Sponsors Link

17 Cara Menyembuhkan Jerawat Meradang Dengan Cepat Paling Ampuh

Sponsors Link

Jerawat merupakan problem kulit yang sangat mengganggu. Dari mulai jerawat batu, hingga jerawat meradang yang sakit jika disentuh, pasti tak ada siapa pun yang mau mengalaminya. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan peradangan pada jerawat. Infeksi dari bakteri akibat kurangnya menjaga kebersihan kulit dan lingkungan adalah salah satunya.

Sponsors Link

Artikel terkait:

Selain itu, jerawat meradang juga bisa disebabkan karena siklus hormonal. Hal ini paling banyak didapati pada kaum wanita saat mengalami menstruasi. (baca: cara menghilangkan jerawat akibat suntik KB, manfaat daun Afrika untuk jerawat)

Meskipun jerawat meradang adalah problem kulit yang tak menyenangkan, jangan sampai jerawat ini membuat Anda stress. Kami telah merangkumkan cara menyembuhkan jerawat meradang yang dapat Anda aplikasikan di rumah dengan mudah. Berikut ini adalah informasinya.

  1. Rajin Mencuci Muka dengan Sabun Anti Bakteri

Sabun muka yang banyak beredar di pasaran tentunya memiliki kemampuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran di wajah. Namun, hal ini sebenarnya belum cukup. Sabun muka yang bagus untuk menyembuhkan jerawat meradang adalah sabun muka dengan kandungan zat anti bakteri seperti Triclosan. Jadi, saat mengalami problem jerawat meradang, ingatlah selalu untuk rajin mencuci buka dengan sabun muka anti bakteri untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. (baca: bahaya infeksi jerawat, fakta tentang jerawat yang wajib diketahui)

  1. Menggunakan Madu

Madu merupakan obat yang mujarab dari berbagai penyakit. Begitupula madu memiliki kemampuan untuk menyembuhkan jerawat meradang. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya di jerawat yang meradang secara hati-hati dan membiarkannya hingga mengering selama 15-30 menit. Anda juga bisa mengaplikasikan madu sebagai masker untuk kulit wajah Anda. (baca juga: makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus)

  1. Menggunakan Es Batu

Selain memberikan efek mendinginkan kulit dan mengecilkan pori-pori, es batu juga memiliki fungsi untuk meredakan jerawat meradang. Kompreskan es batu secara hati-hati di permukaan kulit yang berjerawat. Lakukan hal ini sesering mungkin hingga jerawat meradang tampak semakin membaik. (baca juga: penyebab jerawat di ketiak, cara mencegah jerawat agar tidak menyebar)

  1. Menggunakan Perasan Lemon

Lemon sudah lama dikenal sebagai bahan alami anti acne yang mampu meredakan jerawat meradang. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat menjadi penangkal radikal bebas dan mengurangi bakteri pada jerawat. Anda dapat mengaplikasikan perasan lemon pada jerawat yang meradang. Namun, karena kandungan lemon cukup keras untuk wajah sensitif, Anda harus berhati-hati saat mengaplikasikannya.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Pasta Gigi

Selain berguna untuk menjadikan gigi lebih kuat, pasta gigi ternyata juga berguna untuk mengobati jerawat meradang. Ada 3 (tiga) bahan yang terkandung dalam pasta gigi yang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada jerawat, yaitu Triclosan, soda kue dan hidrogen peroksida.

Artikel Terkait:

  1. Mentimun

Buah mentimun ternyata tidak hanya ampuh untuk memudarkan bekas noda jerawat, melainkan juga ampuh untuk mengobati jerawat yang meradang, Ada beberapa zat aktif yang terkandung pada mentimun dan dapat menyembuhkan jerawat meradang. Beberapa diantaranya adalah vitamin C, asam amino dan antioksidan.

  1. Menghindari Stres

Tak hanya dapat menyebabkan gangguan metabolisme dalam tubuh, rupanya stres juga dapat memunculkan jerawat meradang. Menghindari stres merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan, karena stres akan mengacaukan sistem hormonal hingga dapat menyebabkan jerawat meradang.

ads
  1. Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil memiliki kemampuan anti inflamasi dan dapat berfungsi sebagai antioksidan. Mengoleskan minyak zaitun secara hati-hati pada area wajah yang berjerawat dapat membantu memulihkan jerawat yang meradang.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan antibakteri yang sangat ampuh untuk mengurangi peradangan pada jerawat. Anda dapat memotong satu siung bawang putih dan mengoleskannya secara hati-hati pada jerawat. Untuk pertama, mungkin akan terasa perih. Namun, lambat laun, cara ini bisa meredakan peradangan pada jerawat yang sangat mengganggu.

