Sponsors Link

9 Cara Mengobati Jerawat Dari Dalam Tubuh Secara Alami

Sponsors Link

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi akibat produksi kelenjar minyak yang berlebih di kulit ditambah dengan debu dan kotoran. Selain itu andil dari bakteri jerawat bernama acne vulgaris juga turut mempengaruhi munculnya jerawat di wajah. Pada dasarnya wajah memiliki bakteri baik yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat secara alami. Namun seiring dengan kebiasaan yang kurang sehat dalam merawat kulit kemampuan bakteri baik ini semakin memudar. ( Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat, Perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami )

Sponsors Link

Untuk jenisnya sendiri jerawat memiliki ukuran dan jumlah yang berbeda – beda. Disebut jerawat biasa jika benjolan yang tumbuh berwarna pink dengan ukuran yang kecil. Dan saat pertama kali tumbuh hanya di satu tempat saja. Namun jika di pencet jerawat bisa menyebar ke seluruh bagian wajah. Sedangkan untuk jerawat pasir memiliki ukuran yang kecil – kecil namun dalam jumlah yang banyak. Jerawat pasir sendiri jika di lihat secara kasat mata dari jauh tidak akan tampak, namun jika meraba permukaan kulit maka akan terasa benjolan yang banyak di kulit. Dan terakhir adalah jerawat batu. Jenis jerawat itu cukup parah dan sulit untuk sembuh. Ini karena selain berwarna merah yang meradang ukuran jerawat ini sangatlah besar itulah sebabnya dinamakan dengan jerawat batu. Jerawat batu ini jika sembuh biasanya akan menimbulkan jaringan parut pada kulit. (Baca juga : Macam jerawat)

Jerawat memang bukanlah masalah kulit yang serius, dan jerawat akan hilang dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia. Pada umumnya di usia 30 tahun sudah jarang orang yang terkena jerawat dan rata – rata hanya orang yang mengonsumsi suatu pil saja yang terkena jerawat,contohnya pil KB. Untuk mengobati jerawat sendiri banyak cara yang bisa dilakukan. Namun lagi – lagi faktor tumbuhnya jerawat lebih banyak berasal dari dalam tubuh dari pada luar tubuh sendiri. Berikut ini cara untuk mengobati jerawat dari dalam :

1.Olahraga

Olahraga merupakan serangkaian akifitas yang di lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan melakukan olahraga yang teratur tubuh menjadi tidak mudah sakit dan sehat selalu. Di sisi lain manfaat dari olahraga adalah untuk menurunkan berat badan. Olahraga juga dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga olahraga dapat mengobati jerawat dari dalam karena menerapkan pola hidup yang sehat. Olahraga yang dilakukan tidak harus yang berat dengan olahraga ringan setiap harinya bisa membantu Anda.Contoh dari olahraga ringan adalah joging, bersepeda atau naik turun tangga. Anda dapat melakukannya sebanyak 30 menit setiap harinya.

Artikel terkait :

2. Perbanyak minum air putih

Minum air putih di anjurkan sebanyak 8 gelas setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Namun berbeda jika aktifitas Anda sangat padat maka memungkinkan untuk minum setiap terasa haus. Ini agar membantu mencegah tubuh dari dehidrasi. Karena akibat dari dehidrasi bisa membuat tubuh kehilangan fokus, kesadaran dan letih setiap harinya. Manfaat minum air yang cukup untuk menjaga kesehatan dan mencegah jerawat dengan cara membuang racun melalui urine yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jadi jangan lupa untuk minum yang cukup setiap harinya.

3. Hindari stres

Mengobati jerawat dari dalam selanjutnya adalah dengan menghindari stres. Stres bisa di sebabkan karena beberapa faktor salah satunya beban kegiatan yang terlalu banyak. Itu sebabnya di sini Anda di tuntut untuk dapat mengelola stres dengan baik dan bijak. Dengan pengendalian stres yang benar maka tubuh akan sehat dan dapat mencegah masalah kulit lainnya selain jerawat. Karena stres yang berkepanjangan bisa membuat tubuh menjadi terlihat tua dan kulit keriput. Cobalah untuk duduk dia sejenak tanpa memikirkan apapun kemudian perlahan tarik nafas dalam – dalam dan tahan sebentar. Setelah itu keluarkan dengan cara perlahan – lahan sambil merileskan pikiran.

