Sponsors Link

6 Cara Menstabilkan Hormon Penyebab Jerawat Secara Alami

Sponsors Link

Membahas masalah jerawat memang tak ada habisnya, karena permasalahan kulit satu ini sering dialami oleh sebagian besar orang. Salah satu penyebab jerawat terus bermunculan adalah karena hormon yang tidak stabil. Kelenjar endokrin menghasilkan senyawa protein untuk mengaktifkan serta mempercepat kinerja fungsi organ tertentu pada manusia, dan senyawa itulah yang dinamakan dengan hormon. Satu jenis hormon yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat adalah hormon androgen, yaitu hormon yang dimiliki oleh pria maupun wanita.

Sponsors Link

Munculnya jerawat disebabkan karena meningkatnya produksi minyak pada kulit akibat terjadinya kenaikan hormon androgen. Kenaikan hormon androgen ini bisa terjadi saat menjelang menstruasi, menopouse, hamil, stres, pengaruh makanan, dan juga obesitas. Nah, untuk mencegah jerawat agar tidak muncul kembali maka perlu dilakukan tindakan untuk menstabilkan hormon penyebab jerawat tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara menstabilkan hormon penyebab jerawat:

1. Menghindari Junk Food

Apabila Anda sering mengonsumsi Jun Food, maka sebaiknya sekarang dihindari. Hal ini dikarenakan Junk Food merupakan makanan yang tidak sehat karena mengandung lemak, gula, garam, dan kalori berlebih. Selain itu, Junk Food ini juga rendah nutrisi dan mengandung zat aditif sehingga tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, untuk menstabilkan hormon penyebab jerawat perlu menghindari Junk Food, misalnya gorengan, makanan cepat saji, makanan kaleng dan Junk Food lainnya. Mulailah memilih makanan-makanan sehat yang mengandung serat dan nutrisi tinggi guna menstabilkan hormon penyebab jerawat tersebut.

2. Membiasakan Minum Air Putih

Cara menstabilkan hormon penyebab tumbuhnya jerawat selanjutnya adalah membiasakan minum air putih. Dianjurkan untuk minum air putih 8 gelas dalam sehari, hal ini bertujuan untuk melancarkan proses metabolisme tubuh dan terhindar dari dehidrasi. Selain itu, juga dapat membantu menstabilkan homon salah satunya hormon penyebab jerawat. Oleh karena itu, kita perlu membiasakan minum air putih untuk mencegah munculnya jerawat dengan menstabilkan homon penyebab jerawat tersebut.

3. Melakukan Perawatan Wajah dan Tubuh

Meskipun penyebab jerawat muncul dikarenakan pengaruh hormon, kita tetap perlu memperhatikan kebersihan wajah dan tubuh. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya jerawat, karena jerawat akan membuat kita tidak nyaman terlebih jika jerawat sakit saat di sentuh. Oleh karena itu, perlu melakukan perawatan wajah dan tubuh untuk membantu proses menstabilkan hormon penyebab jerawat sebab jerawat bisa muncul tidak hanya faktor dari dalam melainkan juga faktor dari luar.

Perawatan wajah dan tubuh bisa dilakukan secara alami, misalnya membuat masker alpukat untuk jerawat. Selain mengetahui cara menstabilkan hormon penyebab jerawat, kita juga perlu mengetahui cara menghilangkan jerawat akibat hormon, misalnya saja cara menghilangkan jerawat dengan jeruk lemon.

4. Konsumsi Suplemen dan Probiotik

Mengonsumsi suplemen dan probiotik ini bisa menjadi salah satu pilihan sebagai cara menstabilkan hormon penyebab jerawat. Seuplemen dan probiotik ini akan membantu proses regenerasi kulit atau pergantian sel kulit mati sehingga mampu menstabilkan hormon penyebab jerawat. Suplemen seperti klorofil, spirulina, zinc, dan minyak ikan, serta minuman yogurt sebagai probiotik bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

5. Istirahat Cukup dan Minum Teh Hijau

Salah satu penyebab hormon tidak stabil adalah kurangnya istirahat sehingga menyebabkan stres. Oleh karena itu, diperlukan istirahat yang cukup untuk menstabilkan hormon penyebab jerawat. Selain menghindari makanan penyebab jerawat makin parah, kita bisa mengonsumsi teh hijau sebagai cara menstabilkan homron penyebab jerawat. Teh hijau ini mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga mampu mencegah munculnya jerawat dengan cara melindungi kulit dari berbagai macam oksidasi udara dan juga menangkal radikal bebas.

6. Konsumsi Obat Antiandrogen

Cara menstabilkan hormon penyebab jerawat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat antiandrogen. Obat ini dikonsumsi harus sesuai dengan resep dokter. Oleh karena itu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk diberikan resep obat yang sesuai. Cara ini bisa dilakukan apabila, sering muncul jerawat yang sangat parah. Dengan obat antiandrogen ini mampu menstabilkan hormon androgen, sehingga mencegah munculnya jerawat pada kulit.

ads
,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.