Sponsors Link

4 Ciri Ciri Jerawat Breakout dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Informasi mengenai segala sesuatu tentang jerawat memang masih banyak dicari, baik itu oleh kaum wanita maupun kaum pria. Hal ini sendiri disebabkan karena banyak sekali kondisi yang berhubungan dengan jerawat, baik itu mengenai dampak psikologis akibat jerawat, kondisi kesehatan tubuh yang ditandai oleh jerawat, maupun mengenai jerawat dan kondisi kulit itu sendiri seperti penyebab jerawat, ciri-ciri jerawat, dan lain sebagainya. Salah satu yang juga banyak ingin diketahui adalah mengenai jerawat breakout. Pernahkah anda mendengar istilah jerawat breakout? Bagi anda yang pernah maupun belum pernah dan ingin mengetahui mengenai jerawat breakout, maka wajib simak ulasan berikut mengenai ciri ciri jerawat breakout.

Sponsors Link

Jerawat Breakout

Dalam dunia kecantikan kulit dan wajah, breakout sendiri merupakan suatu istilah yang mengarah pada adanya kondisi kulit dimana ditumbuhi oleh jerawat maupun bisul dan disertai dengan kondisi kulit yang memerah, nyeri, membengkak, hingga juga terjadinya peradangan. Kondisi kulit breakout tersebut biasanya disebabkan karena adanya reaksi kulit terhadap produk kosmetik yang digunakan tidak cocok. Bahkan kondisi kulit tersebut biasanya juga akan bertahan lama hingga lebih dari satu bulan.

Dari kondisi kulit tersebut maka dapat disimpulkan pula bahwa jerawat breakout merupakan salah satu jenis jerawat yang disebabkan karena penggunaan produk di wajah, baik itu produk kosmetik maupun skin care, seperti skin care untuk kulit berminyak dan kusam yang tidak cocok dan lain sebagainya. Terlebih lagi jerawat breakout biasanya juga akan disertai dengan reaksi kulit lainnya, dimana kondisi ini berbeda pada kondisi munculnya jerawat di kulit wajah pada umumnya. Sebagai contoh seperti ketika seorang wanita mencoba produk kosmetik maupun skin care baru, dan baru memakainya pertama kali. Namun setelah pemakaian pertama wanita tersebut mengalami jerawat yang timbul dibeberapa area wajah, dan kulit wajah juga mengalami iritasi, kemerahan, dan lain sebagainya. Maka jerawat yang muncul pada wanita tersebut dapat dikatakan sebagai jerawat breakout. Lantas bagaimana dengan ciri-ciri dari jerawat breakout yang membedakan dengan jerawat pada umumnya? berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui apa yang sebenarnya disebut sebagai jerawat breakout, maka perlu diketahui pula ciri-ciri nya secara lebih jelas. Karena dengan mengetahui ciri-ciri nya maka dapat dilakukan penanganan yang lebih sesuai dengan kondisi yang dialami. Apa saja ciri-ciri tersebut? berikut beberapa ciri ciri jerawat breakout, diantaranya adalah :

  • Muncul setelah pemakaian produk wajah

Ciri-ciri yang pertama dari jerawat breakout yang paling umum dan jelas adalah muncul setelah anda memakai produk wajah, baik itu kosmetik maupun skin care, untuk yang pertama kali dan langsung menimbulkan jerawat maupun bruntusan. Jerawat yang muncul setelah pemakaian produk wajah tersebut merupakan jerawat breakout yang menjadi pertanda akan kulit wajah anda yang tidak cocok dengan produk tersebut.

  • Muncul di area wajah manapun

Ciri selanjutnya  dari jerawat breakout adalah bahwa jerawat breakout bisa muncul dimana saja, artinya diseluruh permukaan kulit wajah dapat mengalami jerawat breakout. Jadi, jika jerawat umum banyak muncul diarea dahi, maupun pipi, dan daerah langganan lainnya, namun jerawat breakout ini dapat muncul dimana saja. Anda juga dapat memastikannya dengan lebih memperhatikan, ketika jerawat muncul didaerah yang bukan merupakan daerah langganan jerawat umumnya yang muncul di wajah anda setelah pemakaian produk wajah, maka anda dapat waspada akan jerawat breakout.

Sponsors Link

  • Munculnya reaksi kulit lainnya

Ciri selanjutnya dapat dilihat dari reaksi kulit wajah yang lainnya selain munculnya jerawat breakout. Artinya bahwa jika jerawat yang muncul di kulit anda juga disertai dengan adanya reaksi kulit lainnya, maka bisa jadi jerawat yang muncul tersebut merupakan jerawat breakout. Reaksi kulit lainnya yang dimaksudkan disini seperti, area kulit yang menjadi kemerahan, gatal, nyeri atau perih seperti iritasi, membengkang, terjadi peradangan pada kulit hingga juga jerawat mengeluarkan nanah.

  • Penyebab berdasar kandungan produk yang digunakan

Penyebab munculnya jerawat breakout biasanya juga tergantung pada kandungan dari produk yang digunakan di wajah. Dalam hal ini yang paling umum adalah bahan comedogenic pada produk yang digunakan, karena bahan ini dapat menyumbat pori-pori kulit yang kemudian memicu munculnya jerawat. Selain itu ada pula beberapa kandungan zat seperti fragrance, SLS, maupun chemical sunscreen, dan juga juga produk yang bukan termasuk dalam kategori eksfoliator akan lebih mudah menimbulkan jerawat breakout, karena kondisi kulit yang tidak cocok dengan kandungan-kandungan tersebut.

Itulah beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat dari munculnya jerawat breakout di kulit wajah. Untuk mengatasi jerawat breakout sendiri maka anda perlu langsung memberhentikan pemakaian produk yang bersangkutan, dan biarkan wajah beristirahat dari bahan-bahan berat selama beberapa hari maupun kembali gunakan produk yang memang sudah biasa digunakan. Jika kondisinya sudah cukup parah maka disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter untuk dilakukan penanganan yang lebih aman dan tepat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Jenis
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.