Sponsors Link

13 Cara Menyembuhkan Jerawat di Bibir Secara Alami Super Ampuh

Sponsors Link

Jerawat di bibir adalah sebuah problem tak menyenangkan yang dapat mengganggu selera makan Anda. Bayangkan jika Anda sedang menikmati makanan favorit Anda, tapi tiba-tiba bibir terasa sakit karena sendok yang digunakan untuk menyuap makanan, menyenggol jerawat yang muncul pada bibir.

Sponsors Link

Tentu Anda tak ingin hal ini terjadi, bukan?

Berikut ini kami rangkumkan cara menyembuhkan jerawat di bibir yang patut untuk Anda coba di rumah.

Artikel terkait:

  1. Rajin Membersihkan Bibir

Cara untuk membersihkan bibir tentu berbeda dengan cara membersihkan wajah. Anda tidak dianjurkan untuk mengusapkan sabun pencuci muka di bibir karena akan berbahaya jika tertelan. Cara untuk membersihkan bibir agar jerawat tak semakin parah, adalah dengan menggosok-gosok permukaan bibir dengan lembut menggunakan sikat dan pasta gigi. Cara membersihkan bibir yang seperti ini dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada bibir. Kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk dapat menjadi pemicu bersarangnya bakteri penyebab jerawat.

  1. Menggunakan Teh Hijau

Selain baik untuk dikonsumsi setiap hari untuk kesehatan badan, teh hijau ternyata juga berguna untuk mencegah jerawat di bibir. Kantung teh hijau yang telah direndam dalam air hangat, dapat Anda kompreskan dengan hati-hati di bibir yang berjerawat. (baca: produk korea untuk jerawat, cara menghilangkan jerawat batu di pipi)

Jangan lupa pula untuk mengonsumsi air teh hijau secara rutin agar dapat memberi manfaat kesehatan dari dalam.

  1. Menempelkan Es Batu

Es batu ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati jerawat di bibir. Suhu dingin dari es batu akan membuat pembuluh darah di bibir Anda menyempit, sehingga bakteri penyebab jerawat akan terdorong keluar. Selain itu, es batu juga bisa meredakan ngilu dan sakit karena jerawat di bibir. Maka dari itu, tempelkan es batu sesering mungkin jika mengalami problem jerawat di bibir.

Artikel terkait:

  1. Menggunakan Lemon

Perasan lemon adalah anti oksidan yang sangat ampuh untuk melawan penyakit dan menangkal radikal bebas. Jika mengalami problem jerawat di bibir, Anda dapat mengiris buah lemon dan mengoleskannya secara hati-hati di sekitar jerawat Anda.

Sponsors Link

  1. Gunakan Pasta Gigi Tanpa Zat Pewarna dan Pewangi

Kandungan bahan kimia dalam pasta gigi, juga bisa menyebabkan munculnya jerawat di bibir Anda. Pastikan Anda jeli untuk memilih pasta gigi yang plain dan tidak mengandung bahan kimia, seperti pewarna dan pewangi agar tak menjadi penyebab munculnya jerawat di bibir.

  1. Rajin Menggunakan Mouthwash

Cairan pencuci mulut atau mouthwash adalah salah satu zat anti bakteri yang akan melawan problem kesehatan di bibir dan mulut. Selain dapat membersihkan kuman di sela-sela gigi, penggunaan mouthwash juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati jerawat yang muncul di bibir.

ads
  1. Ganti Masker Setiap Hari

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, Anda harus sering mengganti masker anti polusi yang Anda pakai. Penggunaan masker berkontak langsung deng bibir dan hidung. Jika Anda tak rajin mengganti atau mencuci masker, kuman yang bersarang di masker akan berpindah dan menempel ke bibir hingga dapat menyebabkan problem jerawat.

Baca juga: 

  1. Mengurangi Penggunaan Lip Balm atau Lipstik yang Mengandung Lilin

Lip balm dan lipstik yang pekat dan mengandung lilin, dapat menutupi pori-pori di bibir Anda. Menggunakan lip balm dan lipstik dengan formula yang ringan akan jauh lebih sehat untuk bibir. Apabila jerawat yang muncul di bibir Anda cukup parah, Anda dapat menghentikan pemakaian lip balm dan lipstik sementara. Biarkan otot bibir Anda bernapas dengan bebas selama masa penyembuhan dari jerawat.

  1. Mengganti Sikat Gigi 3 Bulan Sekali

Mengganti sikat gigi secara berkala, merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi, bibir, dan mulut. Sikat gigi yang tak pernah diganti akan membuat kuman bebas bersarang di bulu sikat. Akibatnya, ketika Anda menggunakan sikat gigi yang sudah tercemar bakteri tersebut, Anda dapat mengalami problem jerawat di bibir yang tak diinginkan.

  1. Menggunakan Antibiotik

Antibiotik yang dikonsumsi, dapat mengurangi adanya infeksi oleh bakteri penyebab jerawat. Jika jerawat di bibir yang Anda alami cukup parah, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk meresepkan obat antibiotik. Patuhi resep dokter dan sesuaikan dosis antibiotik yang Anda konsumsi sesuai anjuran yang disarankan. Mengonsumsi antibiotik secara oral akan membantu mengurangi masalah jerawat di bibir yang Anda alami.

  1. Selalu Membersihkan Mulut Setelah Makan

Setiap kali Anda selesai makan, pasti akan ada sisa makanan yang menempel di mulut Anda. Jika sisa makanan ini tak rajin dibersihkan, Anda dapat mengalami problem jerawat di bibir yang tak diinginkan. Gunakan tisu kering atau sapu tangan yang bersih setiap kali Anda selesai makan. Jangan membiarkan sisa makanan menempel di bibir Anda, karena hal tersebut dapat memicu timbulnya jerawat di bibir, sekaligus dapat membuatnya menjadi semakin parah. (baca: jerawat di mata,  jerawat di dalam hidung)

  1. Menggunakan Kentang

Sebagai bahan aktif anti jerawat, tumbukan kentang dapat Anda aplikasikan di bibir untuk membantu meredakan masalah jerawat. Tumbuk kentang sampai halus, kemudian tempelkan pada jerawat di bibir. Jika dilakukan secara rutin, cara seperti ini dapat membantu menyembuhkan problem jerawat di bibir Anda.

  1. Jeli Membedakan Jerawat di Bibir dengan Infeksi Herpes

Terkadang, orang sering salah menduga bahwa bintil-bintil di bibir yang disebabkan karena virus Herpes, adalah jerawat. Maka dari itu, saat menemukan bintil dan peradangan pada bibir, teliti lah untuk mengenali apakah bintil tersebut adalah jerawat, ataukah bintil akibat Herpes. (baca: jerawat yang paling berbahaya)

Jerawat biasanya hanya muncul satu atau dua butir di tempat yang berdekatan. Sedangkan infeksi herpes biasanya menyebabkan munculnya bintil-bintil secara bergerombol. Infeksi virus Herpes lebih gatal, panas dan merah dari jerawat biasa. Jadi, Anda perlu untuk jeli memerhatikan apakah bintil yang muncul di bibir Anda benar-benar jerawat, ataukah tanda dari penyakit lainnya.

Demikian 13 cara untuk menyembuhkan jerawat di bibir. Cara penanganan yang tepat dan gaya hidup sehat yang diterapkan sehari-hari, akan membantu Anda terhindar dari problem jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan