Sponsors Link

10 Cara Mengobati Jerawat di Daun Telinga Paling Ampuh Secara Alami

Sponsors Link

Jerawat di daun telinga adalah jerawat yang berbentuk seperti komedo yang berisi benjolan kecil atau bahkan besar dengan warna merah atau kuning dimana jerawat ini berisi nanah keputihan atau kekuningan. Nanah pada jerawat di daun telingan seringkali menjadi penyebab rasa nyeri di telinga dimana nyeri ini akan terus meningkat dan sakit luar biasa seiring dengan tingkata keparahan infeksi pada daun telingamu. Walaupun tidak begitu terlihat, namun jerawat di daun telingan akan membuat seseorang tidak nyaman dan amat menyakitkan. Jika tidak ditangani dengan baik, maka jerawat daun telinga bisa berkembang lebih parah seperti radang jerawat atau bisul. Bahkan bila bertambah parah, kemungkinan kamu juga akan mengalami masalah pendengaran atau memicu gangguan pendengaran sementara waktu.

Sponsors Link

Lalu apa sih penyebab jerawat di telinga itu? Dan bagaimana cara mengobatinya? Pada ulasan kali ini, kita akan membahas cara mengobati jerawat di daun telinga.

Penyebab jerawat di daun telinga

Selain kita harus mengetahui penyebab jerawat di punggung, penyebab jerawat di hidung, penyebab jerawat di dagu, penyebab jerawat di kepala, penyebab jerawat di hidung, penyebab jerawat batu, kita juga harus mengerti penyebab jerawat di telinga. Apa saja itu? Berikut ulasannya :

  • Infeksi folikel rambut di saluran telinga dimana infeksi ini akan menyebabkan jerawat kecil kemerahan yang amat menyakitkan
  • Telinga yang mnegandung sisa kotoran
  • Minyak berlebih
  • Iritasi akibat kemungkinan penggunaan aksesoris seperti anting-anting. Sebaiknya orang-orang yang alergi terhadap logam dan emas menghindari memakai aksesoris karena akan menyebabkan timbulnya jerawat
  • Kotornya rambut
  • Luka pada telinga yang disebabkan karena goresan atau tusukan benda. Bila seseorang mengalami luka di daun telinga segera untuk diobati karena bila dibiarkan akan mudah dihinggapi bakteri penyebab jerawat yang bisa menimbulkan jerawat di daun telinga.

Cara mengobati jerawat di daun telinga

Perlu kamu ketahui bahwa menghilangkan jerawat di daun telinga bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Meskipun banyak orang yang mencoba menggunakan segala cara seperti memakai jarum jahit steril yang ditusukkan ke jerawat, memencet atau memecahkan namun cara ini bukanlah cara yang baik untuk menghilangkan jerawat di daun telinga tetapi malah akan membuatnya lebih parah. Tentunya berkonsultasi dengan dokter adalah saran yang paling benar karena dokter adalah ahli yang berkompeten untuk mengetahui secara detail bagaimana pengobatan yang terbaik untuk menangani masalah jerawat di daun telinga.akan tetapi ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau paling tidak mengurangi rasa sakit jerawat yang ada di daun telingamu. Berikut ulasannya :

  1. Kompresan air hangat

Jerawat yang tumbuh tentunya akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa dan amat menyakitkan. Apalagi ketika kamu harus memakai helm dan tidak sadar tidur dalam kondisi telinga tertekan. Untuk mengurangi rasa nyeri ini kamu bisa menggunakan kompresan ar hangat. Caranya dengan mengusap daun telinga terlebih dahulu dengan alkohol untuk membersihkan bakteri, kemudian tempelkan kapas ke daun telinga yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat selama 5 menit. Jangan lupa untuk mengulangi terapi ini sekitar 3-4 kali sehari.

  1. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida adalah salah satu obat jerawat yang paling ampuh dalam mengatasi jerawat yang menyebalkan ini. Caranya cukup dengan membeli benzoil peroksida di apotik, cuci bersih telingamu dengan air hangat dan sabun, tunggu sekitar 15 menit atau hingga benar-benar kering lalu oleskan obat ini.

Sponsors Link

  1. Gel lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk jerawat tak bisa diragukan lagi. Lidah buaya adalah salah satu obat jerawat alami dan tumbuhan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Kandungan anti bakterinya telah terbukti handal untuk mengurangi pembengkakan dan pengempesan pada jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya cukup dengan mengambil daging lidah buaya lalu oleskan ke jerawat, tunggu sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Jangan lupa mengulangi setidaknya 2 kali sehari.

  1. Susu

Penumpukan kulit mati yang menyebabkan jerawat di daun telinga dapat kamu angkat menggunakan susu. Susu dipercaya sebagai bahan alami yang berfungsi sebagai cairab pembersih alami. Cukup rendama kapas ke dalam susu, oleskan pada telinga yang berjerawat, tunggu sekitar 10 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk mengulangi 3-4 kali sehari.

  1. Cuka sari apel

Kandungan antiseptik yang terkandung dalam cuka sari apel telah terbukti bisa mencegah infeksi,  mengecilkan pori-pori dan mecegah tumbuhnya bakteri. Caranya cukup dengan mencelupkan bola kapas ke dalam cuka lalu tempelkan ke telinga yang berjerawat. Tunggu sekitar 1 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan metode ini 3-4 kali sehari.

Sponsors Link

  1. Kantong teh
  • Kandungan zat tanin yang dikandung dalam kantong teh dapat membantu mengurangi peradangan sehinggan kantong teh dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat tanpa bekas secara cepat dan ampuh. Caranya cukup dengan membasahi kantong teh dengan air panas lalu tempelkan di telinga yang berjerawat. Lakukan hal ini agar peradangan jerawat dapat berkurang.
  1. Bawang putih

Manfaat bawang putih untuk jerawat juga tidak bisa diragukan lagi. Sifat anti bakteri yang dikandung bawang putih akan mengurangi sakit akibat jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih adalah cukup menyiapkan 2 siung bawang putih dan 2 sendok makan minyak wijen. Panaskan minyak tersebut lalu tekan bawang putih di dalamnya. Setelah hangat, saring minyak dan biarkan bawang putih dingin. Lalu oleskan ke daun telinga yang berjerawat dan biarkan selama beberapa menit. Lakukan paling sedikit 2 kali sehari

  1. Kemangi

Kemangi juga masuk dalam daftar bahan alami yang mampu mengurangi sakit Caranya sangat mudah, cukup dengan menyediakan beberapa daun kemangi serta kapas. Caranya sangat mudah, pertama hancurkan daun kemangi dengan cara menekannya dengan sendok untuk mendapatkan sari ekstraknya, tekan kapas ke dalam ekstrak kemangi lalu tempelkan ke telinga yang berjerawat.

  1. Minyak pohon teh

Bahan alami selanjutnya adalah minyak pohon teh yang memiliki sifat anti bakteri dimana akan membantu infeksi dan penyembuhan secara cepat. Cukup dengan menyediakan 1 sendok teh minyak pohon teh, 9 sendok teh air dan kapas. Pertama larutkan terlebih dahulu minyak pohinteh dengan air, kemudian terapkan ke jerawat dengan menggunakan kapas. Lakukan setidaknya 2-3 kali sehari.

  1. Minyak zaitun

Cukup sediakan minyak zaitun dan alat bantu pipet tetes. Ambil minyak zaitun dengan pipet lalu tungkan 2-3 tetes ke daun telinga yang berjerawat. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari. Jangan lupa untuk menambah pengetahuanmu dengan membaca cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun agar kamu bisa menghilangkan jerawat dengan mudah.

Demikian cara-cara mengobati jerawat yang ada di daun telinga. Biasakan untuk melakukan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat serta perhatikan makanan pencegah jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan