Sponsors Link

16 Cara Menyembuhkan Jerawat di Dagu Yang Membandel Dengan Cepat

Sponsors Link

Cara menyembuhkan jerawat di dagu merupakan problem jerawat yang terasa sangat menyebalkan. Jerawat di dagu terkadang malah terasa sakit dan ngilu. Belum lagi, jerawat ini akan menurunkan rasa percaya diri Anda. Bayangkan jika Anda telah berdandan rapi tapi tiba-tiba menemukan jerawat di dagu yang besar, sakit, dan bernanah. Tentu ini adalah mimpi buruk yang tak ingin Anda alami, bukan?

Sponsors Link

Maka dari itu, jika Anda menemukan jerawat bandel yang muncul di dagu, Anda perlu untuk sesegera mungkin mengatasinya agar lekas hilang.

Artikel terkait:

Jangan membiarkan jerawat di dagu tersebut semakin besar, sakit dan parah.

Berikut ini adalah 16 cara jitu untuk menyembuhkan jerawat di dagu yang telah kami rangkum untuk Anda.

  1. Rajin Membersihkan Wajah

Cara pertama ini adalah langkah awal yang paling baik untuk menyembuhkan jerawat di dagu. Kotoran yang menumpuk di wajah adalah salah satu penyebab utama munculnya jerawat di dagu.

Cucilah wajah Anda dengan rutin minimal dua kali sehari dengan sabun muka yang mengandung zat anti bakteri seperti Triclosan. Saat mencuci muka, pijat wajah Anda dengan hati-hati, kemudian bilas dengan air sebelum mengeringkannya dengan handuk yang bersih.

  1. Rajin Mengganti Masker

Masker yang dimaksud di sini adalah masker yang biasa Anda gunakan untuk menutupi hidung dan mulut saat beraktivitas di luar ruangan. Jika Anda harus sering menggunakan masker setiap hari, Anda perlu untuk rajin mencuci masker Anda agar tak muncul jerawat di dagu. Jerawat di dagu dapat muncul karena perpindahan bakteri dari masker ke wajah. Jika Anda malas mencuci masker, gunakan masker sekali pakai yang bisa langsung dibuang jika sudah tak digunakan. (baca: cara menyembuhkan jerawat meradang, cara mengobati jerawat batu secara alami)

  1. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah bahan anti bakteri yang sudah lama dikenal dapat mengatasi problem jerawat. Jika Anda mengalami masalah jerawat di dagu, peras jeruk nipis dan usapkan airnya secara hati-hati di dagu Anda. Diamkan hingga air jeruk nipis kering, kemudian Anda bisa membilasnya dengan air hangat secara perlahan-lahan. Lakukan hal ini secara rutin, terutama sebelum Anda tidur pada malam hari.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan menghambat penuaan. Jika Anda memiliki problem jerawat di dagu, oleskan minyak zaitun pada jerawat Anda dengan hati-hati. Pengolesan minyak zaitun secara rutin akan membuat Anda terhindar dari masalah jerawat di dagu.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Madu

Sama seperti minyak zaitun, madu juga merupakan bahan alami yang dapat menenangkan jerawat di dagu, terutama jerawat yang meradang. Anda bisa mengoleskan madu di dagu Anda jika mengalami jerawat. Penggunaan madu ini akan semakin efektif apabila Anda mencampurnya dengan bahan alami yang lain, misalnya dengan air jeruk nipis. (baca: perawatan wajah berjerawat untuk ibu hamil, manfaat air kangen untuk jerawat)

  1. Menggunakan Bawang Putih

Sebagai bahan anti bakteri yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, khasiat bawang putih dapat Anda manfaatkan untuk menyembuhkan jerawat di dagu. Ambil satu siung bawang putih, kemudian belah menjadi dua. Oleskan belahan siung bawang putih tersebut dengan hati-hati ke jerawat Anda kemudian lihat hasilnya. Ingat, Anda harus melakukan pengobatan alami dengan bawang putih ini minimal 2 kali sehari saat pagi dan sore. (baca: pencegahan jerawat bernanah)

  1. Memakai Krim Khusus saat Bercukur

Bercukur dalam keadaan wajah kering tanpa ada sabun atau krim yang melumasi, akan membuat wajah mudah terluka. Jika ada perlukaan pada wajah, bakteri jahat dapat masuk ke dalam pori-pori. Hal inilah yang dapat membuat jerawat muncul di dagu dan mengganggu penampilan Anda.

Jika Anda adalah seorang pria yang terbiasa untuk bercukur secara rutin, pastikan Anda menggunakan sabun atau krim khusus untuk bercukur agar dagu Anda tidak gampang terluka dan memunculkan jerawat yang tak diinginkan.

ads

Artikel terkait:

  1. Rajin Mengganti Pisau Cukur

Cara 8 ini masih ada hubungannya dengan kebiasaan mencukur area dagu. Silet atau pisau cukur yang baik untuk bercukur adalah yang memiliki mata pisau tajam. Anda tidak boleh menggunakan pisau cukur tumpul, apalagi kotor dan karatan untuk bercukur. Selain berbahaya, pisau cukur yang seperti ini dapat menyebabkan luka pada kulit dan menularkan bakteri ke dagu. Alhasil, jika Anda terlalu sering mencukur dagu dengan pisau cukur tumpul, Anda dapat mengalami problem menyebalkan seperti jerawat.

  1. Menggunakan Salep Asam Salisilat

Asam salisilat adalah bahan ampuh untuk mencegah dan mengobati jerawat di dagu. Bahan aktif yang sering ditemukan dalam bentuk salep atau kosmetik anti acne ini, sangat berguna untuk membunuh bakteri dan meredakan peradangan jerawat di dagu.

Namun ingat, tidak semua jenis kulit tahan dengan obat yang mengandung asam salisilat. Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda sebelum menggunakannya.

  1. Menggunakan Tea Tree Oil

Seperti asam salisilat, minyak pohon teh alias tea three oil dapat meredakan jerawat di dagu. Tea tree oil adalah bahan aktif yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti inflamasi. Oleskan tea tree oil secara rutin pada jerawat di dagu Anda untuk menyembuhkannya tanpa menimbulkan rasa sakit.

  1. Menggunakan Tomat

Sebagai salah satu bahan anti oksidan yang berkhasiat, air perasan tomat dapat membantu meredakan jerawat di dagu. Peraslah tomat, atau langsung gosokkan tomat pada jerawat di dagu Anda. Jika dilakukan secara rutin, perawatan jerawat di dagu dengan tomat ini akan membantu menyembuhkan problem jerawat Anda.

  1. Mengurangi Konsumsi Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi akan membuat Anda mudah mengalami masalah jerawat di dagu. Selama mengalami problem ini, kurangilah makanan manis-manis seperti susu full cream dan cake. Diet seimbang dengan protein hewani, sayuran dan buah-buahan yang cukup, dapat membantu menyehatkan tubuh Anda dan mencegah jerawat di dagu untuk muncul kembali.

Artikel terkait:

Sponsors Link

  1. Perhatikan Konsumsi Pil KB

Jika sedang menjalani program kontrasepsi, konsumsi pil KB yang rutin setiap hari dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di dagu. Jika jerawat di dagu terlalu sering muncul, mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi pil KB. Sebisa mungkin konsultasikan dengan dokter dan pasangan Anda untuk memilih program KB yang dapat menghindarkan Anda dari masalah jerawat di dagu.

  1. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup akan menghidrasi kulit secara optimal. Selain itu, banyak minum air putih juga dapat membantu menguatkan kekebalan tubuh hingga problem jerawat tak mudah menyerang. Minumlah air putih sebanyak 1,5 liter atau 8 gelas sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat, serta terhindar dari jerawat.

  1. Menghindari Stres

Stres yang disebabkan oleh rasa penat akibat aktivitas harian Anda, dapat menjadi salah satu penyebab jerawat di dagu. Untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan meditasi atau melakukan kegiatan yang Anda sukai.

  1. Minum Antibiotik

Ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda tempuh jika semua cara di atas tidak memberikan hasil yang signifikan.

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat antibiotik agar jerawat di dagu menjadi hilang, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Demikian cara menyembuhkan jerawat di dagu yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan cara-cara di atas, Anda dapat terhindar dari problem jerawat di dagu yang tentu sangat mengganggu.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 27th, July 2017 / 05:06 Oleh :
Kategori : Pengobatan