Sponsors Link

12 Cara Mengobati Jerawat di Kemaluan Wanita Secara Alami

Sponsors Link

Tidak akan pernah ada habisnya jika membahas segala sesuatu tentang jerawat. Selalu ada saja topik yang menarik disimak. Salah satunya adalah pertumbuhan jerawat yang kadang tidak mengenal tempat. Seluruh bagian tubuh bisa ditumbuhi jerawat tanpa terkecuali, termasuk bagian paling intim sekalipun, yaitu kemaluan wanita. Jerawat pada kemaluan wanita patut untuk dikhawatirkan karena bisa jadi mengindikasikan masalah kesehatan tertentu yang lebih parah.

Sponsors Link

Oleh sebab itu, saat jerawat di kemaluan wanita mulai muncul, wanita harus cepat cepat memikirkan cara menghilangkannya. Berikut adalah cara mengobati jerawat di kemaluan wanita yang bisa dilakukan:

1. Banyak Minum Air Putih

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang rajin minum air putih. Air putih akan membantu meningkatkan kesehatan dan kelembaban kulit, serta menjauhkan kulit dari dehidrasi atau kekeringan. Kulit yang sehat tidak akan mudah ditumbuhi jerawat atau masalah kulit yang lainnya.

2. Tidak Makan Makanan Berminyak

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak adalah makanan penyebab timbulnya jerawat yang wajib untuk dihindari. Makanan berminyak akan memicu peningkatan produksi minyak pada kelenjar kelenjar sebum yang ada di kulit. Seperti yang diketahui, produksi minyak yang berlebihan akan meningkatkan resiko munculnya jerawat.

3. Mengurangi Minuman Kafein

Menghindari minuman yang mengandung kafein adalah cara tepat untuk mengobati jerawat yang ada dalam kemaluan. Zat kafein yang ada di dalam minuman seperti kopi dan teh akan menyebabkan kulit mengalami dehidrasi parah dan menghilangkan kelembaban alami yang ada di are kemaluan wanita. Jika kulit di area kemaluan sangat kering dan kehilangan kelembaban, maka jerawat akan sangat mudah muncul dan menjamur.

4. Memotong Rambut Kemaluan

Jerawat yang ada di kemaluan wanita bisa jadi disebabkan oleh penumpukan bakteri yang ada di sana. Salah satu penyebab munculnya bakteri adalah rambut di kemaluan. Cara mengobati jerawat di kemaluan wanita secara alami bisa dilakukan dengan memotong rambut di kemaluan. Memotong tidak sama dengan mencukur. Potong sedikit saja hingga rambut menjadi sangat pendek menggunakan gunting .

5. Menggunakan Antiseptik

Cara mengobati jerawat di kemaluan wanita dapat dilakukan dengan menggunakan antiseptik. Jerawat adalah pusat bertumbuhnya bakteri. Oleh sebab itu, menggunakan antiseptik adalah cara yang tepat karena fungsi dari antiseptik itu sendiri adalah membunuh bakteri yang ada di jerawat. Oleskan antiseptik secara tipis tipis saja. Jangan menggunakan antiseptik setiap hari, hanya jika terasa gatal saja.

6. Menggunakan Betadine

Betadine termasuk ke dalam golongan obat keras yang bisa membunuh bakteri pada luka dalam waktu singkat saja. Namun jangan terlalu sering memberikan betadine pada jerawat di kemaluan karena akan mempengaruhi keseimbangan pH alaminya. Campurkan betadine dengan air, lalu totolkan ke jerawat dengan menggunakan kapas.

Sponsors Link

Penyebab Munculnya Jerawat di Kemaluan Wanita

Inilah berbagai penyebab munculnya jerawat di kemaluan wanita yang harus diwaspadai:

1. Peradangan Kulit (Acne Inversa)

Acne inversa merupakan peradangan kulit yang sangat parah, biasanya menyerang area lipatan seperti selangkangan dan bawah payudara. Area selangkangan yang mengalami iritasi menjadi salah satu penyebab jerawat pada miss V yang harus diwaspadai. Iritasi ini dipengaruhi oleh produksi keringat pada kelenjar yang ada di kedua bagian tersebut.

Tanda awal peradangan kulit ini adalah bintik seperti bisul berisi nanah di sekitar area kemaluan wanita. Jerawat ini tidak mudah untuk disembuhkan dan biasanya meninggalkan bekas luka. Hanya saja kasus ini termasuk langka.

2. Infeksi Virus

Infeksi virus atau yang disebut dengan Molluscum contagiosum dalam dunia kedokteran adalah penyakit yang menyerang kelamin, ditandai dengan munculnya bisul kecil menonjol sewarna daging.

Cara mengatasi kondisi ini adalah dengan pergi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Jangan khawatir karena jerawat jenis ini akan segera hilang dengan diberi obat minum atau salep penghilang jerawat khusus untuk daerah kemaluan.

3. Kontak Dermatitis

Kontak dermatitis merupakan sebuah reaksi yang diberikan oleh kulit setelah ada suatu benda tertentu yang bersentuhan langsung dengan kulit. Benda yang dimaksud adalah parfum, sabun, pembalut, bedak, kondom, detergen, tampon, dan obat obatan lainnya. Kandungan yang ada di dalam semua benda tersebut bisa memicu munculnya bisul di bibir kemaluan wanita.

Sponsors Link

Cara Mencegah Jerawat di Kemaluan Wanita

Munculnya jerawat di kemaluan wanita tentu meresahkan. Tidak hanya sekedar masalah kulit biasa, munculnya bisul dikhawatirkan menjadi masalah kesehatan yang ternyata lebih serius. Oleh karena itu, agar kemaluan tetap sehat dan bebas dari segala masalah kulit, lakukan berbagai cara pencegahan seperti berikut ini:

1. Memilih Pakaian Dalam yang Benar

Pakaian dalam menjadi faktor utama dalam menjaga kesehatan vagina dan area kemaluan wanita lainnya. Pilih pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun atau bahan lain yang mudah menyerap keringat. Hal ini penting untuk menjaga sirkulasi udara dari dan ke dalam area intim tetap lancar. Selain itu, jangan menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat karena menyebabkan kulit susah bernapas dan meningkatkan terjadinya gesekan antara kulit dengan pakaian dalam.

2. Rajin Membersihkan Area Vagina

Membersihkan area vagina tidak perlu dengan menggunakan sabun karena kandungan di dalam sabun justru akan merusak keseimbangan pH alami di area intim. Bersihkan dengan menggunakan air hangat setiap mandi. Jangan lupa secara rutin memotong rambut vagina. Jangan menggunakan alat pencukur karena bisa menyebabkan iritasi kulit saat mata pisau bersentuhan langsung dengan kulit.

3. Tidak Sembarangan Menggunakan Pembersih Area Intim

Banyak wanita menggunakan pembersih khusus untuk area kewanitaan yang dijual bebas. padahal menggunakan pembersih semacam ini tidak baik dan justru bisa berbahaya untuk kesehatan area kewanitaan lho. Sabun untuk area intim akan mengganggu keseimbangan pH alami di area tersebut dan menyebabkan munculnya berbagai macam bakteri. Sebaiknya bersihkan area kewanitaan dengan menggunakan air hangat saja.

Itulah berbagai cara mengobati jerawat di kemaluan wanita yang bisa dilakukan. Banyak muncul pertanyaan jerawat di kemaluan bahayakah? Agar tidak sampai terjadi, jaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan agar tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius lagi. Ingat, jangan hanya kecantikan wajah saja yang dijaga. Area kewanitaan juga merupakan aset yang sangat penting bagi kaum wanita.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.