Sponsors Link

Ciri Ciri Jerawat di Kemaluan Wanita (Wajib Diketahui)

Sponsors Link

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang paling dikhawatirkan wanita. Jika jerawat tumbuh di muka, tentu akan menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat seperti menurunnya rasa percaya diri atau stress karena jerawat yang tidak kunjung hilang. Jangan beranggapan bahwa jerawat hanya bisa tumbuh di wajah saja, lho. Jerawat juga bisa tumbuh di area tubuh lain yang tersembunyi. Misalnya saja punggung, dada, leher, hingga bokong dan kemaluan.

Sponsors Link

Jerawat di kemaluan tentu saja sangat mengganggu dan terasa tidak nyaman. Memang ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, seperti faktor hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh atau kebersihan kemaluan yang kurang terjaga.

Tentu saja ada ciri ciri jerawat di kemaluan wanita yang harus diketahui, agar bisa membedakan apakah benjolan yang muncul adalah jerawat atau benjolan lain yang lebih berbahaya.

Yuk kenali apa saja ciri ciri jerawat di kemaluan wanita!

1. Tumbuh Pada Area Kemaluan

Ciri ciri jerawat di kemaluan yang pertama tentu saja harus tumbuh di sekitar area kemaluan. Berbeda dengan jerawat lain yang umumnya tumbuh di muka, jerawat di kemaluan biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil. Jerawat kemaluan tumbuh di bagian luar vagina hingga ke bibir vagina bagian dalam.

2. Terasa Nyeri Saat Disentuh

Pada umumnya jerawat memang terasa nyeri saat disentuh, sama halnya dengan jerawat di kemaluan. Rasa nyeri ini akan semakin terasa saat buang air kecil atau saat mandi. Bahkan banyak wanita yang tidak menyadari kemaluan mereka ditumbuhi jerawat sampai jerawat tersentuh dan terasa nyeri.

3. Bentuknya Menyerupai Bisul

Jerawat yang tumbuh di kemaluan wanita memiliki ciri fisik yang sama dengan jerawat pada umumnya, yaitu benjolan menyerupai bisul. Hanya saja benjolan ini bentuknya relatif kecil, seperti jerawat pasir namun tidak bergerombol. Jerawat di kemaluan wanita bentuknya lebih kecil dari jerawat batu.

4. Biasanya Tidak Berisi Cairan

Jerawat yang muncul di kemaluan wanita umumnya tidak memiliki mata atau berisi cairan karena hanya merupakan tumpukan bakteri dan jamur, dan sifatnya hanya sementara. Jika yang muncul bukan jerawat bentol merah tanpa mata, segera periksakan diri ke dokter agar tidak menjadi semakin parah.

5. Terasa Gatal

Jerawat muncul karena pori pori kulit yang tersumbat oleh bakteri dan kotoran. Karena jerawat dihuni oleh banyak bakteri dan kotoran, kedua hal itulah yang membuat jerawat di kemaluan terasa sangat gatal. Namun jangan pernah menggaruknya karena dapat menyebabkan iritasi yang lebih parah lagi.

Sponsors Link

Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat yang tumbuh di kemaluan wanita dapat dicegah melalui beberapa hal, seperti di bawah ini:

1. Menjaga Kebersihan Kemaluan

Jerawat muncul dari kuman dan bakteri yang bersarang di kemaluan. Jaga kebersihan kemaluan, yaitu membersihkan secara menyeluruh setelah buang air kecil atau buang air besar.

2. Mengurangi Makan Makanan Berminyak

Ada beberapa makanan yang masuk ke dalam kategori makanan penyebab timbulnya jerawat, seperti makanan berminyak. Kurangi konsumsi makanan yang berminyak untuk mencegah munculnya jerawat.

3. Memakai Celana Dalam Berbahan Katun

Sirkulasi udara di area kemaluan harus lancar agar kondisi kemaluan tidak lembab. Kemaluan yang lembab akan menjadi sarang bakteri dan jamur yang menyebabkan munculnya jerawat.

Itulah berbagai macam ciri ciri jerawat di kemaluan wanita, beserta cara mengobati dan bagaimana mencegah agar jerawat tidak mudah tumbuh. Semoga bermanfaat ya!

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.