Sponsors Link

12 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat Secara Alami Paling Mudah

Sponsors Link

Semua orang tentu saja tidak mengharapkan segala sesuatu tentang jerawat menghiasi kulit wajah mereka. Namun, yang sering terjadi adalah jerawat kerap kali muncul secara terus menerus di kulit wajah karena ada banyak penyebab jerawat. Selain itu, secara spesifik pun penyebab timbulnya jerawat di wajah juga banyak, seperti penyebab jerawat di hidung, penyebab jerawat di dagu, dan penyebab jerawat di pipi. Nah, lalu bagaimana cara merawat kulit Anda sehingga wajah Anda tidak berjerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Sponsors Link

Faktor Penyebab Jerawat

Sebelum Anda mengetahui berbagai macam cara merawat kulit Anda agar bebas dari jerawat, maka ada baiknya jika pertama-tama Anda mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Berikut ulasannya.

  • Bakteri. Ini merupakan alasan utama mengapa jerawat bisa tumbuh di kulit wajah Anda. Biasanya, bakteri penyebab jerawat ini bisa menempel di kulit Anda melalui berbagai macam media, seperti misalnya peralatan yang tidak steril dan semacamnya. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan wajah secara berkala agar bakteri ini tidak mampu menimbulkan jerawat di kulit Anda. Jika memang telah terjadi jerawat akibat bakteri, maka anda dapat menggunakan obat jerawat batu yang ada di apotik.
  • Genetik. Faktor genetik juga menentukan timbulnya jerawat. Biasanya jika salah satu orang tua Anda ada yang memiliki kulit berminyak, maka kemungkinan besar kulit Anda akan berminyak juga. Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, maka Anda perlu melakukan usaha atau perawatan ekstra agar kulit Anda tidak ditumbuhi jerawat, salah satunya dengan menggunakan cara perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.
  • Hormon. Faktor hormon biasanya akan memegang peranan penting mengapa jerawat di wajah bisa timbul. Ketika Anda memasuki fase pubertas atau menstruasi, atau bisa juga stress dan banyak merokok, maka akan terjadi ketidakseimbangan jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen yang akan meningkatkan produksi sebum di kulit Anda. Akibatnya, jerawat pun akan lebih mudah muncul di kulit Anda.
  • Kurang Memperhatikan Kebersihan Wajah. Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa jerawat bisa muncul. Jarangnya Anda memperhatikan kebersihan wajah seperti jarang mencuci wajah atau malas mandi merupakan penyebab mengapa jerawat bisa timbul.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai faktor yang dapat menyebabkan jerawat di wajah, sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai macam cara merawat wajah agar tidak berjerawat. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan.

1. Mencuci Wajah Secara Rutin

Ketika Anda tidak ingin mendapati adanya jerawat di kulit Anda, maka ini merupakan langkah simpel yang harus Anda lakukan. Mencuci wajah secara rutin paling tidak 2 kali dalam sehari tentu saja akan sangat bermanfaat sebagai cara mencegah jerawat secara alami.

Mengapa Mencuci Wajah Secara Rutin Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Seperti yang telah diketahui, ketika Anda beraktivitas seharian, terlebih lagi jika Anda beraktivitas di luar ruangan, maka kulit wajah Anda akan ditempeli oleh debu maupun kotoran yang akan menutup pori-pori kulit wajah Anda. Nah, jika debu dan kotoran yang menempel ini berinteraksi dengan sebum di kulit, maka tentu saja akan timbul jerawat di wajah Anda. Oleh karena itu, cucilah wajah Anda 2 kali dalam sehari dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.

Baca Juga: Pola Hidup Sederhana Yang Dapat Atasi Jerawat

2. Menggunakan Sabun Khusus Wajah

Ketika Anda membersihkan wajah Anda dengan menggunakan air bersih, maka tentu saja hasilnya akan lebih maksimal apabila Anda menambahnya dengan menggunakan sabun khusus wajah. Namun, tentu saja penggunaan sabun khusus wajah ini harus disesuaikan dengan tipe kulit Anda.

Mengapa Menggunakan Sabun Khusus Wajah Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Hal ini dikarenakan ketika Anda menggunakan sabun khusus wajah, maka debu menyebabkan jerawat, kotoran, sel-sel kulit mati, dan polusi-polusi yang lainnya akan lebih mudah terangkat dari kulit wajah Anda jika dibandingkan dengan menggunakan air bersih saja. Jika Anda memiliki tipe kulit yang berjerawat, ada baiknya Anda menggunakan sabun wajah yang mengandung asam salisilat.

Kandungan asam salisilat ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit secara maksimal, dan resiko timbulnya jerawat di wajah menjadi berkurang.Selain itu, kandungan asam salisilat ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat. Jangan sekali-kali menggunakan sabun badan di wajah, karena sabun badan memiliki pH yang berbeda dibandingkan kulit wajah Anda. Pengaplikasian sabun badan di wajah akan meningkatkan resiko munculnya jerawat karena iritasi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat 

3. Menggunakan Pelembab Wajah

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering dan normal, maka menggunakan pelembab setelah Anda mandi atau membersihkan kulit wajah dengan air adalah cara yang juga perlu dilakukan. Namun, tentu saja Anda yang memiliki tipe kulit berminyak tetap dianjurkan untuk menggunakan pelembab wajah. Nah, apa alasannya? Berikut ulasannya untuk Anda.

ads

Mengapa Menggunakan Pelembab Wajah Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Ketika Anda memiliki tipe kulit wajah yang kering dan normal, biasanya setelah pengaplikasian sabun wajah atau ketika Anda selesai mencuci wajah Anda, maka kulit wajah Anda akan menjadi kering. Seperti yang kita ketahui, kulit yang berminyak merupakan pemicu utama timbulnya jerawat, namun kulit yang terlalu kering juga akan menimbulkan jerawat karena kulit wajah akan rentan terkena iritasi dan peradangan oleh debu dan kotoran. jika sudah terkena iritasi, maka sebaiknya gunakan cara mengempeskan jerawat yang meradang.

Nah, ketika Anda memiliki kulit yang berminyak, maka kulit akan secara otomatis mengeluarkan sebum yang lebih banyak dibandingkan dengan Anda yang memiliki tipe kulit kering, sehingga mereka yang memiliki kulit berminyak tidak begitu memerlukan bantuan pelembab lagi. Nah, bagi anda yang memiliki kulit berminyak, maka Anda tetap bisa menggunakan pelembab asalkan yang anda gunakan adalah pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak. Beda halnya dengan Anda yang memiliki kulit kering, dimana Anda tentu membutuhkan suatu pelembab wajah yang mengandung air agar kulit Anda menjadi terlindungi dari iritasi dan peradangan debu dan kotoran.

baca Juga: Scrub Alami Untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak Serta Cara Penggunaannya

 4. Jaga Kebersihan Bantal dan Handphone

Faktor yang sering menjadi penyebab timbulnya jerawat namun sering Anda lewatkan adalah faktor eksternal seperti penggunaan sarung bantal dan handhone yang tidak bersih. Nah, memang apakah alasan sehingga kebersihan sarung bantal dan handphone menjadi sangat penting untuk menjaga kulit wajah Anda dari jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Menjaga Kebersihan Bantal dan Handphone Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Ketika Anda menggunakan sarung bantal yang kotor serta menggunakan handphone untuk menelepon dengan menempelkannya ke pipi Anda, maka sudah tentu bahwa kemungkinan besar jerawat akan muncul. Hal ini dikarenakan:

  • Sarung bantal yang jarang diganti merupakan sumber pertumbuhan bakteri, dan jika Anda tidur dan bagian wajah Anda menyentuh sarung bantal tersebut, maka bakteri yang ada di bantal akan berpindah ke kulit wajah Anda, sehingga bakteri tersebut akan menutup pori dan menjadi penyebab jerawat meradang.
  • Ketika Anda menempelkan handphone di pipi Anda, maka minyak dan bakteri yang menumpuk di layar handphone Anda akan berpindah ke kulit wajah, sehingga jerawat pun akan muncul.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti sarung bantal minimal seminggu sekali sebagai cara mencegah jerawat tumbuh lagi . Selain itu, lebih baik jika Anda menelepon dengan menggunakan bantuan headshet agar handphone tidak menempel di kulit wajah Anda.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Batu di Dagu

5. Konsumsi Makanan Yang Sehat

Tahukah Anda bahwa makanan yang Anda konsumsi akan mempengaruhi timbulnya jerawat di kulit Anda? Ya, ketika Anda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan berminyak, makanan bersantan, makanan pedas, dan junk-food, maka jerawat kemungkinan besar akan muncul.

Mengapa Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Makanan merupakan salah satu faktor akan tumbuh tidaknya jerawat di kulit Anda. Hal ini dikarenakan makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan berminyak, makanan pedas, dan junk-food dapat membuat kulit Anda memproduksi lebih banyak sebum, sehingga terdapat minyak berlebih di kulit wajah Anda. Minyak berlebih di kulit wajah tentu saja akan menutup pori-pori kulit dan ketika berinteraksi dengan debu ataupun kotoran, akan menyebabkan jerawat meradang.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti misalnya buah-buahan. Makanan-makanan tersebut akan sangat bermanfaat untuk mencegah jerawat karena memiliki kandungan nutrisi yang justru akan mendatangkan banyak kebaikan bagi kulit Anda.

Baca Juga: Buah Penghilang Jerawat Yang Alami dan Ampuh

6. Minum Air Putih Secara Rutin

Kebiasaan simpel dan juga sepele seperti mengkonsumsi air putih setidaknya 1,5 liter untuk wanita dan 2 liter untuk laki-laki atau 8 gelas dalam sehari akan sangat dianjurkan sebagai langkah untuk cara merawat wajah agar tidak berjerawat. Nah, apa kaitan antara meminum air putih dan pencegahan jerawat di wajah? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Meminum Air Putih Secara Rutin Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Meminum air putih secara rutin merupakan langkah sederhana sebagai cara mencegah jerawat dengan bahan alami, karena:

  • Meminum air putih secara teratur dapat mendetoksifikasi zat-zat beracun dna berbahaya dalam tubuh, sehingga zat-zat tersebut dapat keluar dari tubuh Anda. Zat-zat beracun seringkali dapat menjadi penyebab munculnya jerawat.
  • Meminum air putih juga akan membersihkan darah kotor di dalam tubuh yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat, sehingga meminum air putih dapat digunakan sebagai tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat.
  • Meminum air putih juga dapat digunakan sebagai pelembab alami wajah, sehingga wajah Anda menjadi cerah dan terhindar dari iritasi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Golongan Darah B dan Cara Menghilangkan Jerawat Golongan Darah O

7. Menggunakan Tabir Surya

Ketika Anda akan melakukan aktivitas outdoor dalam jangka waktu yang lama, maka menggunakan tabir surya pada wajah Anda merupakan salah satu hal yang terpenting. Nah, lalu mengapa menggunakan tabir surya menjadi begitu penting untuk merawat wajah agar tidak berjerawat? Berikut ulasannya.

Mengapa Menggunakan Tabir Surya Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Ketika Anda mengaplikasikan tabir surya sebelum Anda akan beraktivitas outdoor, maka tabir surya tersebut akan melindungi kulit Anda dari bahaya sengatan sinar UVA dan UVB dari matahari. Sinar UVA dan UVB dapat membuat kulit Anda mengalami hiperpigmentasi, yang nantinya juga akan memicu peradangan jerawat yang berwarna hitam. Tidak hanya itu, jerawat yang sudah muncul nantinya juga berpotensi besar akan meninggalkan bekas berawarna hitam yang akan membutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya. Nah, jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi, maka anda dapat melakukan cara menghilangkan jerawat hitam di wajah dan cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam.

