Sponsors Link

7 Cara Mengurangi Hormon Androgen Penyebab Jerawat Paling Efektif

Sponsors Link

Salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu pada wanita adalah jerawat. Munculnya jerawat berpengaruh terhadap penampilan fisik seorang wanita, dan bisa menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat tersendiri.

Sponsors Link

Ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, salah satunya adalah hormon. Kadar hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Salah satu hormon penyebab jerawat pada tubuh wanita adalah hormon androgen. Umumnya hormon androgen berfungsi untuk merangsang dorongan seksual, pembentukan otot, tulang, kulit, organ seksual, dan sel darah merah.

Kelebihan hormon androgen di dalam tubuh menyebabkan peningkatan aktivitas kelenjar sebum, yang berpotensi meningkatkan produksi minyak wajah yang menyebabkan jerawat semakin mudah tumbuh.

Jika hormon androgen di dalam tubuh terasa berlebihan, wanita harus segera mencari cara menstabilkan hormon penyebab jerawat agar tidak semakin parah. Saat hormon androgen di dalam tubuh terasa berlebihan, berikut cara mengurangi hormon androgen penyebab jerawat melalui konsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini:

1. Minyak Kelapa

Bagi wanita yang kelebihan kadar androgen di dalam tubuhnya dapat mengganti minyak goreng yang digunakan untuk mengolah makanan dengan minyak kelapa. Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan asam laurat yang dapat mengontrol produksi hormon dan memperbaiki kulit. Manfaat lain dari minyak kelapa adalah membunuh virus dan memperbaiki sistem metabolisme di dalam tubuh.

2. Alpukat

Buah alpukat sangat baik untuk kulit karena mengandung banyak vitamin E yang menutrisi kulit. Kandungan lain di dalam buah ini adalah magnesium, potassium, dan asam folat yang membantu menyeimbangkan kadar hormon androgen di dalam tubuh.

3. Kacang Kacangan

Mungkin selama ini banyak yang menganggap kacang kacangan sebagai makanan penyebab timbulnya jerawat. Padahal jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, kacang kacangan dapat mengurangi kelebihan hormon androgen di dalam tubuh. Kacang kacangan mengandung bahan aktif beta sitosterol yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menyeimbangkan hormon androgen d dalam tubuh. Salah satu jenis kacang yang baik dikonsumsi adalah kacang almond.

4. Daging Organik

Daging organik adalah daging yang dihasilkan dari hewan yang memakan tumbuhan organik. Karena sangat langka dan jarang dijumpai, daging hewan ini dijual dengan harga yang sangat mahal. Kandungan gizi di dalam daging organik 70 persen lebih tinggi dibandingkan dengan daging biasa.

5. Wortel

Buah dan sayur yang berwarna cerah seperti wortel dan pepaya sangat bermanfaat untuk mendetoksifikasi hormon androgen yang berlebihan di dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, sebaiknya wortel dikukus setengah matang atau dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Sponsors Link

6. Teh Hijau

Bukan rahasia lagi jika teh hijau kaya akan kandungan anti oksidan. Teh hijau dapat memberikan efek menenangkan di dalam tubuh, sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang stress. Saat ciri ciri jerawat karena hormon mulai muncul, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kondisi psikologis yang sedang stress.

7. Kayu Manis

Rempah rempah yang satu ini juga kaya akan anti oksidan yang salah satu manfaatnya adalah menjaga kadar insulin dalam darah. Selain dapat menyeimbangkan kadar hormon, kayu manis juga dapat menjaga kesehatan organ tubuh seperti liver.

Itulah berbagai macam cara mengurangi hormon androgen penyebab jerawat, melalui konsumsi makanan tertentu. Mencegah munculnya jerawat memang dapat dilakukan melalui banyak hal, salah satunya adalah dengan memakan makanan yang memberikan nutrisi baik untuk tubuh sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Kulit yang sehat harus dirawat dan dijaga, agar tidak mudah ditumbuhi jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan