Sponsors Link

9 Cara Menyembuhkan Jerawat yang Meradang di Wajah Dengan Cepat

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu masalah umum yang muncul dalam kehidupan sehari-hari terutama di bagian wajah. Baik laki-laki dan perempuan sering merasa teganggu dengan adanya jerawat yang mucul pada wajah mereka. Peradangan pada jerawat biasanya karena faktor lingkungan yang kotor dan  menyebabkan kulit jadi lebih sensitif.

Sponsors Link

Peradangan pada jerawat di sebut nodul. Jerawat nodul adalah jenis jerawat yang terjadi akibat sumbatan disekitar pori-pori wajah dan menyebabkan kulit infeksi. Sehingga terjadinya peradangan, peradangan inilah yang menyebabkan kulit timbul benjolan yang mengandung nanah. Jerawat nodul dapat bertahan selama berbulan-bulan dalam satu waktu dan meninggalkan bekas luka jika sembuh. Nama lain dari nodul adalah pustula. Rata rata peradangan jerawat terjadi pada kasus kulit yang sensistif. ( Baca juga :  Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya )

Cara menyembuhkan jerawat yang meradang :

1. Rajin Membersikan Wajah

Anda harus sering membersikan wajah sebaiknya menggunakan air dingin dan tidak menggunakan air panas. Penggunaan air dingin membuat kulit terasa rileks ketika selesai beraktifitas. Sebaliknya air yang terlalu panas dapat membuka pori-pori sehingga wajah akan menjadi merah dan kotoran mudah masuk ke pori-pori. Disarankan memakai pembersih muka yang cocok dengan kulit kita sehingga jerawat tidak bertambah parah. Selalu membersihkan wajah terutama setelah bangun dan sebelum tidur serta setelah bepergian. Ketika menggunkan masker sebaiknya gunakan air yang hagat untuk membersihkannya ini akan mengoptimalkan kandungan masker yang digunakan. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak mambasahi wajah lebih dari sepuluh menit.

Artikel terkait : Cara Membersihkan Jerawat dengan Tomat – Produk Pembersih Komedo

2. Meringeringkan Wajah

Mengeringkan wajah sebaiknya menggunkan bahan-bahan yang lembut. Ketika menggunakan handuk sebaiknya pilih bahan handuk yang dikhususkan untuk kulit wajah yang sensitif. Bila anda menggunkan tisu harus di pilih berdasarkan kegunaanya pilih yang bisa di gunakan di kulit anda yang berjerawat dan sensitif di sarankan menggunkan tisu khusus bayi karna kulit bayi sangat sensitif jadi biasanya tisu terbuat dari bahan yang khusus. Jangan pernah menekan dan mengosok wajah terlalu keras lakukan secara perlahan.

3. Mengobati Jerawat

Pilih bahan atau obat yang di khususkan untuk mengobati jerawat dan cocok di kulit yang sensitif. Jangan menggunkan obat atau masker yang memiliki kandungan alkohol di dalamnnya karna dapat membuat wajah menjadi merah. Hindari pula pembesih muka yang mengandung scrub kasar di karna jerawat yang meradang akan betambah parah bila kita menggunakan jenis pembersih yang mengandung scrub. Gunakan obat dan masker alami yang sifatnya dingin di kulit seperti menggunakan Masker yang terbuat lidah buaya, madu, yougurt, dan telur sebaiknya gunakan bagian kuningnnya saja bagi jenis kulit anda yang sensitif.

Artikel terkait : Cara Mengobati Jerawat Dari Dalam – Obat Jerawat Pasir 

4. Pemilihan Kosmetik

Pilihlah Kosmetik yang tidak mengandu bahan kimia buatan. Tapi piilih kosmetik dengan bahan yang alami dan cocok bagi kulit jerawat dan sensitif. Jangan memilih produk yang memiliki kandungan Alkohol, Pengawet(methylisothizolinone), Wewangian, dan  Phtaates. Beli kosmetik di toko-toko resmi dan gunkan merek yang ternama yang di kenal banyak oranng. Bahan alami yang tidak cocok untuk kulit sensitif adalah lemon dan jeruk nipis karena terdapat asam yang kuat dan tidak cocok di kulit.

5. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Setelah melakukan semua hal di atas kita juga harus melakukan gaya hidup sehat. Dengan cara makan teratur dan sering berolahraga. Hindari makanan yang tinggi karbonhidrat, mengandung banyak minyak , Mengandung caffein, Mengndung susu, dan kacang kacangan. Pilih makanan sehat seperti sayur sayuran hijau dan buah-buahan. Jangan lupa untuk rajin berolahraga,bila anda tipe orang yang malas berolah raga di luar ruangan. Sebaiknya pilih jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan dalam ruangan seperti push up atau shit up.

Baca juga : Cara Hidup Sehat Agar Terhindar dari Jerawat – Pola Hidup Sederhana yang Dapat Atasi Jerawat

Sponsors Link

Pengobatan Perawat Meradang Dengan Bahan Alami

Bahan-bahan alami yang dapat digunkan untuk mengobati jerawat meradang pada kulit sensitif :

1. Lidah buaya

  • Ambil satu lidah buaya
  • Cuci sampai bersih
  • Kupas kulit dan duri lalu
  • potong kecil kecil
  • Gunakan lendir lidah buaya ke wajah tunggu hingga 15 menit
  • Basuh wajah menggunakan air hangat dan keringkan secara perlahan dengan lembut

Lidah buaya memiliki kandungan hormon giberelin,yang membantu menumbuhkan sel sel kulit baru dan hormon auksin yang memiliki anti inflamasi yang kuat. Lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan kemerahan pada jerawat. Pemakainan jangka panjang dapat membuat kulit kita bebas dari jerawat.

Baca juga :

2. Madu

  • Pilih madu yang 100% alami
  • Bilas muka dengan air hangat
  • Gunkan madu pada seluruh wajah
  • tunggu 20-25 menit bilas dengan air hangat dan keringkan

Madu juga mengandung antiseptik dan antibakterial. Kandungan inilah yang membuatnya masuk ke dalam daftar ramuan yang bisa membantumu dalam mengatasi jerawat.

Baca juga : Cara Mengobati Jerawat dengan Madu  –  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Madu

3. Yougurt

  • Tempatkan yougurt pada mangkok kecil
  • tambahkan 1 sendok madu dan aduk
  • Oleskan ke seluruh permukaan wajah
  • Tunggu 20 menit sampai masker mengering
  • Cuci dengan air hangat dan keringkan

Yougurt memiliki kandungan antibakteri dan anti jamur. Sehingga cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat dan kaya akan zinc yang mampu menyebuhkan jerawat.

4. Kuning Telur

  • Pecahkan telur pisahkan kuning dan putih telur
  • Aduk kuning telur sampai halus
  • Balurkan ke seluruh wajah tunggu 15-20 menit hingga kering
  • Bilas dengan dengan air hangat dan keringkan

Kuning telur mengandung vitamin A yang dapat menghilanggkan jerawat pada pori-pori yang tersumbat dan bakteri yang mulai berkembang yang berbentuk benjilan merah pada kulit.

Baca juga : Cara Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur – Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Putih Telur

Bagi anda yang memiliki jerawat meradang sebaiknya memilih produk kosmeti secara berhati-hati sehingga tidak membuat jerawat bertambah parah.Berikut ini  tips bagi anda yang memilih produk kosmetik untuk wajah berjerawat.

Cara Memilih Kosmetik Untuk Kulit Yang Berjerawt

  • Masker

Kulit yang rentan berjerawat biasanya kulit yang teriritasi atau meradang. Karena itu diperlukan masker wajah yang tidak memiliki efek inflamatori seperti salicylic acid (yang membantu pengelupasan kulit dan membersihkan pori-pori), juga formula dengan kandungan benzoyl peroxide, plus sulfur untuk membantu membunuh bakteri.Pilihlah masker yang punya sifat seperti clay mask, deep cleansers, oil absorbers atau pore minimizer. Jenis masker ini mampu menurunkan tingkat bakteri pada kulit, melenyapkan kilap pada kulit wajah dan memperkecil pori-pori pada kulit wajah.

ads

Baca juga :

  • Jenis sabun atau pembersih muka yang di pilih

Kulit Berjerawat, berminyak, dan sensitif sebaiknya memilih pembersih wajah yang tidak mengandung zat kimia atau hanya sedikit zat kimia yang terdapat di dalamnya, hal ini karna zat kimia dapat memperburuk kondisi kulit. Pilih pembersih muka yang terbuat dari bahan-bahan alami. Produk pembersih deep cleanser disarankan bagi pemilik wajah berjerawat dan wajah berminyak yang sensitif. Gunakan produk yang mengandung sam salisilat dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di kulit wajah kita.

Artikel terkait : Pembersih Wajah Alami dan Cara Menggunakannya

  • Pemilihan Thoner

Pilih jenis Toner yang Lembut Untuk Kulit Wajah Sensitif. Penggunaan toner berbahan dasar ringan sangat diperlukan untuk perawatan kulit wajah yang sensitif. Setelah membersihkan dengan sabun wajah, sebaiknya gunakanlah toner untuk membersihkan kelebihan minyak dan residu sabun yang tertinggal. Jenis kulit wajah yang sensitif -dan berminyak cenderung berpori-pori besar dan dengan menggunakan toner, pori-pori wajah berangsur mengecil. Membersihkan pori sangat penting bagi kulit berminyak karena dapat menghilangkan minyak berlebih yang menjadi penyebab iritasi, peradangan, dan jerawat. Jangan pernah memilih thoner yang mengandung alkohol karna dapat menyebabkan iritasi kulit.

  • Pelembab Kulit

Memilih jenis pelembab yang berbahan dasar air dapat mengurangi iritasi yang mudah timbul pada kulit sensitif. Lakukanlah pemijatan ringan pada saat menggunakan pelembab untuk merangsang regenerasi sel-sel baru di permukaan kulit wajah. Dengan melakukan pemijatan ringan pada saat mengaplikasikan pelembab, kulit wajah menjadi tampak sehat bercahaya. Pelembab yang berbahan dasar air dapat meresap dengan cepat ke dalam pori-pori wajah dan menjadikannya tahan lama. Pilihlah jenis pelembab yang sekaligus mampu mengurangi keriput dan garis halus pada wajah. Gunakan pelembab yang mengandung SPF setiap harinya. Karena sinar matahari adalah penyebab utama pemicu terjadinya kulit sensitif.

Baca juga : Pelembab Dan Pembersih Untuk Kulit Berjerawat Dan Berminyak – Foundation Untuk Kulit Berjerawat 

  • Bedak

Pemilihan bedak untuk kulit berjerawat yang sangat tepat adalah jenis bedak tabur yang sama sekali tidak mempunyai kandungan lilin di dalamnya. Perhatikan komposisi bedak sebelum membeli. Karena anda memiliki wajah berjerawat, pilihlah bedak yang tidak ada kandungan wax di dalamnya. Tapi saat ini kebanyakan bedak tabur sudah tidak mengandung wax, jadi anda juga harus berhati hati dalam memilihnya. Pilih bedak tabur yang ringan teksturnya sebagai bedak untuk kulit berjerawat. Pilihlah bedak bayi karena dapat di gunakan setiapa hari dan aman untuk kulit. Bayi biasanya memiliki kulit ynag sensitif oleh karena itu bedak bayi sangat cocok bagi anda para orang dewasa yang memiliki kulit sensitife juga.

Artikel terkait : Bedak Yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat – Cara Menghilangkan Bekas Jerawat 

Hal hal yang tidak boleh di lakukan pada jerawat yang Meradang

  1. Tidak mengeringkan wajah dengan bahan kasar. Ketika mengeringkan wajah pilihlah jenis pengering yang tepat yaitu yang lembut dan cocok untuk kulit jerawat yang sensitif. Keringkan wajah secara perlahan dan lembut tanpa di tekan sehingga tidak terluka saat mengeringkan wajah. Pilih pengering seperti tisu bayi dan handuk dari bahan Facetowel.
  2. Memecahkan Jerawat. Hal ini adalah salah satu penyebab dapat meradang memecahkan jerawat dapat membuat bekas luka pada kulit. Selain itu cairan yang keluar mengandung bakteri yang bisa menyebar ke bagian wajah lain dan memunculkan jerawat baru. (baca juga : Penyebab Jerawat besar)
  3. Menggunkan scrub kasar. Gesekan antara scrub kasar dengan kulit dapat menyebabkan rusaknya lapisan kulit luar. Hal ini juga nantinya bisa meninggalkan bekas luka dan noda di wajah kita.(baca juga : Scrub Alami Untuk wajah Berjerawat dan Berminyak )
  4. Menutupi Jerawat dengan rambut. Hindari menutupi atau menempelkan rambut pada jerawat kandungan minyak pada rambut tidak baik bila bersentuhan dengan jerawat. Rambut yang kotor juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnuya jerawat bila bersentuhan dengan kulit muka.
  5. Menyentuh jerawat. Hindari menyentuh jerawat karna kotoran dan bakteri yang ada pada tangan kita dapat memperburuk jerawat. Hal ini juga dapat memicu timbulnya jerawat baru akibat perpindahan bakteri dan kotoran dari tangan yang sudah memegang jerawat ke daerah muka lain yang kita sentuh.

Artikel trkait : Penyebab Jerawat bruntusan

Ketika anda telah melakukan semua tips di atas jangan luapa anda juga harus melakukan konsultasi dengan dokter kulit anda. Karna jerawat nodul merupakan jenis jerawat yang paling susah di sembuhkan. Oleh karen itu apabila  tips di atas di rasa masi kurang efektif baiknya segera konsultasikaan dengan dokter.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 27th, January 2017 / 03:43 Oleh :
Kategori : Pengobatan