Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

Sponsors Link

Ketika mendengar  tentang jerawat, maka tentu saja terbayang sebuah ‘hiasan’ di kulit yang dapat memberikan dampak psikologis akibat jerawat kepada para penderitanya, yaitu menurunnya rasa percaya diri. Hal ini karena segala sesuatu tentang jerawat sangatlah menyebalkan, dimana ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, serta kemungkinan jerawat ini meninggalkan noda bekas jerawat yang sulit dihilangkan cukup besar. Penasaran bagaimanakan cara alami untuk menghilangkan noda bekas jerawat? Berikut ini ulasannya untuk anda.

Sponsors Link

Penyebab Timbulnya Bekas Jerawat

Sebelum anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal, maka sebelumnya anda perlu mengetahui sebenarnya apa sajakah hal yang menimbulkan bekas jerawat. Berikut ini ulasannya.

  • Hormon. Faktor hormon merupakan salah satu penyebab timbulnya bekas jerawat. Secara khusus, hormon estrogen dan progesteron merupakan hormon yang dapat memicu timbulnya bekas jerawat di kulit serta ciri-ciri jerawat karena hormon.
  • Memencet Jerawat. Salah satu penyebab utama mengapa bekas jerawat bisa muncul adalah kebiasaan memencet jerawat. Bahaya memencet jerawat adalah akan membuat jerawat tersebut meradang dan menimbulkan bekas di kemudian hari.
  • Sinar UV. Sinar UV akan membuat jerawat yang terdapat di kulit anda meninggalkan bekas. Sinar UV akan membuat pigmentasi berlangsung cepat sehingga memunculkan bekas jerawat berwarna hitam di kemudian hari.
  • Kosmetik. Pemakaian kosmetik saat terdapat jerawat di kulit anda akan memicu timbulnya bekas jerawat di kemudian hari. Hal ini karena kosmetik akan menutup pori kulit. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan daftar kosmetik untuk kulit berjerawat, misalnya foundation untuk kulit berjerawat atau bedak yang cocok untuk kulit berjerawat.

Nah, setelah anda mengetahui berbagai penyebab timbulnya bekas jerawat, sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan bahan alami. Berikut ini merupakan ulasannya.

1. Tomat

Ketika berbicara mengenai bagaimana cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami, maka tomat tentu saja merupakan salah satu pilihan utama yang wajib anda coba. Mengapa tomat merupakan bahan alami yang wajib anda coba untuk menghilangkan noda bekas jerawat? Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat dan cara membuat masker tomat untuk wajah berjerawat.

  • Tomat dapat memperbaiki kulit yang rusak hingga ke tingkat sel, sehingga akan mempercepat proses penghilangan noda bekas jerawat.
  • Tomat memiliki kandungan potassium, zat besi, maupun Vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B6 yang akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit anda sekaligus mempersingkat waktu penyembuhan noda bekas jerawat.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan tomat

  • Pertama, anda perlu untuk mempersiapkan 1 buah tomat, kemudian anda tinggal mengiris tomat tersebut menjadi beberapa bagian.
  • Setelah itu, anda dapat menempelkan irisan tomat tersebut pada area kulit anda yang terdapat noda bekas jerawat.
  • Biarkan irisan tomat tersebut menempel di kulit anda selama kurang lebih 20 menit. Kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker tomat ini sehari sekali.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat dengan Tomat

ads

2. Putih Telur

Putih telur tentu saja tidak bisa dikesampingkan begitu saja ketika anda ingin menghilangkan noda bekas jerawat dengan bahan herbal. Hal ini dikarenakan putih telur akan memberikan beberapa manfaat yang dapat secara efektif mempercepat proses penghilangan noda bekas jerawat. Berikut ini beberapa manfaat putih telur untuk wajah berjerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan putih telur:

  • Putih telur mengandung efek eksfoliate, dimana putih telur akan menyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit anda, sehingga mempercepat penyembuhan noda bekas jerawat.
  • Putih telur merupakan sumber Vitamin B kompleks yang luar biasa, sehingga membuat putih telur ini dapat memperbaiki sel kulit yang rusak dengan cepat dan menghilangkan noda bekas jerawat dengan cepat.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan putih telur

  • Pertama-tama anda perlu mempersiapkan 1 butir telur, kemudian pisahkan bagian putih telur dan juga kuning telurnya.
  • Nah, kemudian anda dapat mengoleskan bagian putih telurnya ke kulit anda yang terdapat noda bekas jerawat.
  • Kemudian tunggu hingga masker putih telur ini mengering di kulit anda. Setelah itu, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker putih telur ini sehari sekali secara rutin.

3. Madu

Khasiat dan manfaat madu murni untuk mengatasi berbagai masalah jerawat juga telah dikenal secara luas oleh banyak orang. Hal ini cukup dimaklumi karena memang madu murni memiliki berbagai macam manfaat yang sangat berguna untuk menyingkirkan noda bekas jerawat di kulit anda dengan cepat dan relatif tanpa efek samping. Berikut ini beberapa manfaat masker madu untuk jerawat dan cara membuatnya:

  • Madu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang membuat madu memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda bekas jerawat dengan cepat.
  • Madu akan memicu produksi hidrogen peroksida yang memiliki manfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga akan mempercepat proses penyembuhan noda bekas jerawat di kulit anda.

Cara meghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan madu

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan madu murni. Kemudian anda dapat mengoleskan madu murni tersebut ke area kulit anda yang terdapat noda bekas jerawat.
  • Setelah itu diamkan madu tersebut meresap ke pori-pori kulit anda selama kurang lebih 20 menit.
  • Sebagai alternatif, anda juga dapat mengoleskan madu ini pada malam sebelum anda tidur, kemudian biarkan masker madu ini semalaman.
  • Setelah selesai, maka anda dapat mencucinya dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker madu ini sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Madu dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Madu

4. Jeruk Nipis

Selain berbagai bahan alami yang telah disebutkan diatas, jeruk nipis tentu saja juga menjadi bahan herbal favorit yang dapat diandalkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Jeruk nipis ini selain memiliki khasiat yang ampuh untuk bekas jerawat, juga mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis:

  • Jeruk Nipis memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi yang membuat jeruk nipis ini dapat memicu produksi kolagen. Manfaat kolagen untuk jerawat addalah menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan noda bekas jerawat.
  • Jeruk mengandung asam sitrat yang dapat menyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit, sehingga akan mempercepat penyembuhan noda bekas jerawat.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan jeruk nipis

  • Pertama, anda perlu mempersiapkan jeruk nipis dan sedikit air bersih.
  • Kemudian campurkan perasan jeruk nipis ke dalam air bersih, kemudian aduk hingga campuran tersebut merata.
  • Oleskan campuran perasan jeruk nipis dan air tersebut ke area kulit anda yang terdapat noda bekas jerawat.
  • Diamkan campuran tersebut di kulit anda selama 20 menit, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran jeruk nipis dan air ini sehari sekali secara rutin.

5. Lidah Buaya

Selama ini mungkin kita lebih banyak mengenal lidah buaya sebagai tanaman hias yang akan mempercantik tampilan rumah kita, namun ternyata lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat yang dapat kita gunakan, terutama untuk kesehatan kulit kita. Lidah buaya merupakan sumber herbal yang sangat luar biasa untuk menghilagkan noda bekas jerawat. Berikut ini alasan mengapa lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengatasi noda bekas jerawat beserta manfaat lidah buaya untuk jerawat, serta cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya:

  • Lidah buaya mengandung komponen bernama polisakarida dan giberelin yang akan memicu pertumbuhan sel baru, sehingga noda bekas jerawat di kulit anda akan semakin cepat tersamarkan.
  • Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang akan mempercepat proses penyembuhan noda bekas jerawat di kulit anda dan juga akan mencegah datangnya jerawat baru di kemudian hari.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan lidah buaya

  • Pertama, anda perlu menyiapkan 1 daun lidah buaya. Kemudian potong lidah buaya tersebut sehingga anda dpaat melihat kandungan gel di dalam lidah buaya tersebut.
  • Kemudian anda dpaat mengoleskan gel lidah buaya tersebut ke area kulit anda yang terdapat noda bekas jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan gel lidah buaya ini paling tidak 3 kali dalam seminggu secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

6. Timun

Sama seperti tomat, timun juga merupakan suatu bahan makanan yang biasanya kita gunakan sebagai lalapan, namun ternyata memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk mengatasi berbagai masalah di kulit kita, terutama yang berkaitan dengan jerawat dan bekas jerawat. Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat timun bagi jerawat di kulit kita serta langkah cara membuat masker timun dengan mudah:

  • Timun memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk menyingkirkan debu, kotoran, maupun sel kulit mati yang menumpuk di kulit, sehingga akan mempercepat proses penghilangan noda bekas jerawat.
  • Timun memiliki kandungan Vitamin C dan E, sekaligus beberapa mineral seperti kalsium, potassium, magnesium, dan fosfor yang akan menyehatkan kulit anda secara keseluruhan dan juga akan mempercepat proses penyembuhan noda bekas jerawta.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan timun

  • Pertama, anda perlu menyiapkan 1 buah mentimun, kemudian potong timun tersebut menjadi beberapa iris.
  • Nah, setelah itu anda tinggal menempelkan irisan mentimun tersebut ke area kulit anda yang terdapat noda bekas jerawat.
  • Diamkan irisan timun tersebut selama kurang lebih 20 menit agar meresap di pori-pori kulit anda. Setelah itu segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker timun ini sehari sekali secara rutin.

7. Minyak Zaitun

Selain bahan herbal yang telah disebutkan diatas, minyak zaitun juga merupakan salahs atu bahan herbal yang memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah jerawat di kulit anda. Berikut ini merupakan beberapa manfaat minyak zaitun untuk mengatasi masalah noda bekas jerawat di kulit anda serta cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun:

  • Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang membuat minyak zaitun ini mampu mempercepat proses penyamaran noda bekas jerawat di kulit anda.
  • Minyak Zaitun mengandung Vitamin E yang sangat tinggi sehingga dapat mempertahankan keseimbangan kadar pH kulit anda sekaligus mempercepat proses penyembuhan noda bekas jerawat.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan minyak zaitun

  • Pertama, anda perlu menyiapkan minyak zaitun terlebih dahulu, kemudian oleskan minyak zaitun tersebut ke area kulit anda yang terdapat noda bekas jerawat.
  • Ada baiknya jika anda mengoleskan minyak zaitun ini pada malam sebelum anda tidur, sehingga anda dapat mendiamkan minyak zaitun ini meresap di kulit anda semalaman.
  • Pagi harinya, anda dapat mencuci bersih kulit anda dengan menggunakan air bersih dan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat, kemudian keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat mengoleskan minyak zaitun ini setiap malam secara rutin.
Sponsors Link

 8. Kunyit

Mungkin selama kita lebih mengenal kunyit sebagai bumbu rempah-rempah yang akan memperkaya cita rasa makanan yang kita buat, namun tahukah anda bahwa ternyata kunyit juga bisa anda gunakan untuk mengatasi berbagai masalah di kulit anda? Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat kunyit untuk jerawat di kulit anda serta cara menghilangkan bekas jerawat dengan kunyit.

  • Senyawa kurkumin pada kunyit memiliki kemampuan anti-inflamasi, yang akan menghindarkan anda dari bahaya peradangan jerawat.
  • Kunyit merupakan antiseptik alami yang membuat kunyit ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dengan cepat serta mempercepat proses penyembuhan noda bekas jerawat.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan kunyit

  • Pertama, anda perlu menyiapkan kunyit, kemudian anda tumbuk kunyit tersebut hingga halus dan teksturnya menyerupai bubuk.
  • Setelah itu, campurkan kunyit yang telah berupa bubuk tersebut ke dalam air bersih, sedikit saja, kemudian aduk hingga campuran tersebut merata.
  • Selanjutnya anda dapat mengoleskan campuran kunyit dan sedikit air tersebut ke area kulit anda yang terdapat noda bekas jerawat.
  • Diamkan hingga campuran tersebut mengering di kulit anda. Setelah itu anda dapat mencuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker kunyit ini sehari sekali secara rutin.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa selain digunakan sebagai salah satu bahan masakan, juga memiliki berbagai macam manfaat untuk mengatasi berbagai masalah jerawat dan bekas jerawat di kulit anda, lho. Tidak percaya? Berikut ini merupakan beberapa manfaat minyak kelapa untuk mengatasi berbagai macam masalah jerawat di kulit anda.

  • Minyak kelapa dapat mengehtikan proses oksidasi sekaligus juga dapat mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat di kulit anda dan dapat digunakan sebagai cara menghindari jerawat.
  • Minyak kelapa mengandung asam kaprat dan juga Vitamin E dan K yang akan sangat bermanfaat untuk memicu pertumbuhan sel kulit baru yang sehat, sehingga tidak diragukan lagi bahwa noda bekas jerawat di kulit anda akan semakin cepat tersamarkan.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan minyak kelapa

  • Pertama tentu saja anda harus menyiapkan minyak kelapa
  • Setelah itu, anda tinggal mengoleskan minyak kelapa ke area kulit anda yang memiliki noda bekas jerawat.
  • Kemudian diamkan minyak kelapa di kulit anda selama kurang lebih 10 menit, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air hangat, kemudian diikuti dengan air dingin.
  • Sebagai alternatif, anda juga dapat mengoleskan minyak kelapa ini pada malam sebelum anda tidur, kemudian biarkan minyak tersebut meresap di kulit anda semalaman.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat mengoleskan minyak kelapa ini sekali setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Minyak Ular untuk Jerawat

10. Bengkoang

Bengkoang merupakan buah yang termasuk ke dalam kelompok umbi-umbian serta memiliki kandungan air yang cukup. Selain cukup lezat dikonsumsi, bengkoang juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kulit anda. Berikut ini beberapa manfaat bengkoang untuk mengatasi masalah jerawat anda:

  • Bengkoang memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat adalah bahwa vitamin ini akan memicu produksi kolagen yang akan menghaluskan kulit serta mempercepat proses penyembuhan noda bekas jerawat.
  • Bengkoang memiliki sifat anti-inflamasi yang tentu saja akan menghindarkan kulit anda dari bahaya infeksi jerawat dan peradangan akibat bakteri penyebab jerawat serta dapat mempercepat proses penyembuhan noda bekas jerawa.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan bengkoang

  • Pertama-tama, tentu saja anda perlu untuk menyiapkan buah bengkoang. Kemudian parut buah bengkoang tersebut hingga halus.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan parutan bengkoang tersebut ke area kulit anda yang terkena noda bekas jerawat.
  • Kemudian diamkan parutan bengkoang tersebut di kulit anda selama kurang lebih 15 menit, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker bengkoang ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Cengkeh untuk Jerawat

Tips Menghindari Timbulnya Bekas Jerawat

Setelah anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan bahan alami, sekarang saatnya anda mengetahui berbagai tips untuk menghindari timbulnya bekas jerawat di kulit anda di kemudian hari. Berikut ulasannya.

  • Jangan memencet jerawat. Memencet jerawat merupakan salah satu hal yang menyebabkan timbulnya bekas jerawat di kulit anda. Ketika anda memencet jerawat, maka efek akibat jerawat dipencet adalah jerawat anda akan pecah dan meninggalkan luka di kulit anda, sehingga timbulah bekas jerawat.
  • Jangan menyentuh jerawat dengan tangan. Ketika terdapat jerawat di kulit anda, maka sebisa mungkin jangan sentuh jerawat anda dengan tangan, karena tangan yang kotor akan memicu timbulnya bekas jerawat di kulit anda.
  • Rajin membersihkan kulit. Saat ada jerawat di kulit anda, maka anda harus rajin untuk membersihkan kulit anda dengan menggunakan air bersih dan sabun muka sehingga kotoran maupun debu menyebabkan jerawat dan polusi yang memicu timbulnya bekas jerawat akan menghilang dari kulit anda.
  • Memakan makanan yang tepat. Ketika anda memiliki jerawat di kulit anda, jangan memakan makanan yang memicu peradangan jerawat, seperti makanan berminyak, makanan bersantan, dan makanan berlemak. Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti sayuran dan buah-buaha. Jangan lupa minum air secukupnya setiap hari.

Baca Juga Artikel tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui segala cara untuk menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami. Tetap aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 29th, June 2016 / 14:45 Oleh :
Kategori : Pengobatan