wajah Anda, minial 2 kali dalam sehari dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat. Dengan rutin mencuci kulit wajah, maka minyak berlebih dan polusi yang menempel di kulit akan disingkirkan dengan cepat dari kulit Anda.
  • Konsumsi Makanan Sehat. Mengkonsumsi makanan penghilang jerawat dan makanan pencegah jerawat seperti buah-buahan dan sayuran akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penghilangan komedo dan bekas jerawat karena makanan tersebut memiliki banyak nutrisi yang dapat bermanfaat untuk menyehatkan kulit secara keseluruhan. Hindari makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan berminyak, makanan manis, dan makanan berbahan dasar susu.
  • Hindari Paparan Sinar Matahari. Menghindari atau membatasi paparan sinar matahari juga akan sangat membantu dalam mempercepat penghilangan komedo dan bekas jerawat. Sinar matahari akan membuat kulit mengalami hiperpigmentasi dan menyebabkan komedo dan bekas jerawat menjadi meradang. Oleh karena itu, gunakan tabir surya saat Anda hendak beraktivitas di luar ruangan.
  • Menggunakan Produk Perawatan Kulit Yang Sesuai. Saat Anda memiliki komedo dan bekas jerawat, penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai. Contohnya adalah gunakan daftar kosmetik untuk kulit berjerawat, yaitu kosmetik yang berbahan dasar air seperti bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat. Hindari menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung minyak dan mengandung astringent.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Itulah tadi berbagai macam cara menghilangkan komedo dan bekas jerawat baik menggunakkan bahan herbal dan juga bahan medis beserta tips pendukung yang akan mempercepat penyembuhan komedo dan bekas jerawat. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan