Sponsors Link

10 Cara Merawat Wajah Agar Terhindar dari Jerawat dan Komedo

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang selalu membuat semua orang merasa tidak nyaman. Bagaimana tidak, jerawat menandakan bahwa kulit Anda sedang tidak sehat. Belum lagi jika jerawat meradang, memerah, dan bernanah, akan membuat si pemilik jerawat menjadi tidak percaya diri karena merasa penampilannya kurang sempurna. Ini adalah salah satu dampak psikologis akibat jerawat yang terjadi. Jika kulit Anda terlanjur berjerawat, Anda pasti akan melakukan segala cara menghilangkan bekas jerawat agar wajah mulus kembali. Untuk Anda yang belum berjerawat atau sudah berhasil sembuh dari jerawat, berikut cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat komedo. Tapi sebelum itu, yuk kenali dulu apa penyebab tumbuhnya jerawat dan komedo.

Sponsors Link

Penyebab Tumbuhnya Jerawat

Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan jerawat muncul di wajah:

  • Infeksi bakteri. Ini adalah salah satu penyebab utama munculnya jerawat pada pria dan wanita. Bakteri yang ada di dalam kulit bisa berasal dari mana saja, karena ada banyak jenis bakteri penyebab jerawat. Misalnya dari debu atau kotoran yang menempel dan mengendap di wajah sehingga ditumbuhi bakteri, atau bakteri yang berpindah dari tangan ke wajah, atau bisa juga karena sisa make up yang mengendap di pori-pori kulit hingga terjadi penyumbatan dan tumbuh menjadi jerawat.
  • Faktor genetik. Apabila Anda merasa wajah Anda selalu berjerawat padahal Anda sudah merawat kulit dengan benar, coba lihat orang tua dan sanak saudara Anda. Faktor genetik atau keturunan ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Terlebih bagi Anda yang punya kulit berminyak yang lebih rentan terkena jerawat, lakukan segala cara mencegah jerawat pada kulit berminyak.
  • Hormon. Hormon dalam tubuh yang tidak seimbang akan membuat kulit wajah mudah ditumbuhi jerawat. Beberapa kondisi yang menunjukkan hormon tidak seimbang adalah saat menstruasi. Itulah kenapa wanita sering ditumbuhi jerawat saat masa menstruasi dan pubertas, serta saat sedang stress atau depresi. Pada kondisi ini, tubuh didominasi hormon androgen yang membuat jerawat lebih mudah tumbuh.

Penyebab Munculnya Komedo

Jerawat dan komedo adalah sama-sama permasalahan kulit yang meresahkan. Namun keduanya adalah dua hal yang berbeda. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya komedo.

  • Penumpukan bakteri-bakteri kecil di permukaan kulit.
  • Adanya sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut wajah.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB atau steroid.
  • Kondisi rambut yang berminyak.
  • Konsumsi produk susu beserta olahannya, dan berbagai makanan manis dengan gula tinggi.

Setelah Anda memahami apa saja yang bisa menyebabkan munculnya komedo dan jerawat, sekarang yuk kita simak bagaimana cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo:

1. Mencuci wajah minimal 2 kali sehari

Rajin mencuci wajah adalah kunci utama mendapatkan kulit sehat bebas jerawat dan komedo. Jerawat memang berasal dari bakteri dan kotoran yang menempel di wajah yang tidak bersih. Cuci wajah Anda minimal 2 kali sehari dengan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat. Mencuci wajah adalah hal yang penting untuk membuang semua debu dan kotoran yang menempel di wajah setelah beraktivitas dan mencegahnya menyumbat pori-pori wajah hingga menyebabkan timbulnya jerawat. Tetapi tidak disarankan mencuci wajah terlalu sering karena bisa membuat wajah menjadi sangat kering.

2. Gunakan sabun khusus wajah yang sesuai jenis kulit

Mencuci wajah tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus menggunakan sabun khusus untuk wajah yang sesuai dengan jenis kulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Menggunakan sabun wajah sangat penting karena produk sabun khusus wajah mengandung pH yang disesuaikan dengan kondisi kulit wajah untuk. Jadi jangan sekali-sekali menggunakan sabun mandi untuk sabun wajah, ya.

Fungsi sabun wajah adalah membantu mengangkat kotoran dan membersihkan kotoran hingga ke pori-pori yang terdalam. Sehingga pembersihan kulit wajah akan bisa dilakukan dengan maksimal. Sabun wajah akan menjaga kelembaban alami kulit dan mencegah kulit dari kekeringan.

Sponsors Link

3. Gunakan pelembab setelah mencuci wajah

Sabun wajah bisa membuat kulit menjadi kering. Anda yang punya kulit berminyak mungkin tidak masalah karena sabun wajah bisa mencegah kulit wajah menjadi mengkilat. Tetapi bagi pemilik jenis kulit kering dan normal, wajah akan sangat kering setelah mencuci muka. Jangan sampai wajah kehilangan kelembaban, karena wajah yang kering akan terlihat kusam, tidak bercahaya, dan mudah ditempeli debu dan kotoran. Segera pakai pelembab yang cocok dengan jenis kulit Anda untuk memastikan kulit terhidrasi dengan baik. Anda yang punya kulit berminyak juga perlu menggunakan pelembab. Fungsi pelembab adalah menjaga kesehatan kulit agar tidak ditumbuhi jerawat. Ada 12 pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

4. Sering mengganti sarung bantal

Inilah faktor penyebab jerawat yang sering dianggap remeh olah banyak orang. Menjaga kebersihan wajah memang penting, namun kebersihan lingkungan juga harus diperhatikan. Kadang hal sepele seperti sarung bantal yang jarang diganti juga bisa memicu munculnya jerawat di kulit. Ada banyak debu, kotoran, dan bakteri yang bersarang di sarung bantal yang telah lama digunakan. Debu dan bakteri itu bisa berasal dari rambut Anda juga. Bayangkan jika Anda tidur dengan sarung bantal yang sama selama berminggu-minggu, berapa banyak bakteri yang berpindah ke kulit. Ganti sarung bantal Anda minimal 2 kali seminggu untuk mencegah munculnya jerawat.

ads

5. Makan makanan sehat

Salah satu cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo adalah dengan memakan makanan yang sehat dan kaya serat. Hindari makan makanan dengan kandungan lemak, susu, dan gula yang tinggi karena dapat memicu munculnya jerawat. Pilih makanan yang sehat seperti buah dan sayur yang bisa menutrisi kulit secara alami.

6. Banyak minum air putih

Air putih bisa menjadi cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo. Dengan minum air putih yang cukup, secara otomatis wajah akan terdetoksifikasi secara alami, dan jerawat pun enggan untuk tumbuh. Pastikan Anda meminum minimal 2 liter air putih per hari.

7. Gunakan sunblock saat keluar rumah

Menggunakan sunblock adalah hal yang penting dalam merawat wajah agar tidak ditumbuhi jerawat dan komedo. Sunblock atau tabir surya akan menghindarkan kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa berbahaya untuk kesehatan kulit. Sinar matahari yang berlebihan juga memicu peradangan para jerawat dan bisa membuat jerawat makin parah.

8. Cukup istirahat

Saat istirahat, kulit juga beristirahat dan beregenerasi. Itulah kenapa istirahat yang cukup akan meningkatkan kesehatan kulit. Hindari begadang hingga larut malam, dan istirahatlah setidaknya 5-7 jam setiap harinya.

9. Gunakan produk kecantikan sesuai kulit wajah

Produk kecantikan dan kosmetik memang bisa menimbulkan jerawat di kulit. Apalagi jika kulit Anda tidak cocok dengan jenis kosmetik yang digunakan. Kulit akan menjadi iritasi dan meradang hingga muncul banyak jerawat.

10. Jaga kebersihan rambut

Bakteri yang ada di rambut juga bisa menular ke wajah Anda dan menyebabkan jerawat. Untuk menghindari hal itu, rajinlah mencuci rambut setidaknya 2 kali seminggu. Rambut yang bersih akan membantu menjaga kesehatan kulit wajah juga, lho.

Itulah berbagai cara merawa wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo yang bisa Anda lakukan. Sangat mudah dan sederhana, bukan?

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 30th, October 2017 / 07:40 Oleh :
Kategori : Pencegahan