Sponsors Link

8 Cara Menstabilkan Hormon Penyebab Jerawat yang Aman dan Efektif

Sponsors Link

Jerawat selain disebabkan oleh makanan penyebab jerawat, bakteri penyebab jerawat, kebiasaan penyebab jerawat, juga bisa disebabkan oleh faktor hormonal. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menstabilkan hormon penyebab jerawat. berikut ulasannya!t

Sponsors Link

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menstabilkan hormon penyebab jerawat, diantaranya adalah:

1. Mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat

Makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat tinggi berpotensi meningkatkan jumlah hormon kortisol dan estrogen di dalam tubuh sehingga bisa menjadi penyebab jerawat terus bermunculan. Dengan melakuan diet gula dan karbo selama beberapa minggu, mungkin jerawat hormon Anda bisa sedikit berkurang. Kemudian hindari makan goreng-gorengan dan ganti dengan makanan yang mengandung banyak serat. Sebab serat dapat mengikat hormon sehingga tubuh Anda tidak mengandung hormon berlebihan.

2. Kurangi stres

Emosi dan stres adalah dua hormon yang saling berkaitan. Sebab, ketika emosi tidak seimbang karena stres, maka masalah ini juga berpengaruh bagi fungsi-fungsi organ dalam tubuh. Hal ini kemudian bisa membuat Anda mengalami masalah jerawat. Jadi, coba kurangi stres Anda dengan melakukan liburan atau berinteraksi dengan orang-orang positif di sekitar Anda.

3. Olahraga di pagi hari

Olahraga di pagi hari ternyata juga mampu menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Sebab berolahraga membuat peredaran darah Anda menjadi lebih lancar dan stres berkurang. Vitamin D yang Anda dapat saat berolahraga di pagi hari tidak hanya membuat tulang menjadi sehat, namun juga sebagai pro-hormon yang mampu menstabilkan kadar gula dan mengurangi depresi rinngan.

4. Mengonsumsi pil KB

Pil KB yang meningkatkan produksi SBHG (sex hormone binding globulin) menjadi alternatif lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi jerawat karna hormon. Pil ini dapat menyerap hormon testosterone bebas penyebab sebum belebih di dalam darah. Saat awal pemakaian, pil KB ini kemungkinan menyebabkan jerawat banyak, namun akan membaik setelah tubuh bisa menyesuaikan. Namun, konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut. Selain pil KB, obat lain yang bisa Anda konsumsi adalah obat antiandorgen yang dapat menyeimbangkan kadar hormone androgen penyebab jerawat Anda.

5. Mengonsumsi lemak sehat

Menjaga hormon agar tetap terkendali juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak. Selain menyeimbangkan hormon, lemak sehat juga dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Lemak sehat tersebut bisa Anda temukan pada minyak kelapa, alpukat, salmon, dan beberapa makanan lainnya.

6. Menggunakan adaptogen herbal

Tanaman adaptogen mampu meningkatkan kadar keseimbangan hormon dan melindungi dari berbagai penyakit, bahkan meredakan stres berlebih. Selain meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, berbagai macam adaptogen seperti jamur, rhodiola, ashwagandha, dan basil suci mampu memperbanyak tiroid dan mengurangi kadar kolesterol secara alami. Kemudian mengurangi depresi, degenerasi sel otak, menstabilkan kadar gula daran dan insulin seta membantu fungsi kelenjar adrenal.

Sponsors Link

7. Mengonsumsi gizi tambahan

Suplemen diperlurkan biasanya untuk menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan suplemen terbaik salah satunya dari minya evening primrose, vitamin D yang sudah disebutkan tadi dan probiotik yang ampuh bagi kesabilan hormon Anda.

8. Memperhatikan obat-obatan yang dikonsumsi

Selain kelelahan, perubahan selera, pola tidur yang berubah, kesedihan atau bahkan depresi yang menganggu homon Anda. Ada beberapa obat yang harus Anda perhatikan karena menganggu keseimbangan hormon penyebab tumbuhnya jerawat dalam tubuh seperti kortikosteroid, stimulant, statin, agonis dopamin, rexinoid dan glukokortioid. Waspadai obat Anda dan bicarakan dengan dokter tentang efek samping obat tersebut.

Demikian cara menstabilkan hormon jerawat dan semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.