Oleh karena itu, sangat penting unruk mengoleskan tabir surya di kulit Anda sebelum beraktivitas di luar ruangan. Selain pemakaian tabir surya, menggunakan pelindung kepala seperti topi juga akan bermanfaat untuk menghindarkan kulit Anda dari jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bintik Hitam Bekas Jerawat

8. Beristirahat Yang Cukup

Disadari atau tidak, memiliki waktu istirahat yang cukup ternyata akan sangat berdampak baik bagi kulit wajah Anda, sehingga meminimalkan resiko munculnya jerawat di kemudian hari. Nah, lalu apa alasannya sehingga memiliki waktu beristirahat yang cukup mampu merawat kulit agar terhindar dari jerawat? Berikut ulasannya.

Mengapa Memiliki Waktu Istirahat Yang Cukup Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Ketika Anda terlalu banyak begadang dan memiliki waktu istirahat yang cukup, maka produksi sebum Anda akan cenderung meningkat, karena begadang memiliki keterikatan yang erat dengan stress yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon akan meningkatkan hormon androgen yang akan memicu munculnya ciri-ciri jerawat karena hormon di kulit Anda.

Sebaliknya jika Anda memiliki waktu istirahat yang cukup, maka kulit Anda akan melakukan regenerasi sel yang akan mengganti sel-sel kulit yang sudah mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit yang baru. Hasilnya, kulit Anda akan menjadi terawat secara alami dan jerawat yang diakibatkan oleh penumpukan sel kulit mati dapat dihindari.

Baca Juga: Ciri-Ciri Jerawat Haid dan Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi

Sponsors Link

9. Menggunakan Kosmetik Yang Sesuai

Tidak dapat dipungkiri jika penggunaan kosmetik sudah menjadi seperti kewajiban di kalangan para wanita. Sebenarnya tidak ada yang slaah dengan penggunaan kosmetik, asalkan kosmetik yang Anda gunakan memang sesuai dengan tipe kulit Anda. Penasarang mengapa menggunakan kosmetik yang sesuai dengan tipe kulit akan membantu merawat kulit? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Menggunakan Kosmetik Yang Sesuai Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Ketika Anda menggunakan kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit Anda atau menggunakan kosmetik yang memiliki merk tidak jelas, maka tentu saja kosmetik tersebut berpotensi besar akan menutup pori-pori kulit dan akan membuat kulit Anda menjadi tidak bisa bernapas. Tersumbatnya pori-pori akibat salah kosmetik ini tentu saja akan menimbulkan jerawat di kemudian hari.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kulit berminyak, maka lebih baik gunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat yang memiliki sifat yang ringan, seperti misalnya bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation yang untuk kulit berjerawat. Jika Anda memang memiliki tipe kulit yang kering, ada baiknya Anda menggunakan kosmetik yang mengandung air, sehingga kosmetik tersebut juga akan melembabkan kulit Anda secara alami.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik

10. Membersihkan Rambut Secara Rutin

Ini juga seringkali menjadi salah satu alasan mengapa jerawat bisa tumbuh di kulit Anda. Ya, jika Anda jarang memperhatikan kebersihan rambut dan malas mencuci rambut Anda, sudah jelas kemungkinan besar jerawat akan muncul di area wajah yang sering bersentuhan dengan rambut, seperti di dahi misalnya. Nah, mengapa membersihkan rambut secara rutin dapat menjadi cara merawat wajah agar tidak berjerawat? Berikut ulasannya.

Mengapa Membersihkan Rambut Secara Rutin Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Rambut merupakan bagian di kepala kita yang sangat rentan untuk menjadi sarang bagi debu, polusi, dan bakteri setelah kita beraktivitas seharian, apalagi jika kita beraktivitas di luar ruangan. Nah, bagi Anda yang memiliki rambut panjang, maka ketika rambut Anda menyentuh bagian dahi Anda, maka bakteri, debu, dan kotoran yang terdapat di rambut Anda akan berpindah ke area dahi Anda.

Debu, kotoran, dan bakteri ini nantinya akan menyumbat pori-pori kulit dan jika berinteraksi dengan sebum di wajah, maka tentu saja jerawat kecil-kecil di dahi akan muncul di kulit Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang memang memiliki rambut panjang, ada baiknya untuk mencuci rambut Anda sehari sekali secara rutin agar rambut Anda akan selalu bersih dari debu, kotoran, dan bakteri. Alternatif lain, gunakan cara menghilangkan jerawat di dahi dan cara menghilangkan jerawat kecil-kecil di jidat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

11. Menggunakan Masker Alami

Salah satu hal yang dapat digunakan apabila Anda ingin tetap menjaga kesehatan kulit Anda dan menghindarkan kulit Anda dari jerawat adalah dengan mengaplikasikan masker alami pada wajah Anda. Masker alami ada banyak sekali, mulai dari madu, putih telur, es batu, kunyit, jahe, tomat, mentimun, lidah buaya, dan lain sebagainya.

Mengapa Menggunakan Masker Alami Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Hal ini dikarenakan ketika Anda mengaplikasikan masker di wajah menggunakan bahan alami, maka segala nutrisi pada bahan alami tersebut dapat terserap secara maksimal untuk kebaikan kulit Anda. Seperti misalnya jeruk nipis dan lemon. Manfaat jeruk nipis untuk jerawat dan manfaat lemon untuk jerawat adalah  kandungan Vitamin C yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas penyebab jerawat dan juga dapat memicu produksi kolagen pada kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat ini adalah dapat menghaluskan kulit Anda.

Manfaat lain dari menggunakan masker alami ini adalah bahan-bahan alami cenderung lebih murah, lebih mudah ditemukan, dan juga mudah diaplikasikan ke kulit Anda. Satu lagi, menggunakan masker berbahan alami tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit Anda seperti halnya ketika Anda menggunakan obat-obatan medis seperti antibiotik atau isotretinoin yang dapat membuat anda merasakan bahaya penggunaan antibiotik jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran

12. Jangan Menyentuh Wajah dengan Tangan

Tahukah Anda bahwa menyentuh wajah dengan tangan merupakan kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan jerawat di kulit wajah Anda di kemudian hari? Ya, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan merupakan penyebab jerawat batu dan tentu saja akan jerawat tersebut akan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan di kemudian hari.

Mengapa Tidak Menyentuh Wajah dengan Tangan Dapat Merawat Kulit Wajah Dari Jerawat?

Tidak bisa dipungkiri jika tangan Anda merupakan sarang bakteri dan kotoran yang bahkan tidak terlihat secara kasat mata. Hal ini dikarenakan dalam kehidupan sehari-hari, Anda menyentuh berbagai macam barang yang berdebu dan ditempeli kotoran dengan menggunakan tangan Anda, seperti misalnya koran, remote TV atau AC, uang, dan lain sebagainya

Nah, jika Anda menyentuh kulit wajah Anda dengan menggunakan tangan, maka segala debu, kotoran, dan bakteri yang ada di tangan Anda berpindah ke wajah Anda, dan polutan-polutan tersebut dapat menimbulkan jerawat dikemudian hari. Apalagi jika Anda kemudian memencet jerawat tersebut, sudah tentu akan mengalami bahaya memencet jerawat dan efek akibat jerawat dipencet, yaitu kulit menjadi luka dan timbulah bekas jerawat yang susah dihilangkan.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi berbagai faktor yang dapat menyebabkan jerawat dan segala cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kebersihan dan kesehatan wajah Anda agar tidak berjerawat. Jangan lupa terapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan