Sponsors Link

8 Ciri-Ciri Jerawat karena Hormon Paling Berbahaya

Sponsors Link

Jenis jerawat memang sangat beragam, beberapa diantaranya didasarkan pada penyebab tumbuhnya jerawat seperti jerawat hormon. Jerawat hormon sendiri merupakan jenis jerawat yang disebabkan oleh perubahan hormon penyebab jerawat yang tidak stabil di dalam tubuh. Penyebab jerawat yang satu ini juga merupakan penyebab utama dan paling umum dari tumbuhnya jerawat yang dialami sebagian besar orang. Lalu apa bedanya jerawat hormon dengan jenis jerawat lainnya? Untuk mengetahui perbedaan tersebut, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tanda jerawat karena hormon. Apa saja ciri-ciri jerawat karena hormon tersebut? berikut beberapa diantaranya:

Sponsors Link
  1. Disebabkan oleh perubahan hormon

Tanda jerawat karena hormon yang pertama jelas adalah disebabkan oleh perubahan hormon penyebab jerawat yang tidak stabil didalam tubuh. Perubahan hormon yang tidak stabil ini kemudian mempengaruhi kerja kelenjar minyak di kulit menjadi lebih aktif. Kelenjar minyak yang terlalu aktif kemudian menyebabkan produksi minyak di kulit berlebih dan akhirnya menyumbat pori-pori kulit. Kondisi tersebut lah yang memicu tumbuhnya jerawat pada kulit anda.

  1. Tumbuh pada usia remaja

Jerawat karena hormon biasanya juga akan tumbuh lebih sering pada usia-usia remaja seperti pada usia 14 hingga 21 tahun. Dalam usia-usia pubertas dan pertumbuhan tersebut, biasanya akan sering mengalami perubahan hormon yang tidak stabil di dalam tubuh, sehingga akan sering mengalami masalah jerawat. Walaupun begitu, bukan berarti orang-orang di umur lebih tua maupun muda dari umur remaja tersebut tidak dapat mengalami masalah jerawat hormon. Karena jerawat hormon juga dapat tumbuh pada orang dewasa yang disebabkan karena masa kehamilan, penggunaan pil KB, maupun karena kondisi stress yang terus menerus.

  1. Tumbuh pada waktu yang sama

Jerawat karena hormon yang disebabkan karena adanya perubahan hormon tidak stabil dimasa-masa pubertas atau usia remaja biasanya menyebabkan jerawat tumbuh pada waktu yang sama, seperti satu bulan sekali pada masa menstruasi. Oleh sebab itulah, tumbuh pada waktu yang sama juga menjadi ciri-ciri jerawat karena hormon yang tidak boleh ditinggalkan.

  1. Tumbuh di sekitar dagu dan rahang

Ciri-ciri jerawat karena hormon selanjutnya adalah lebih sering tumbuh di sekitar dagu dan rahang. Hal ini disebabkan karena bagian dagu dan garis rahang memiliki kelenjar minyak dengan jumlah yang lebih banyak dibanding bagian wajah lainnya. Oleh sebab itu, ketika hormon berubah tidak stabil dan menyebabkan kerja kelenjar minyak meningkat maka dagu dan rahang menjadi tempat yang berkemungkinan besar ditumbuhi jerawat.

  1. Sulit di sembuhkan

Jerawat karena hormon diketahui lebih sulit dihilangkan dibanding dengan jenis jerawat yang lainnya. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena jerawat karena hormon ini tumbuh bersamaan dengan meningkatkan kadar hormon dalam tubuh yang menyebabkan perubahan hormon tidak stabil. Sehingga selama kondisi hormon didalam tubuh belum kembali normal maka jerawat masih akan sulit disembuhkan. Sebagai contoh seperti hormon yang menyebabkan tumbuhnya jerawat ini pada pria adalah hormon libido dan testosteron.

  1. Butuh pengobatan ekstra

Jerawat karena hormon yang dikenal sulit disembuhkan menjadikan jenis jerawat ini membutuhkan pengobatan tambahan selain penggunaan obat jerawat pada umumnya. Mengobati jerawat karena hormon ini dapat dibarengi dengan meminum obat dalam yang mampu membantu mengendalikan laju hormon didalam tubuh. Selain itu, mengatur pola hidup sehat seperti mengatur pola makan dengan memakan makanan yang sehat dan menjauhi makanan penyebab timbulnya jerawat juga dapat membantu anda dalam menghambat tumbuhnya jerawat karena hormon ini.

Sponsors Link

  1. Jerawat lebih cepat memerah

Jerawat karena hormon juga diketahui lebih cepat merah dan meradang. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang tidak stabil didalam tubuh berlangsung dalam waktu yang terus menerus atau dalam jangka waktu beberapa hari. Sehingga kelenjar minyak terus bekerja secara aktif dan produksi minyak berlebih secara terus menerus. Kondisi tersebutlah yang membuat jerawat mudah menjadi parah, memerah, hingga lebih cepat meradang. Ditambah lagi jika jerawat yang baru tumbuh tidak diatasi dengan benar dan terkena infeksi bakteri penyebab jerawat.

  1. Lebih memungkinkan untuk tumbuh dalam jumlah banyak

Tanda jerawat karena hormon yang terakhir adalah memiliki kemungkinan besar untuk tumbuh dalam jumlah yang banyak atau lebih dari satu. Bahkan juga tumbuh di beberapa bagian wajah yang berbeda-beda. Berbeda dengan jerawat batu yang biasanya hanya tumbuh dalam jumlah satu dan berukuran besar, jerawat karena hormon ini dapat tumbuh dalam jumlah lebih dari satu dan membesar. Itulah mengapa jerawat karena hormon juga sering menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang.

Itulah beberapa tanda jerawat karena hormon yang perlu anda ketahui, sehingga anda dapat mengatasi jerawat yang tumbuh pada kulit anda sesuai dengan kondisi dan jenis jerawat tersebut. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.