(Baca juga : Ciri ciri jerawat karena hormon)

Sponsors Link

4. Jangan pernah begadang

Begadang saat sekarang mungkin bukan hal yan baru lagi. Seakan melakukan aktifitas di malam hari lebih seru daripada melakukan aktifitas di siang hari. Malam hari di habiskan dengan kegiatan berkumpul dengan teman – teman. Kebiasaan ini memang tidak salam namun jika selalu begadang tentu tidak baik untu kulit. Saat malam hari merupakan waktu yang tepat bagi kulit untuk beregenerasi. Artinya kulit melakukan pengelupasan dari sel – sel kulit mati kemudian di ganti dengan sel kulit yang baru. Proses ini secara lambat laun mampu untuk mengobati jerawat di kulit. Jadi jika Anda memiliki jerawat di wajah sebaiknya jangan pernah begadang jika tidak ada sesuatu yang terlalu penting – penting sekali. Tetap dengarkan bahasan tubuh Anda sendiri.

(Baca juga : Masker alami untuk wajah berjerawat)

5. Konsumsilah buah dan sayuran

Untuk mengobati jerawat dari dalam selanjutnya adalah perbanyak konsumsi sayuran dan buah. Sayur dan buah kaya akan serat, vitamin dan mineral yang mampu menutrisi kulit dari dalam. Dengan sering makan sayur dan buah jerawat di kulit akan perlahan sembuh dan bekas jerawatnya akan menghilang. Selain itu buah dan sayuran mampu membuat kulit Anda tampak cerah dan bercahaya. Imbasnya Anda akan terlihat lebih muda dari usia Anda yang sebenarnya. Jadi jangan ragu untuk menganti cemilan anda dengan buah dan sayuran yang lebih sehat. Ingat bahwa kesehatan kulit Anda adalah cerminan dari apa yang biasa anda konsumsi sehari – hari.

Artikel terkait :

ads

6. Hindari makanan goreng dan olahan

Selanjutnya cara untuk mengobati jerawat dari dalam adalah dengan tidak konsumsi makanan bergoreng dan olahan. Memang di akui bahwa makanan yang goreng dan olahan lebih lezat dan enak di cicipi lidah. Namun jika Anda ingin mengobati jerawat di wajah yang semakin hari semakin parah itu lebih baik hindari makanan seperti gorengan, junk food dan mengandung lemak tinggi. Karena menurut penelitian makanan tersebutlah dapat memicu timbulnya jerawat di kulit wajah dan membuat jerawat sulit untuk sembuh dari wajah meskipun telah melakukan berbagai perawatan dari luar untuk menghilangkan jerawat yang bersarang di wajah Anda.

(Baca juga : Makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus)

7. Membersihkan wajah 2 kali sehari

Wajah yang setiap harinya berhadapan dengan berbagai debu dan polusi wajib untuk dibersihkan. Dan untuk membersihkan wajah di anjurkan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Seberapa kali melakukan pembersihan pada wajah dianjurkan sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi dan siang hari. Pemilihan pembersih wajah untuk menghilangkan jerawat pilihlah yang tidak memiliki kandungan minyak dan juga tidak membuat kulit kering. Baiknya pembersih yang berbahan dasar air sehingga cepat meresap ke dalam kulit. Mengobati jerawat dari dalam memang membutuhkan kebiasaan yang harus di rubah dari tidak baik menjadi kebiasaan yang baik.

Artikel terkait :

8. Tidak minum minuman bersoda dan berkafein

Minuman juga berperan dalam pengobatan jerawat. Jika Anda serius ingin mengobati jerawat baiknya untuk menghindari minuman yang mengandung soda dan kafein. Minuman ini kaya akan gula yang dapat membuat jerawat mudah muncul di kulit. Itu sebabnya baiknya Anda konsumsi air putih saja lebih banyak untuk menekan kemauan minum minuman yang bersoda dan berkafein. Jika Anda bisa merubah kebiasaan ini maka jerawat akan memudar seiring dengan berjalannya waktu secara alami.

Artikel terkait :

9. Istirahat

Istirahat yang cukup juga memiliki manfaat yang besar untuk mengobati jerawat dari dalam. Dengan istirahat yang cukup tubuh akan melakukan perbaikan ke seluruh bagian tubuh dan ini sangatlah baik sekali. Setiap harinya kita btuh istirahat sebanyak 8 jam sehari. Jadi cukupkan waktu Anda untuk beristirahat selalu.

Itulah beberapa langkah untuk mengobati jerawat dari dalam, Anda bisa mempraktekkanya sendiri di rumah agar jerawat di kulit dapat segera sembuh dan kulit kembali bebas jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 14th, January 2017 / 04:13 Oleh :
Kategori : Pengobatan