  1. Banyak Minum Air Putih

Beberapa orang mungkin menganggap remeh kemampuan air putih untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Jika Anda mengalami problem jerawat yang meradang, pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Asupan air putih yang cukup setiap harinya akan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh, termasuk membantu melawan kuman penyebab jerawat meradang.

  1. Menggunakan Kentang

Kentang tidak hanya lezat untuk diolah sebagai bahan masakan. Kentang juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat yang meradang. Nutrisi dalam kentang dapat menyehatkan kulit apabila digunakan sebagai masker. Selain itu kentang juga memiliki kandungan vitamin yang bisa mengobati jerawat yang meradang.

  1. Menggunakan Tomat

Jerawat yang meradang membutuhkan perlakuan khusus agar lekas sembuh dan tak lebih lama membuat kulit wajah Anda terasa sakit. Aplikasikan perasaan tomat secara hati-hati di bagian wajah Anda yang mengalami jerawat meradang. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam tomat dapat menjadi anti oksidan yang bagus untuk mengobatinya.

  1. Melakukan Penguapan

Menguapi wajah dengan uap air mendidih akan membuat pori-pori kulit terbuka. Dengan terbukanya pori-pori kulit ini, kotoran, bakteri dan racun akan terbuang dari bagian dermis kulit. Karena itulah, salah satu cara untuk menyembuhkan jerawat yang meradang adalah dengan rajin menguapi wajah. Cara penguapan ini sangat mudah. Anda tidak harus pergi ke pusat sauna untuk melakukannya.

Siapkan handuk kecil dan didihkan air di atas kompor. Taruh handuk kecil hingga menutupi kepala bagian atas dan tengkuk Anda, kemudian menunduk lah di atas panci air mendidih agar wajah Anda terkena uapnya. Lakukan hal ini secara rutin untuk menyembuhkan jerawat meradang sekaligus untuk membuat kulit wajah Anda semakin merona.

Artikel Terkait:

  1. Mengoleskan Cuka Apel

Cuka apel merupakan zat asam yang dapat berfungsi sebagai bahan anti bakteri. Bahan minuman ini ternyata tidak hanya dapat menyehatkan badan, tetapi juga dapat menyembuhkan jerawat yang meradang. Fungsi anti bakterinya yang ampuh akan membunuh bakteri pada jerawat hingga peradangan sembuh. Selain itu, cuka apel juga mencegah kulit menjadi kering sehingga wajah akan terjaga kelembabannya.

Sponsors Link

  1. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh sudah teruji klinis dapat memberikan manfaat untuk meradakan jerawat yang meradang. Oleskan tea tree oil secara rutin pada jerawat yang meradang, kemudian rasakan perubahan yang signifikan pada jerawat di wajah Anda.

  1. Mengoleskan Salep dengan Kandungan Asam Salisilat

Jika bahan alami sudah tidak mempan untuk mengobati jerawat yang meradang di wajah, Anda dapat menggunakan salep asam salisilat untuk meredakannya. Asam salisilat merupakan bahan anti bakteri yang sangat ampuh. Tidak hanya membunuh bakteri penyebab peradangan jerawat, asam salisilat juga membantu mempercepat adanya regenerasi kulit yang baru dan segar.

  1. Minum Obat Antibiotik

Ini adalah cara terakhir yang dapat ditempuh jika jerawat meradang di wajah semakin parah dan sakit. Ketika bahan alami dan obat luar sudah tidak dapat membantu meredakan jerawat yang meradang, pilihan untuk mengonsumsi obat antibiotik dapat dilakukan sebagai alternatif terakhir. Namun, jangan lupa untuk mengonsultasikan penggunaan obat antibiotik ini kepada dokter kulit Anda. Jangan sampai penggunaan obat yang salah dan tanpa resep dokter justru menimbulkan efek samping yang tak diinginkan.

Demikianlah cara menyembuhkan jerawat meradang yang perlu untuk diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan