Sponsors Link

11 Ciri-Ciri Jerawat Akan Tumbuh di Wajah

Sponsors Link

Kulit wajah yang bermasalah ternyata juga dapat memberikan dampak psikologis, salah satunya adalah dampak psikologis akibat jerawat yaitu menurunnya kepercayaan diri serta mudah emosi. Selain itu, ketika jerawat susah hilang setelah dilakukan perawatan yang terbilang lama juga akan memberikan rasa bosan serta harapan memiliki kulit wajah yang bersih dan bagus juga akan semakin menurun. Oleh sebab itu, melakukan perawatan kulit wajah dengan rutin dan benar juga sangat diperlukan untuk mengatasi jerawat maupun untuk mencegah munculnya jerawat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui ciri-ciri jerawat akan tumbuh di wajah, sehingga dapat melakukan perawatan sesuai dengan kondisi kulit wajah berjerawat. Apa saja ciri-ciri jerawat akan tumbuh di wajah tersebut, berikut ini beberapa diantaranya:

Sponsors Link
  1. Wajah Berminyak

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah karena adanya produksi minyak atau sebum berlebih pada kulit wajah yang kemudian menyumbat pori-pori. Oleh sebab itu, wajah berminyak atau terlalu berminyak juga menjadi pertanda atau ciri-ciri jerawat akan tumbuh. Walaupun tidak semua wajah berminyak kemudian akan selalu menandakan jerawat.

  1. Komedo

Memang ada perbedaan jerawat dan komedo, namun tidak sedikit pula orang yang mengalami masalah jerawat dimulai dengan masalah komedo. Dimana komedo juga menjadi salah satu penyebab  tumbuhnya jerawat di wajah. Tumbuhnya jerawat juga terkadang memiliki ciri yang sama dengan komedo, yaitu tumbuhnya bintik atau benjolan kecil pada kulit wajah.

  1. Pori-Pori Tersumbat

Ciri-ciri jerawat akan tumbuh yang sangat jelas adalah tersumbat nya pori-pori kulit wajah anda. Ketika pori-pori kulit wajah tersumbat maka akan menimbulkan benjolan kecil di wajah yang kemudian menjadi jerawat. Tersumbat nya pori-pori dapat disebabkan karena produksi sebu berlebih dan tumpukan kulit mati atau kotoran yang tidak dibersihkan.

  1. Jerawat kecil

Munculnya jerawat-jerawat kecil di kulit wajah merupakan salah satu ciri-ciri jerawat akan tumbuh yang sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan, karena kondisi tersebut sebenarnya akan hilang dengan sendirinya setidaknya dalam waktu 1 hingga 2 hari. Namun perlu diperhatikan disini, bahwa jika jerawat kecil tersebut menunjukkan tanda jerawat tumbuh membesar maka perawatan jerawat perlu dilakukan untuk menghindari kondisi semakin parah.

  1. Timbulnya Whitehead

Whitehead merupakan istilah dari adanya komedo, dimana akan muncul bintik-bintik putih di kulit wajah anda. Bintik-bintik putih tersebut biasanya akan tumbuh di area hidung atau ujung hidung dan bawah bibir. Kondisi ini memang tidak akan menyebabkan suatu peradangan, tetapi tetap perlu diperhatikan karena kondisi ini menjadi salah satu ciri-ciri jerawat akan tumbuh. Terlebih lagi dalam beberapa hari kemudian, biasanya akan muncul bintik hitam di area wajah tersebut yang dapat memicu jerawat. Oleh sebab itu, jika anda salah dalam mengatasi kondisi tersebut apalagi dengan cara yang tidak steril, maka jangan heran jika jerawat kemudian tumbuh dan berkembang lebih lanjut.

  1. Papula atau Jerawat Ringan

Ciri-ciri jerawat akan tumbuh selanjutnya adalah adanya peradangan ringan pada kulit wajah anda yang disertai dengan munculnya papula. Papula merupakan suatu luka atau lesi kulit yang kondisinya membesar tetapi masih dalam ukuran kecil dan padat. Kondisi tersebut dapat dikategorikan dalam masalah jerawat ringan, yang artinya jika dapat diatasi dengan baik dan benar maka masalah jerawat lebih parah dapat dihindari.

  1. Papula Meradang

Ketika papula tumbuh dan tidak diatasi dengan benar, maka kondisi papula tersebut akan berkembang dan juga terlihat meradang. Dimana kondisi seperti ini biasanya sudah mulai diperlukan bantuan medis untuk mengobatinya.

  1. Jerawat Menjadi Pastules

Jerawat yang berubah menjadi pastules memiliki ciri-ciri seperti didalamnya berisi nanah dan juga meradang. Kondisi tersebut biasanya akan terlihat seperti adanya benjolan yang berujung putih. Ketika jerawat dalam kondisi ini maka perlu diingat untuk tidak memencet jerawat sembarangan karena justru akan menyebabkan jerawat semakin parah.

  1. Pastules Berkembang

Jika jerawat anda kemudian berkembang menjadi suatu gumpalan atau nodule yang berisi nanah, sel darah putih, bakteri, kotoran, sel kulit mati, dan minyak atau sebum, maka jerawat anda sudah menunjukkan ciri-ciri jerawat akan tumbuh semakin parah. Gumpalan yang meradang tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dan menyebabkan parut.

  1. Kulit Sekitar Jerawat Memerah

Ketika jerawat sudah meradang parah, maka ciri-ciri jerawat akan tumbuh selanjutnya adalah kulit disekitar jerawat tersebut akan memerah. Dimana darah juga dapat muncul dari jerawat ketika ada luka atau di pencet. Kondisi tersebut dapat menyebabkan infeksi dan memungkinkan jerawat menyebar semakin banyak. Oleh sebab itu, kondisi seperti ini biasanya sudah mulai diperlukan perawatan atau pengobatan oleh dermatolog untuk membantu membersihkan gumpalan atau jerawat yang mengandung nanah tersebut.

  1. Bekas Jerawat

Ciri-ciri jerawat akan tumbuh yang terakhir adalah adanya bintik bekas jerawat yang menjadi pertanda penyembuhan jerawat. Untuk mengatasi bekas jerawat sendiri diperlukan perawatan khusus untuk mencegah adanya jaringan parut permanen.

Demikianlah beberapa ciri-ciri jerawat akan tumbuh yang menjadi bagian penting dalam mengatasi dan mencegah segala sesuatu tentang jerawat. Semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!