Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Komedo dengan Garam dan Gula

Sponsors Link

Ternyata, bukan hanya segala sesuatu tentang jerawat saja lho yang selalu membuat wanita menjadi panik dan khawatir. Ada lagi satu masalah kulit yang tidak kalah meresahkan, yaitu komedo. Komedo memang bukan jerawat, tetapi bentuknya yang kecil, keras, dan bergerombol membuat kondisi wajah tidak mulus serta mengganggu penampilan. Komedo di pipi, hidung, atau dahi sama sama meresahkan dan harus segera dihilangkan.

Sponsors Link

Banyak wanita menerapkan berbagai tips menghilangkan komedo yang didapat melalui internet maupun majalah. Namun tetap saja tidak membawa hasil yang diharapkan. Ini mungkin karena seseorang tidak memahami dengan jelas perbedaan jerawat dan komedo yang benar seperti apa.

Nah, ini dia satu lagi tips unuk menghilangkan komedo yang menumpuk dan membandel di wajah. Cara menghilangkan komedo dengan garam dan gula memang wajib dicoba, karena kedua bahan alami tersebut dapat bekerja sebagai zat eksfoliator atau pengangkat sel kulit mati yang sangat ampuh. Campurkan beberapa bahan alami lainnya agar khasiatnya semakin bertambah. Bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama.

1. Garam dan Gula

Garam dan gula memiliki manfaat untuk mengikis sel kulit mati yang menyumbat pori. Jika sumbatan tersebut meradang tentu akan menjadi komedo yang berbahaya.

  • Siapkan garam dapur dan gula pasir secukupnya. Pilih gula pasir dengan tekstur yang halus agar tidak melukai kulit.
  • Tambahkan sedikit saja air pada campuran bahan tersebut, lalu aduk hingga menjadi pasta.
  • Cuci wajah terlebih dahulu.
  • Oleskan masker ke area komedo dengan menggunakan ujung jari, oles dengan gerakan memutar selama 3 menit.
  • Diamkan masker selama 10 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Gula dan Madu

Salah satu masker untuk komedo dari bahan alami yang patut dicoba adalah madu. Madu mengandung anti bakteri yang tinggi, sehingga sangat baik untuk mencegah komedo semakin menyebar ke bagian wajah yang lain. Cara membuatnya sangat sederhana.

  • Ambil 1 sendok teh madu alami dan 1 sendok teh gula pasir lembut.
  • Campurkan kedua bahan lalu aduk hingga merata, tidak perlu ditambahkan air.
  • Pastikan gula pasir benar benar lembut.
  • Dengan menggunakan telunjuk, oleskan scrub ke area komedo sambil dipijat pelan dengan gerakan memutar selama 3 menit.
  • Diamkan selama 3 menit lagi sebelum dibilas hingga bersih.

3. Garam dan Baking Soda

Selain garam, baking soda juga merupakan bahan alami yang bisa membantu mengikis sel kulit mati yang menyumbat pori. Gunakan baking soda dari bahan organik untuk hasil yang terbaik.

  • Siapkan bahan yang dibutuhkan, yaitu garam dapur dan baking soda secukupnya, tergantung jumlah komedo yang ada pada kulit.
  • Campurkan kedua bahan lalu tambah dengan sedikit air hingga mengental.
  • Oleskan ke area komedo yang ada di wajah, lalu diamkan hingga setengah kering.
  • Pijat lembut dengan gerakan memutar selama 1 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.
    Sponsors Link

4. Gula dan Air Lemon

Siapa yang tidak kenal dengan manfaat lemon untuk jerawat dan menghilangkan komedo yang sangat ampuh? Lemon adalah buah dengan kandungan vitamin C tertinggi dibandingkan dengan buah lain. Rasa asam di dalam lemon sangat ampuh untuk membunuh bakteri yang berkembang biak di area sekitar komedo.

  • Bahan yang diperlukan adalah 1 sendok teh gula pasir lembut dan 1 sendoka teh perasan air lemon.
  • Campur kedua bahan, aduk rata. Tidak perlu membentuk pasta masker yang kental.
  • Oleskan campuran scrub ke area komedo di wajah. Diamkan selama 10 menit sebelum dicuci hingga bersih.

5. Garam dan Air Mawar

Air mawar mempunyai banyak manfaat lain selain untuk menghilangkan komedo membandel di wajah. Air mawar bisa mengecilkan pori pori kulit wajah dan membuatnya tampak cerah dan bercahaya secara alami.

  • Campurkan garam dapur dengan beberapa tetes air mawar, aduk sampai membentuk pasta masker yang kental.
  • Cuci wajah sebelum masker dioleskan.
  • Oleskan masker ke bagian wajah yang berkomedo.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Bilas wajah dengan air hingga bersih.
    Sponsors Link

Cara Menghilangkan Komedo dengan Garam dan Gula Lainnya

Inilah berbagai bahan alami lain yang bisa dicampur dengan garam dan gula untuk menghilangkan komedo:

  1. Garam dan pasta gigi.
  2. Gula dan yogurt.
  3. Garam dan jeruk nipis.
  4. Garam dan tomat.
  5. Gula dan kayu manis.

Penyebab Komedo di Wajah

Berbagai cara menghilangkan komedo dengan garam dan gula yang dilakukan tentu saja tidak akan berhasil jika tidak dibarengi dengan gaya hidup sehat dan langkah perawatan kulit sederhana namun rutin dilakukan setiap hari. Untuk mencegah komedo muncul di wajah, perlu untuk diketahui apa saja hal yang menyebabkan komedo bisa muncul di wajah. Apa saja sih? Ini dia”

1. Minyak Berlebih di Wajah

Pemilik wajah berminyak sepertinya memang harus ekstra hati hati dengan ancaman munculnya jerawat dan komedo. Produksi minyak yang tinggi tidak hanya meningkatkan resiko munculnya jerawat, tetapi juga memicu munculnya komedo di berbagai area wajah, terutama daerah T tempat produksi minyak yang lebih banyak. Lakukan perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara rutin untuk mengontrol produksi minyak di wajah.

2. Gaya Hidup Tidak Sehat

Kecantikan dan kesehatan kulit wajah tentu saja harus dibarengi dengan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup tidak sehat misalnya memakan sembarang makanan, tanpa memedulikan apakah makanan tersebut dapat menyebabkan jerawat atau tidak. Selain itu suka begadang juga bisa memperburuk kondisi kesehatan kulit. Begadang penyebab jerawat memang harus dihindari siapa saja yang ingin punya kulit sehat.

3. Make Up dan Kosmetik

Kedua hal ini memang tidak bisa dipisahkan dari wanita. Kemanapun mereka pergi dan apa saja yang mereka lakukan, wanita harus selalu memakai make up. Namun pemakaian make up yang berlebihan justru menyumbat pori pori kulit dan menyebabkan komedo serta jerawat muncul secara tidak terkendali.

4. Stress

Kondisi psikologis memang salah satu faktor utama munculnya jerawat dan komedo di wajah. Pada saat itu, hormon di dalam tubuh mengalami perubahan sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon.

5. Kurang Minum Air Putih

Jangan sepelekan manfaat air putih untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit lho. Air putih mencegah terjadinya dehidrasi sekaligus memastikan kulit tetap lembab dan sehat. Kurang minum air putih dapat memunculkan berbagai akibat untuk kulit, salah satunya adalah jerawat dan komedo.

Itulah pembahasan tentang cara menghilangkan jerawat dan komedo dengan garam dan gula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.