Sponsors Link

13 Cara Merawat Wajah Agar Putih dan Tidak Berjerawat Secara Efektif

Sponsors Link

Cara merawat wajah agar putih dan tidak berjerawat baik dilakukan secara manual maupun dengan menggunakan produk dan bahan alami memang dinilai cukup efektif dan dapat membantu menjaga kecantikan kulit wajah anda. Banyak sekali bahan-bahan alami yang dapat digunakan dan berguna untuk merawat serta mempertahankan kecantikan kulit, termasuk pula mencegah munculnya masalah jerawat pada wajah. Berbagai macam cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami sudah dipercaya efektif dalam menjaga kecantikan kulit, tidak tertinggal juga dalam menjaga wajah agar tetap putih dan tidak kusam. Banyak pula produk-produk skin care terbaik untuk wajah berminyak dan berjerawat maupun skin care untuk kulit berminyak dan kusam. Selain dengan penggunaan produk kecantikan maupun bahan alami, beberapa cara manual juga dapat membantu wajah agar tetap putih dan tidak berjerawat. Beberapa cara tersebut, seperti:

Sponsors Link
  1. Rutin Mencuci Wajah

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan rutin mencuci wajah pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, terutama bagi anda yang memiliki aktivitas diluar ruangan serta bagi anda yang selalu menggunakan makeup. Saat mencuci wajah, anda juga dapat menggunakan facial foam atau pun hanya dengan air bersih saja.

  1. Air Hangat untuk Mencuci Wajah

Banyak pula rekomendasi untuk menggunakan air hangat saat mencuci wajah, sehingga pori-pori terbuka dan kotoran yang bersarang didalamnya dapat diangkat secara menyeluruh. Ketika kotoran terangkat maka wajah bersih, putih, dan terhindar dari masalah jerawat dapat anda rasakan.

  1. Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih secara teratur ternyata juga efektif membantu mengatasi masalah kulit wajah yang kering dan kusam. Oleh sebab itu untuk merawat wajah agar putih dan tidak berjerawat juga dapat dibantu dengan secara rutin mengonsumsi air putih.

  1. Istirahat Mencukupi

Kurangnya tidur pada malam hari dapat membuat kulit wajah menjadi kusam dan berminyak, sehingga dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, menjaga agar waktu istirahat tetap mencukupi juga menjadi cara yang efektif untuk merawat wajah agar putih dan tidak berjerawat.

  1. Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Cara selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah dengan mengurangi kebiasaan menyentuh wajah, karena secara sadar maupun tidak sadar biasanya wajah akan sering tersentuh oleh tangan. Kebiasaan tersebut harus dikurangi karena kondisi tangan yang tidak selalu bersih dan dapat memicu wajah kotor hingga berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Selain beberapa cara manual diatas, anda juga dapat menggunakan beberapa produk hingga penggunaan bahan alami untuk merawat wajah agar putih dan tidak berjerawat. Beberapa diantaranya adalah dengan:

  1. Gunakan Krim Malam

Menggunakan krim malam secara rutin juga dapat menjaga kecerahan kulit dan membantu proses regenerasi kulit, serta mencegah munculnya jerawat. Selain itu, menggunakan krim malam juga dapat membantu kulit menjadi lebih putih.

  1. Menggunakan Skin Care

Skin care terdiri dari berbagai macam produk dan fungsinya masing-masing, sehingga menggunakan produk-produk skin care secara rutin dan lengkap pastinya juga dapat membantu merawat wajah agar tetap putih dan juga tidak berjerawat.

  1. Pengelupasan

Metode pengelupasan dianggap menjadi cara paling efektif untuk merawat kulit agar tetap putih alami, karena metode ini mampu membantu mengangkat berbagai macam kotoran hingga sel-sel kulit mati yang melekat pada wajah. Untuk melakukan metode ini, anda dapat menggunakan scrub halus.

Tidak hanya menggunakan produk kecantikan maupun skin care, merawat wajah agar putih dan tidak berjerawat juga dapat melalui cara penggunaan masker wajah dengan bahan-bahan alami, seperti:

  1. Masker Bengkoang

Bengkoang memang dipercaya dapat menjaga kecerahan kulit serta menjaga kulit agar tetap putih, sehingga menggunakan masker bengkoang secara rutin juga dapat membantu wajah anda tetap putih dan terbebas dari jerawat.

  1. Masker Minyak Zaitun

Masker bahan alami selanjutnya adalah dengan minyak zaitun, dimana manfaat minyak zaitun untuk jerawat sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun secara merata pada wajah sebelum tidur.

  1. Masker Putih Telur

Masker selanjutnya adalah masker putih telur yang dapat anda gunakan sebelum tidur. Manfaat dari masker putih telur sendiri adalah untuk mengencangkan kulit, mencerahkan serta memutihkan wajah. Agar lebih efektif, anda juga dapat mencampurkan putih telur dengan madu, dimana manfaat madu untuk jerawat juga banyak diketahui, sehingga masker ini dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

  1. Masker Tomat

Masker tomat sangat mudah untuk dibuat dan digunakan, anda hanya perlu memotong tomat menjadi beberapa bagian dan meletakkan secara merata pada wajah. Masker tomat juga dapat bermanfaat untuk memutihkan hingga mencerahkan kulit wajah.

  1. Air Mawar

Produk air mawar sudah banyak beredar dan mudah didapatkan dipasaran, dimana air mawar dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih cerah, awet muda, serta terbebas dari jerawat dan komedo. Anda hanya perlu mengompres wajah dengan air mawar secara rutin.

Itulah beberapa cara merawat wajah agar putih dan tidak berjerawat, semoga informasi diatas bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.