Sponsors Link

10 Ciri Ciri Jerawat Akan Hilang Sebentar Lagi

Sponsors Link

Urusan dengan segala sesuatu tentang jerawat akan selesai jika ciri ciri jerawat akan sembuh sudah mulai nampak. Fase penyembuhan jerawat memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar sampai benar benar hilang dan kondisi kulit kembali seperti semula. Kunci dari menghilangkan jerawat secara menyeluruh adalah kesabaran. Sebagian besar orang, terutama para wanita tidak sabar menunggu jerawat sembuh dan memencetnya hingga meletus. Padahal ini sangat tidak baik.

Sponsors Link

Memencet jerawat membuat jerawat menjadi semakin parah, menyebar ke bagian wajah yang lain, dan merusak jaringan di bawah kulit. Maka dari itu banyak kulit wajah bekas jerawat yang seperti parut dan bopeng. Kalau sudah begini, bertambah lagi kan masalah kulit yang harus dipikirkan.

Sekarang pelajari lebih dalam lagi tentang ciri ciri jerawat akan hilang sebentar lagi, agar Anda tidak terbiasa memencet jerawat. Apa saja sih ciri cirinya? Ini dia.

1. Jerawat Tidak Membesar Lagi

Dari mulai pertama muncul, jerawat semakin lama akan semakin membesar karena kuman dan bakteri di dalamnya juga semakin banyak. Biarkan jerawat tumbuh membesar sampai akhirnya berhenti dan tidak bertambah besar lagi. Jika jerawat sudah berhenti tumbuh membesar, artinya jerawat tersebut sudah siap untuk sembuh. Bakteri dan kotoran sudah berkembang dengan maksimal dan jerawat pun sudah meradang. Tetapi ukuran jerawat yang segera sembuh biasanya sangat besar seperti bisul dan mengganggu penampilan. Bersabarlah sebentar saja, karena dalam 1 atau 2 hari jerawat akan sembuh dan hilang.

2. Terasa Perih

Beberapa jerawat akan terasa sangat perih seperti luka yang terbuka. Biasanya jerawat yang perih seperti ini adalah jerawat batu. Jerawat ini memang sangat parah dan berisi cairan. Jerawat batu tidak tumbuh pada sembarang orang. Hanya orang yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat saja yang biasanya ditumbuhi oleh jerawat batu. Rasa perih ini tentu membuat Anda menjadi sangat tidak nyaman. Tetapi rasa perih ini muncul karena jerawat sudah matang dan siap meletus sewaktu waktu.

3. Nyeri Meski Tidak Disentuh

Jerawat sakit saat disentuh mungkin sudah biasa bagi Anda yang sering berjerawat. Meski kadang rasanya berdenyut denyut, tetapi ini adalah pertanda baik. Jerawat yang terasa nyeri dan sakit bahkan saat tidak disentuh adalah ciri ciri jerawat segera sembuh sebentar lagi. Nyeri pada jerawat biasanya dibarengi dengan rasa perih seperti luka terbuka. Jerawat yang terasa perih dan nyeri seperti ini berarti siap untuk sembuh dan hilang dalam waktu dekat.

4. Warna Jerawat Sangat Merah

Jerawat meradang biasanya berwarna sangat merah, sehingga terlihat menonjol di antara warna kulit. Inilah saat saat dimana jerawat dinilai sangat mengganggu, bahkan menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat yang sangat tidak diharapkan. Seseorang yang jerawatnya berwarna merah akan merasa tidak percaya diri karena penampilannya tidak sempurna. Untuk menutupinya, wanita biasanya memakai make up ekstra tebal. Padahal menambahkan make up pada jerawat justru membuat kondisi jerawat menjadi semakin parah.

Sponsors Link

5. Cairan di Dalam Jerawat Pecah

Satu lagi ciri ciri jerawat segera sembuh yang wajib diketahui wanita. Jerawat biasanya berisi cairan bening sehingga membuatnya tampak seperti cacar air kecil di kulit. Jumlahnya tidak hanya satu, tetapi bergerombol dan saling berdekatan. Namanya adalah jerawat pasir. Jerawat seperti ini sangat sulit disembuhkan. Jadi jangan menyentuhnya kalau tidak ingin jerawat menjadi semakin parah. Siapkan saja kapas atau tisu untuk mengelap cairan jerawat yang keluar. Jangan dipencet hanya karena ingin cairannya keluar semuanya. Memencet jerawat hanya akan merusak jaringan kulit dan membuatnya semakin parah saja.

6. Jerawat Mengeluarkan Darah dan Nanah

Jerawat yang sudah sangat parah biasanya tidak mengeluarkan cairan bening saja, tetapi darah atau nanah di dalamnya. Darah dan nanah ini adalah kotoran, bakteri, kuman, dan minyak wajah yang bercampur jadi satu. Ukurannya pun biasanya lebih besar dari jerawat biasa. Jerawat yang didalamnya terdapat darah akan berwarna sangat merah, sedangkan jerawat yang berisi nanah akan cenderung putih kekuningan.

Jerawat ini bisa pecah di mana saja, termasuk saat Anda sedang beraktivitas. Cara mengobati jerawat bernanah dan berdarah adalah dengan memberikan pertolongan pertama yang tepat. Biarkan darah dan nanah keluar hingga benar benar habis. Siapkan tisu dan kapas agar darah dan nanah tidak sampai mengenai bagian kulit lain sehat. Jika sampai menetes, akan menumbuhkan jerawat baru di tempat yang terkena darah dan nanah tersebut.

7. Kulit di Sekitar Jerawat Menjadi Merah

Jerawat yang segera sembuh biasanya akan meradang parah. Tanda peradangan jerawat yang paling mudah terlihat adalah kulit di sekitar jerawat yang menjadi sangat merah seperti terbakar. Ini adalah efek peradangan para jerawat, yang menyebabkan kulit di sekitarnya menjadi iritasi dan sangat sensitif. Biasanya kulit yang memerah ini juga akan ikut sakit dan nyeri saat disentuh. Jangan menyentuh apalagi memencet jerawat yang memerah seperti ini, karena akan menambah jumlah bakteri yang ada dalam jerawat dan membuatnya lebih susah sembuh.

Sponsors Link

8. Jerawat Menjadi Sangat Gatal

Rasa gatal pada jerawat biasanya disebabkan jumlah bakteri yang semakin banyak saja. Ini juga tanda bahwa jerawat segera sembuh. Diamkan saja saat jerawat terasa gatal. Kulit pada jerawat dan kulit di sekitar jerawat sedang sangat sensitif di fase ini, sehingga jika Anda tergoda untuk menyentuhnya, akan menimbulkan luka gores yang berbekas hitam.

9. Jerawat Mengering

Jerawat yang mengering biasanya akan terjadi setelah cairan di dalam jerawat yang berupa darah atau nanah keluar. Sebelum mengering, jerawat akan sangat memerah. Dalam 2 atau 3 hari akan membentuk lapisan seperti borok. Jangan mengelupas kulit yang mulai mengering ini karena jika Anda melakukannya, bersiaplah untuk memiliki bekas jerawat hitam yang sulit dihilangkan. Yang ada kulit Anda akan semakin tidak mulus kan?

10. Jerawat Terasa Panas

Jerawat yang terasa panas adalah bagian dari peradangan atau inflamasi yang terjadi. Tenangkan inflamasi yang terjadi pada jerawat dengan menggunakan gel lidah buaya. Kulit akan terasa dingin dan rasa panas akan berkurang dengan cepat dan efektif. Oleskan lagi gel lidah buaya setiap saat jika kulit terasa panas.

Itulah ciri ciri jerawat akan hilang sebentar lagi yang harus diketahui. Jika salah satu atau sebagian besar ciri ciri ini ada pada Anda, itu artinya jerawat akan sembuh tidak lama lagi. Jadi bersabarlah sedikit, jangan cepat tergoda memencet jerawat. Jerawat tidak akan sembuh saat dipencet. Justru akan semakin menyebar dan jerawat menjadi semakin parah.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan