Sponsors Link

15 Ciri Ciri Jerawat di Kepala dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jerawat di kepala seringkali menyerang kaum pria karena kandungan minyak kulit kepala pria lebih banyak daripada wanita apalagi jika mereka sering menggunakan minyak rambut dimana zat kimia yang terkandung dalam minyak rambut akan membuat kulit kepala memproduksi minyak berlebih. Kurangnya menjaga kebersihan dan stres dianggap sebagai penyebab jerawat di kepala yang sangat signifikan. Kebersihan di sini adalah ketepatan dalam memilih produk shampo dan keadaan sulit bernafas yang dialami kepala kita. Wanita yang menggunakan hijab adalah mereka yang bisa saja membuat kulit kepala sulit bernafas hingga berkaibat pada penumpukan kotoran dan minyak kulit di kepala.

Sponsors Link

Maka dari itu, perlu adanya treatment khusus yang bisa dilakukan para wanita yang berjilbab agar tak meicu timbulnya jerawat di kepala. Kulit kepala yang ditumbuhi jerawat tentunya sangat cukup menganggu dan akan memotivasi penderitanya untuk melakukan berbagai cara menghilangkan jerawat salah satunya mungkin dengan menggaruk bahkan memencetnya. Padahal memencet sendiri bukanlah sesuatu yang harus dibenarkan. Lalu apa saja ciri-ciri jerawat di kepala itu? Pada kesempatan kali ini kita kan mengulas secara tuntas ciri ciri jerawat di kepala.

Ciri ciri Jerawat Di Kepala

  1. Timbulnya benjolan kecil

Ciri yang pertama adalah munculnya benjolan-benjolan kecil yang ada di kulit kepalamu. Kamu akan merasakan adanya benjolan ini mungkin pada saat ketika kamu menyisir rambut. Tak banyak perbedaan, benjolan jerawat yang ada di kulit kepalamu sama dengan benjolan-benjolan jerawat yang menyerang daerah anggota tubuhmu yang lain.

  1. Munculnya sakit kepala

Sakit kepala yang dimaksud disini bukanlah sakit akibat adanya suatu gangguan atau masalah di salah satu bagian otak kita. Namun, rasa sakit atau nyeri di kepala ini akibat dari adanya peradangan jerawat karena tersumbatnya saluran folikel di kulit kepala. Sakit ini juga bisa kamu rasakan ketika kamu menyentuh jerawatmu. Akan tetapi, memang ada baiknya jika kamu sering menyentuh jerawat di kepla. Hal ini akan mempercepat pertumbuhan bakteri, ketika jerawat berkembang menjadi besar dan pecah, nanah akan keluar dan jerawatmu tak lama lagi segera hilang.

  1. Munculnya rasa gatal

Ciri-ciri adanya jerawat di kepalamu berikutnya adalah munculnya rasa gatal. Pertemuan antara bakteri yang bekerja sama dengan minyak dan segala macam kotoran dari debu dan polusi di udara akan menimbulkan rasa gatal di kepalamu. Rasa gatal ini dapat meningkat seiring dengan panasnya cuaca serta ketidakdisiplinanmu dalam menjaga kebersihan kulit kepala.

  1. Munculnya rasa pusing

Kamu sudah mengetahui bahwa kepala adalah salah satu bagian anggota tubuh yang sangat vital dimana dia adalah tempat manusia untuk berfikir dan berakal secara baik. Jika pada bagian yang banyak mengandung saraf-saraf berguna ini ditumbuhi oleh jerawat yang menimbulkan rasa gatal dan nyeri maka kemungkinan besar ciri-ciri jerawat di kepalamu juga menyebakan munculnya rasa pusing. Hal semacam ini tentunya sangat tidak baik dan akan mengganggu kesehatanmu.

  1. Timbulnya kerontokan rambut

Timbulnya kerontokan rambut yang sering kamu alami juga bisa mengindikasikan adanya ciri-ciri jerawat di kepalamu. Hal ini diakibatkan oleh produksi kelenjar minyak yang menumpuk dan berlebih sehingga menghambat pertumbuhan rambut. Penghambatan ini akan berdampak pada kondisi rambut yang mudah mengalami kerontokan. Jadi, segera lakukan pengecekan jika kamu sering mengalami kerontokan rambut.

Sponsors Link

Cara mengatasi jerawat di kepala

  • Air lemon

Manfaat lemon untuk jerawat memang sudah terkenal seantero jagad. Caranya sangat mudah, cukup mencampurkan perasan air lemon dengan air, lalu siramkan ke kepala yang berjerawat, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Jangan lupa untuk melakukannya secara teratur.

  • Bawang putih

Manfaat bawang putih untuk jerawat juga tidak bisa diragukan lagi apalagi dalam hal mengatasi masalah jerawatdi kulit kepala. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih sangat mudah, cukup dengan memarut bawang putih, lalu oleskan ke bagian kepala yang berjerawat sambil sedikit diberikan pijatan. Bilas menggunakan air atau shampo dan jangan lupa untuk menggunakanya secara teratur.

  • Minyak zaitun dan tea tree oil

Perpaduan ini bisa dikatakan sebagai perpaduan yang manjur untuk mengatasi jerawat di kepala. Cukup dengan mencampur minyak zaitun dan tea tree oil, lalu oleskan ke bagian kepala yang berjerawat, diamkan selama sekitar 2 jam kemudian bilas menggunakan shampo. Dan sering-seringlah juga membaca cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun karena akan menambah pengetahuanmu tentang cara bagaimana menghilangkan jerawat di anggota tubuhmu. 

Sponsors Link

  • Madu dan kayu manis

Cara menghilangkan jerawat dengan madu juga terbukti ampuh apalagi ditambah dengan kayi manis. Caranya sangat mudah, cukup campurkan 2 sendok makan madu dan kayu manis, lalu oleskan ke bagian kulit kepala yang berjerawat, diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

  • Susu dan pala

Cara menghilangkan jerawat di kepaa secara alami berikutnya adalah campuran susu dan pala. Cukup dengan menumbuk satu biji pal, lalu campurkan dengan 4 sendok makan susu, lalu oleskan ke bagian kulit kepala yang berjerawat, diamkan selama 1 jam dan bilas hingga bersih.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri jerawat di kepala. Ciri-ciri jerawat di kuli kepala akan seiring pula menimbulkan efek jerawat di kepala. Maka sebaiknya perhatikan makanan pencegah jerawat dan konsumsi sayuran anti jerawat agar meminimalisir timbulnya jerawat di seluruh anggota tubuhmu.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Jenis
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.